7 September 2022

by Wiku Baskoro

Samsung Galaxy A33 5G Bisa Buat Gaming, Ini Fitur Unggulannya

Meski memiliki layar kecil tetapi fitur yang ada di perangkat bisa membantu untuk menikmati permainan game mobile dengan seru

Kalau Anda penonton MPL ID Season 10 atau sedang menunggu gelaran Piala Presiden Esports 2022, pasti Anda pernah melihat banner Samsung Galaxy A. Nah, sebagai bagian dari promosi ini, Samsung juga mengenalkan fitur-fitur gaming di Galaxy A33 5G.

Samsung Galaxy A33 5G sendiri merupakan varian dari seri A yang telah dihadirkan beberapa waktu lalu. Saudara dari perangkat ini antara lain Galaxy A53 5G dan A73 5G serta yang entry level ada A13 dan A23.

Sebagai produk yang ada di posisi tengah, A33 5G ini memang cukup menarik. Baik dari sisi harga, tampilan desain dan tentu saja performa.

Layar perangkat ini memang cukup compact atau kecil, jika dibandingkan dua perangkat varian lain di atasnya, namun meski kecil sepertinya Samsung tetap ingin mengkomunikasikan perangkat ini sebagai smartphone yang bisa juga digunakan sebagai teman bermain game.

Dukungan spesifikasi yang cukup cocok untuk bermain game antara lain adalah prosesor Exynos 1280 yang bisa dibilang cukup untuk bermain game mobile. Lalu dari sisi layar, meski cukup kecil yaitu 6.4 inci, tetapi kualitasnya sudah 1080x2400 (FHD+) Super AMOLED dan sudah mendukung 90Hz untuk refresh rate.

Lalu untuk baterai juga sudah cukup mumpuni 5000mAh dan sudah mendapatkan dukungan 25W charger meski harus beli terpisah,

Selain spesifikasi perangkat keras, berikut beberapa fitur unggulan dari antar muka dan dukungan perangkat lunak yang hadir di Galaxy A33 5G yang mendukung kegiatan bermain game:

Yang pertama adalah tentang Game Launcher. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan berbagai game favorit di satu folder khusus. Jadi pengguna bisa dengan mudah untuk mengakses game favorit mereka dan langsung bermain.

Untuk mengaktifkan game launcher jika belum diaktifkan secara default, Anda bisa mengikuti caranya seperti ini:

  1. Buka aplikasi Pengaturan, dan pilih Fitur Lanjutan
  2. Pilih icon Game Launcher untuk mengaktifkan
  3. Icon Game Launcher akan berwarna biru jika telah aktif
  4. Games yang telah diunduh dari Play Store dan Galaxy Store akan otomatis ada di layar Game Launcher.

Fitur untuk gaming kedua adalah Game Booster. Fitur ini membantu para gamers untuk mendapatkan performa yang maksimal dari perangkat Samsung yang digunakan.

Ada berbagai pilihan booster yang bisa diatur oleh pengguna, seperti pengaturan performa untuk dukungan maksimal saat bermain game, atau pengaturan penghemat baterai atau pengaturan balance untuk pengaturan yang berada di tengah. Pengguna yang ingin menggunakan pengaturan 'biasa' bisa menggunakan mode standar.

Untuk mengakses Game Booster bisa dengan tahapan ini:

  1. Buka aplikasi Game Launcher dari app drawer
  2. Tap ikon di kanan bawah layar
  3. Pilih opsi Game Booster
  4. Pilih Optimisasi Game
  5. Pilih Performa

Fitur gaming ketiga adalah Game Plugins di Galaxy Store. Game Plugins merupakan fitur tambahan yang bisa membantu pengguna sesuai kebutihan mereka dalam bermain game. Berbagai pluginย yang ada bisa dipilih sesuai kebutuhan untuk meningkatkan pengalaman bermain game.

Game Plugins ini bisa ditemukan dan diunduh lewat Galaxy Store yang ada di perangkat Samsung pengguna. Salah satu plugin yang bisa dipilih adalah Game Booster Plus yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengaturan Mode Max FPS yang memaksimalkan FPS dan performa CPU/GPU atau Mode High Quality untuk grafis. Ada pula pengaturan Mode Balance dan Mode Battery Saving.

Fitur gaming unggulan yang terakhir adalah Mode Prioritas. Sesuai namanya, mode ini akan membantu Anda untuk bermain game tanpa gangguan. Pengguna bisa mengatur untuk hal lain di luar bermain game untuk dimatikan, misalnya notifikasi Whatsapp, Email, chat Instagram, panggilan telepon, atau alarm.

Untuk mengakses fitur ini bisa dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi Game Launcher dan aktifkan Mode Prioritas
  2. Atau bisa juga dengan swipe garis yang berada di kanan bawah pada tampilan layar saat posisi landscape sebelum memulai game
  3. klik ikon Game Booster, dan aktifkan Mode Prioritas

Sebagai pelengkap, selain untuk gaming, smartphone ini juga cukup mendapatkan fitur untuk fotografi dengan dukungan spesifikasi kamera belakang 8.0 MP + 8.0 MP + 5.0 MP + 2.0 MP dan kamera depan 13.0 MP. Untuk ROM dan RAM ada dua pilihan 8GB/128GB atau 8GB/256GB.

Harga perangkat ini adalah Rp4.799.000 (8GB/128GB), dan Rp5.299.000 (8GB/256GB). Warna yang tersedia untuk Galaxy A33 5G adalah Awesome Black, Awesome White, Awesome Light Blue dan Awesome Peach.