22 February 2023

by Galih

Samsung Hadirkan Update One UI 5.1 untuk Berbagai Perangkat, Mulai dari Seri Flagship

Update terbaru ini memberikan berbagai pembaruan

Sebuah smartphone kini tidak hanya dilihat dari spesifikasi fisik yang diusung. Namun juga lewat pembaruan software pada smartphone-nya untuk dapat terus terasa 'fresh' untuk digunakan sehari-hari.

Maka dari itu, Samsung baru saja mengumumkan update One UI 5.1 untuk berbagai smartphone-nya. Update ini pertama kali diperkenalkan lewat model Galaxy S23 SeriesGalaxy S23 Series di event Galaxy Unpacked 2023.

Dalam update terbarunya ini, akan ada 19 model Galaxy yang mendapatkan pembaruan antarmuka yang membuatnya lebih menarik secara visual dengan fitur-fitur baru yang akan mendorong kreativitas dan personalisasi para penggunanya.

β€œOne UI 5.1 adalah contoh terkini dari komitmen Samsung untuk menyediakan inovasi terbaru kepada pengguna Galaxy sesegera mungkin,” ujar Janghyun Yoon, EVP and Senior Executive, Software Office Samsung.

Image Credit: Samsung

Yoon juga berjanji bahwa mereka akan menghadirkan One UI 5.1 ke smartphone dan tablet Galaxy saat ini di seluruh dunia dalam beberapa minggu setelah pengumuman Galaxy S23 Series.

Untuk pengalaman UI-nya sendiri, Samsung kini memberikan berbagai fitur baru yang menarik. Misalnya, 'dynamic weather widget' baru menganalisis kondisi saat ini dan membuat desain khusus yang mencerminkan iklim.

'Modes and Routines' telah diperluas untuk mengaktifkan kustomisasi wallpaper, nada dering, sensitivitas sentuhan, dan huruf yang dapat mempersonalisasi aktivitas tertentu. Hingga 'widget Smart suggestion' yang akan memberikan rekomendasi cerdas.

Selain tampilan, update One UI 5.1 ini juga membawa beberapa fitur baru menarik. Seperti hadirnya fitur 'Expert RAW' agar gambar lebih kaya informasi. Ada juga fitur 'Photo Remaster' untuk memperbaiki detail gambar menggunakan AI.

Menurut Sammy Fans pembaruan One UI 5.1 ini sudah roled out pada 19 model dari Samsung Galaxy. Namun untuk permulaan, update ini akan didapat oleh model-model flagship milik Samsung terlebih dahulu.

Berikut adalah daftar smartphone Samsung Galaxy yang akan mendapatkan pembaruan One UI 5.1:

  1. Galaxy Z Fold 4
  2. Galaxy Z Flip 4
  3. Galaxy S22
  4. Galaxy S22 Plus
  5. Galaxy S22 Ultra
  6. Galaxy Z Fold 3
  7. Galaxy Z Flip 3
  8. Galaxy S21
  9. Galaxy S21 Plus
  10. Galaxy S21 Ultra
  11. Galaxy Note 20
  12. Galaxy Note 20 Ultra
  13. Galaxy S20
  14. Galaxy S20 Plus
  15. Galaxy S20 Ultra
  16. Galaxy S21 FE
  17. Galaxy S20 FE 5G
  18. Galaxy A53
  19. Galaxy A33

Perangkat yang mendapatkan update ini tentu saja akan berjalan bertahap, seperti proses yang biasa hadir ketika update hadir via OTA. Akan jadi menarik tentunya ketika update One UI 5.1 juga hadir di perangkat non flagship.