Peran Samsung Galaxy Z Flip4 5G Sebagai Gadget Penunjang Aktivitas Sekaligus Komponen Fashion Statement

Keseimbangan antara utilitas dan estetika merupakan sesuatu yang cukup langka di industri smartphone, dan itu bisa didapat dengan mudah dari Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Dewasa ini, anggapan bahwa smartphone merupakan salah satu simbol status sosial sudah cukup diterima oleh masyarakat luas. Di sisi lain, sebagian besar produsen juga sadar betul bahwa smartphone telah menjadi bagian dari gaya hidup konsumen modern.

Dalam menilai suatu smartphone, kita tentu harus mengutamakan sisi utilitasnya, sebab bagaimana pun juga ini tetap merupakan sebuah gadget yang didesain untuk membantu mempermudah aktivitas harian kita. Namun sebagai bagian dari gaya hidup, smartphone tentu juga harus bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri pemiliknya.

Mewujudkan keseimbangan antara utilitas dan estetika bukanlah perkara mudah, sebab kedua hal tersebut sering kali justru saling bertolak belakang. Tidak jarang, produsen perlu menerapkan inovasi yang benar-benar menyeluruh agar bisa menciptakan sinergi utilitas dan estetika yang begitu harmonis, seperti misalnya mengadopsi teknologi foldable.

Kalau butuh contoh, kita bisa melihat Samsung Galaxy Z Flip4 5G. Ponsel foldable ini unik karena mengemas desain clamshell yang langsung mengingatkan kita pada ponsel-ponsel zaman lawas. Nuansa retronya kental, tapi di saat yang sama aura modernnya juga terasa begitu kuat, dan aspek utilitasnya pun sama sekali tidak dikesampingkan.

Canggih sekaligus stylish, kira-kira begitulah cara termudah untuk mendeskripsikan Z Flip4 5G. Semua kriteria dari sisi utilitas maupun estetika berhasil dipenuhi olehnya. Contohnya bagaimana bentuk clamshell-nya justru bisa membantunya memotret atau merekam video dari berbagai sudut, tanpa perlu bantuan aksesori tambahan seperti tripod.

Dalam kamus Samsung, fitur ini dikenal dengan istilah "FlexCam". Sederhananya, Z Flip4 5G dapat mengambil gambar dari sudut 0° hingga 180°. Dalam posisi 0° atau terlipat, perangkat bisa dipakai untuk mengambil selfie secara cepat, dengan cover screen yang menampilkan preview-nya secara real-time.

Selfie yang diambil dalam skenario ini juga dipastikan selalu berkualitas prima, sebab yang pengguna pakai sejatinya adalah kamera belakang dari Z Flip4 5G itu sendiri, yang terdiri dari kamera utama 12 megapiksel dengan OIS dan kamera ultra-wide 12 megapiksel. Kalau yang dicari adalah video call, masih ada kamera 10 megapiksel yang tertanam di bagian atas layar utama Z Flip4 5G.

Posisi 0° yang sama juga dapat dimanfaatkan untuk vlogging, dengan dukungan perekaman video hingga resolusi 4K 60 fps, atau mode slow motion dalam resolusi 1080p 240 fps. Lagi-lagi, cover screen-nya yang berukuran 1,9 inci bakal sangat membantu pengguna dalam mengatur komposisi.

Penggunaan kamera secara terus menerus tentu bakal menguras daya tahan baterai perangkat secara cepat. Namun Samsung sudah memikirkan hal tersebut, dan mereka pun membekali Z Flip4 5G dengan baterai yang berkapasitas lebih besar: 3.700 mAh, naik cukup signifikan daripada generasi sebelumnya yang hanya 3.300 mAh.

Agar lebih efisien lagi, pengisian dayanya juga dibuat lebih cepat dari 15 W menjadi 25 W. Dengan begitu, pengguna hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi daya perangkat dari kosong hingga 50%.

Istimewanya, penyempurnaan dari segi ketahanan baterai itu dapat dicapai tanpa harus berkompromi soal estetika. Z Flip4 5G masih terasa sangat ringkas sekaligus kelihatan begitu stylish. Di samping menunjang kebutuhan teknologi, perangkat ini nyatanya juga mampu melengkapi kebutuhan fashion penggunanya.

Samsung Galaxy Z Flip4 5G sebagai bagian dari OOTD

Smartphone sebagai bagian dari outift of the day (OOTD) bukanlah sesuatu yang Anda dengar setiap hari, dan inilah yang membuat Z Flip4 5G terasa semakin spesial. Dengan form factor yang ikonis serta ukuran yang ringkas, Z Flip4 5G dapat membantu penggunanya tampil lebih ekspresif, menyesuaikan dengan OOTD-nya masing-masing.

Dalam posisi terlipat, Z Flip4 5G memiliki dimensi 84,9 x 71,9 mm, dengan bagian paling tebal di 17,1 mm. Kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Z Flip4 5G memiliki tebal bodi yang sama persis, sementara panjang dan lebarnya malah sedikit menyusut.

Pada praktiknya, Z Flip4 5G adalah tandem yang sangat pas untuk mini bag, fashion item yang sedang tren belakangan ini. Berkat ukurannya yang begitu ringkas, Z Flip4 5G dapat disimpan di dalam mini bag dengan mudah selagi masih menyisakan ruang untuk barang-barang lain seperti dompet, hand sanitizer, hingga make up.

Selain itu, Z Flip4 5G juga memiliki empat pilihan warna yang ikonis, yaitu Bora Purple, Pink Gold, Blue, dan Graphite. Andai masih belum menemukan pasangan warna yang cocok, masih ada varian Z Flip4 5G Bespoke Edition yang dapat memberikan pilihan warna yang lebih luas lagi, mulai dari Red, Khaki, Yellow, White, hingga Navy.

Berkat variasi warna yang begitu luas dan menarik, Z Flip4 5G dapat dengan mudah disesuaikan dengan outfit masing-masing demi menciptakan gaya OOTD yang lebih unik. Entah itu gaya monokromatik atau yang berwarna serba pastel, Z Flip4 5G akan selalu siap untuk melengkapi.

Samsung Galaxy Z Flip4 5G adalah contoh langka smartphone yang memiliki dua peran sekaligus: sebagai gadget pendukung aktivitas harian sekaligus sebagai komponen fashion statement. Keseimbangan antara utilitas dan estetika semacam ini bukanlah sesuatu yang mudah ditemui di industri smartphone, dan itulah yang pada akhirnya membuat Z Flip4 5G punya nilai plus tersendiri.