10 February 2023

by Galih

Samsung Galaxy S23 Ultra Buktikan Kemampuannya dalam Fashion Photography

Smartphone baru Samsung ini siap diajak bekerja dalam lingkup profesional

Sebagai smartphone flagship andalan dari Samsung, Galaxy S23 Ultra 5G memang dihadirkan untuk menjadi smartphone serba bisa, termasuk untuk menggantikan kamera profesional dalam menangkap foto.

Inilah yang coba dibuktikan oleh fashion photographer ternama, Nicoline Patricia Malina. Bersama dengan Samsung, Nicoline menguji kemampuan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G untuk menangkap berbagai foto fashion-nya.

Nicoline sendiri memuji kemampuan kamera Galaxy S23 Ultra yang mampu mengeksekusi foto-foto fashion spread mulai dari yang simpel hingga yang rumit karena banyaknya fitur pendukung yang ada dalam smartphone-nya.

Full-body fashion look ala cover majalah yang inspiratif

Image Credit: Samsung

Yang pertama, Nicoline mencoba menangkap foto fashion full-body look. Style fotografi ini memang sangat populer terutama di kalangan pengguna media sosial. Dan menurutnya, full-body look yang epic dapat dibuat dengan permainan angle.

Di sini, Nicoline memaksimalkan lensa ultra-wide milik Galaxy S23 Ultra 5G untuk memastikan hasil full-body look yang benar-benar utuh. Selain masalah lensa, satu fitur yang berguna dan dapat memaksimalkan tangkapan full-body shot adalah hadirnya mode HDR di resolusi 50MP. Dengan fitur ini, hasil video dapat kelihatan lebih vivid, lebih detail, dan minim blur.

Nicoline juga memuji adanya teknologi Tetra2pixel yang membuat gambar lebih minim noise di berbagai kondisi pencahayaan. Alhasil, apa pun vibe yang ingin ditampilkan di fashion photography ini akan muncul sesuai harapan.

High fashion photography yang lebih elegan dan menawan

Image Credit: Samsung

Berbeda dengan sebelumnya, high fashion photography memang mengedepankan outfit branded yang digunakan. Namun bukan berarti para pengguna tidak dapat menyalurkan jiwa model yang ada di dalam dirinya.

Bagi Nicoline sendiri, high fashion photography membutuhkan level detail yang tinggi. Pasalnya, tak jarang pendekatan ini fokus pada fashion item tertentu, sehingga belum tentu menampilkan model secara keseluruhan.

Di sinilah fungsi Adaptive Pixel 200MP di Galaxy S23 Ultra 5G disebut mampu memudahkan penentuan titik fokus foto, sehingga pengguna dapat menyorot khusus ke aksesori tertentu dengan mudah.

Gunakan kamera depan untuk menangkap fokus area spesifik dengan lebih mudah

Image Credit: Samsung

Tidak semua smartphone memiliki kamera depan yang cukup mumpuni dalam menghasilkan gambar yang jernih. Namun Samsung Galaxy S23 Ultra tentunya telah dilengkapi kamera depan yang bisa diandalkan.

Hal tersebut berkat hadirnya kamera depan yang sudah dilengkapi dengan Super HDR, sehingga hasil selfie bisa lebih tajam untuk mempertegas detail dari kreasi high fashion photography. 

“Dengan kamera depan Super HDR, kita bisa membuat konten fashion yang lebih detail dan estetik dengan fokus ke hal-hal yang mungkin tak terbayangkan seperti aksesori, apalagi dengan fashion item high-end yang menambah kesan elegan dari foto yang kita ambil,” ucap Nicoline.

Buat konten low light fashion photography yang beda dari yang lain

Image Credit: Samsung

Lumrahnya, fashion photography dilakukan di lingkungan yang kaya cahaya sehingga berbagai item fashion yang digunakan dapat terlihat dengan jelas. Namun Nicoline tidak takut untuk membuat foto fashion yang berbeda dengan gaya low light.

Untungnya, Samsung telah membawa peningkatan teknologi Nightography pada Galaxy S23 series untuk menciptakan kualitas foto terbaik bahkan dalam kondisi pencahayaan yang minim.

Nicoline mengungkap bahwa penentuan lokasi biasanya menjadi salah satu aspek yang paling menantang. Namun dirinya kini dapat membuat berbagai tempat jadi tampak lebih estetik, termasuk di kondisi yang gelap baik di dalam maupun luar ruangan.

Samsung juga memiliki fitur Night Portrait yang membuat low light portrait dapat dicapai dengan lebih detail dan realistis. Berkat algoritma ISP berbasis AI terbarukan dan penggandaan sudut OIS di semua arah hasil foto yang dihasilkan bisa maksimal meskipun di kondisi low light.

Dapatkan data foto lebih lengkap dengan Expert RAW

Image Credit: Samsung

Beberapa tahun lalu, perbedaan terbesar yang ada pada hasil tangkapan kamera profesional dengan smartphone adalah pada format gambar.

Mayoritas smartphone menangkap gambarnya dalam format JPG yang kecil secara ukuran, serta memotong banyak data informasi yang nantinya dapat berguna ketika foto diedit ataupun dicetak.

Samsung kelihatannya memahami hal tersebut dan akhirnya menyematkan fitur bernama Expert RAW ke dalam smartphone-nya, termasuk di Galaxy S23 series.

Dengan format ini, para pengguna akan mendapatkan hasil foto yang menyimpan lebih banyak data, sehingga proses editing untuk membuat foto menjadi lebih vivid, lebih detail, dan lebih tajam akan semakin mudah.

Penyimpanan super lega untuk footage foto

Terakhir, untuk mendukung semua kebutuhan dalam fashion photography maupun jenis fotografi lainnya, Samsung juga telah melengkapi Samsung Galaxy S23 Series dengan pilihan penyimpanan yang besar.

Tidak tanggung-tanggung, Samsung menyediakan pilihan mulai dari 256 GB bahkan hingga 1 TB, sehingga pengguna tak perlu khawatir akan kehabisan ruang demi menyimpan berbagai footage dan foto RAW berukuran besar.