Gadget News

Microsoft Dirumorkan Sedang Siapkan Alternatif Xbox Series X yang Lebih Murah

30 Jun 2020 | Glenn Kaonang
Kemungkinan bakal dinamai Xbox Series S dan ditujukan untuk konsumen yang tidak memiliki TV 4K

Dari segi teknis, Xbox Series X dan PlayStation 5 mungkin terdengar mirip karena keduanya sama-sama mengusung spesifikasi yang mumpuni ala gaming PC, akan tetapi Microsoft dan Sony tentu memiliki strategi yang berbeda dalam menjangkau pasar.

Di kubu Sony, strategi mereka terkesan simpel: PS5 akan hadir dalam dua varian, salah satunya yang tidak dibekali optical drive sama sekali buat mereka yang ingin menghemat ongkos. Di kubu Microsoft, mereka nampaknya punya rencana yang lebih kompleks demi menjangkau lebih banyak kalangan konsumen.

Andai rumor yang beredar tidak meleset, Xbox Series X bakal meluncur ke pasaran bersama Xbox baru lain yang dibanderol lebih murah. Menurut laporan Eurogamer, perangkat tersebut akan dinamai Xbox Series S dan diumumkan pada bulan Agustus mendatang. Kemungkinan besar Microsoft juga akan mengumumkan harga jual Series X pada saat itu sehingga kita bisa paham selisihnya sejauh apa.

Detail pendukung rumor ini datang dari bocoran dokumen yang Microsoft tujukan kepada para developer. Disebutkan bahwa pada development kit Series X, pihak developer bisa mengaktifkan mode “Lockhart” yang menyimpan profil performa yang berbeda. Berdasarkan profil tersebut, Xbox Series S yang lebih murah ini diprediksi bakal menawarkan performa CPU yang sama seperti Series X, tapi dengan GPU dan RAM yang lebih inferior.

Konsep gambar Xbox Series S / Reddit
Konsep gambar Xbox Series S / Reddit

Persisnya, Series S disebut mengemas kapasitas RAM yang usable sebesar 7,5 GB dan GPU bertenaga 4 teraflop. Sebagai perbandingan, Xbox Series X dibekali 13,5 GB usable RAM dan GPU berdaya 12 teraflop. Kalau Series X berniat menyuguhkan pengalaman gaming yang wah di resolusi 4K, Series S akan menarget resolusi 1080p atau 1440p, menjadikannya sebagai alternatif yang ideal bagi konsumen yang tidak mempunyai TV 4K.

Tentu saja ini bukan pertama kalinya Microsoft menggunakan huruf “X” untuk menandai model unggulan, dan “S” untuk model yang lebih terjangkau, sebab Xbox One X dan Xbox One S memang seperti itu kenyataannya, dan keduanya juga memiliki perbedaan performa GPU yang drastis – One X menawarkan true 4K, sedangkan One S cuma mengandalkan metode upscaling.

Andai Microsoft benar-benar belajar dari pengalaman, ada kemungkinan juga Xbox Series S bakal ditawarkan dalam dua varian, yakni standar dan Digital Edition (tanpa optical drive), sehingga pada akhirnya lineup next-gen Xbox bakal mencakup tiga perangkat sekaligus: Series X, Series S, dan Series S Digital Edition.

Tentu saja semua ini baru sebatas spekulasi, dan kita masih harus menunggu setidaknya sampai Agustus untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Sumber: The Verge.