27 December 2021

by Galih

Jumlah Tontonan di Twitch dan Facebook Gaming Meningkat Hampir 50% di 2021

GTA V ternyata tetap jadi game terpopuler di Twitch.

Pandemi yang masih terus berlanjut memang memaksa banyak orang untuk tetap di rumah demi tujuan yang baik. Hal tersebut membuat banyak orang akhirnya mencari hiburan di dunia maya, salah satunya lewat tayangan livestreaming.

Twitch dan Facebook Gaming adalah salah satu pilihan bagi banyak orang dalam menonton ataupun melakukan livestream video game. Tingginya tayangan pada kedua platform ini bahkan membuat Twitch maupun Facebook Gaming mendapat peningkatan tayangan hampir mencapai 50%.

Statistik ini ditampilkan partner analisa milik StreamElements yaitu Rainmaker.gg. Dalam postingan blog yang berjudul "State of the Stream - 2021 Year in Review" ditampilkan berbagai data yang diperoleh dari berbagai platform streaming populer.

Image Credit: streamelements

Hasilnya, selama tahun 2021, Twitch telah ditonton lebih dari 24 miliar jam tayangan. Angka tadi meningkat 45% dibandingkan tahun 2020 lalu yang mencapai 17 miliar jam.

Sedangkan Facebook Gaming mengalami peningkatan sebesar 47% dengan 5,3 miliar jam tayangan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 3,6 miliar jam.

Khusus di platform Twitch, 3 judul game mendapatkan tayangan lebih dari 1 miliar jam selama 2021 ini. Di posisi tiga, ada gamebattle-royale milik Epic Games, Fortnite yang ditonton 1 miliar jam. Angka tersebut meningkat sebesar 10,6% dibandingkan tahun 2020.

Image credit: Twitch

Kedua, ada League of Legends yang masih terus bertahan sebagai salah satu game paling populer di dunia dengan 1,8 miliar jam tayangan. Popularitas game buatan Riot ini kelihatannya terus meningkat bila melihat jumlah tayangannya meningkat sebesar 28,5% dibanding tahun lalu.

Sedangkan di posisi pertama ternyata ditempati oleh Grand Theft Auto V yang ditonton lebih dari 2,1 miliar jam tayangan. Meskipun telah berumur 8 tahun, tapi GTA V nyatanya mengalami pertumbuhan jumlah tayangan yang meningkat hingga 175% dibandingkan tahun sebelumnya.

Image Credit: streamelements

Game open-world milik Rockstar ternyata masih terus populer dan diminati konten-kontennya terlepas dari respon negatif para fans terhadap praktek 'milking' yang terus dilakukan terhadap GTA Online.

Uniknya, meskipun ketiga game tadi telah mendapatkan jumlah tayangan yang menakjubkan namun ternyata mereka semua kalah dengan topik "Just Chatting" yang mencapai 3,1 miliar tayangan. Sesuai namanya, topik ini berisi perbincangan antara sang streamer dengan para penontonnya tanpa bermain game sama sekali.