21 March 2022

by Adi Nawan

Harga GPU Turun, NVIDIA Siapkan RTX 3090 Ti Seharga Rp 52 Juta

Penurunan ini diprediksi akan terjadi hingga beberapa waktu ke depan.

Setelah sekian tahun menanti, harapan para gamer di seluruh dunia untuk melihat harga GPU kembali turun akhirnya menjadi kenyataan. Hal ini terjadi di hampir semua GPU baru yang dijual terutama untuk seri-seri tinggi.

Dari pantauan harga GPU di hampir seluruh dunia termasuk Indonesia, beberapa jenis GPU populer seperti NVIDIA RTX 3060 dan juga AMD RX 6600 kini mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Di beberapa marketplace lokal terlihat toko-toko digital telah menyesuaikan harga kedua GPU tersebut. Dari yang awalnya antara Rp9-10 jutaan, kini telah turun secara bertahap hingga di rentang harga Rp7-8 jutaan.

Ditambah lagi, beberapa brand GPU lokal juga terpantau telah menghilangkan ketentuan 'bundle' yang sempat diberlakukan beberapa waktu lalu. Hal ini tentunya menggembirakan untuk para gamer atau PC builder yang memang hanya berniat untuk membeli GPU saja.

">

Beberapa laporan di luar negeri bahkan mencatat bahwa GPU seri atas seperti RTX 3080 mengalami penurunan harga hingga 35%. Seperti yang dilaporkan oleh

">">Hardware Unboxed yang melaporkan harga dari RTX 3080 yang turun dari AU$(Dollar Australia) 2299 menjadi AU$1499 atau sekitar Rp15,9 juta.

Di sisi lain, NVIDIA kini sedang bersiap-siap untuk merilis GPU terbaru mereka yang paling powerful, RTX 3090 Ti. GPU ini direncanakan untuk dirilis bulan depan, namun beberapa toko kedapatan sudah memasang daftar harga untuk GPU flagship ini.

Salah satunya ditemukan oleh pengguna Twitter @momomo_us yang menemukan daftar harga untuk RTX 3090 Ti untuk salah satu toko komputer di Kanada. Yang mengejutkan, harga yang dibanderol untuk GPU ini sudah menembus angka Rp50 juta.

">

Dalam tangkapan layar yang dibagikan, @momomo_us menunjukkan harga dari dua varian dari RTX 3090 Ti yaitu ASUS TUF Strix RTX 3090 Ti seharga CA$4.649 atau sekitar Rp 52 juta. Untuk versi lebih tingginya yaitu ASUS ROG Strix RTX 3090 Ti bahkan mencapai CA$5.239 atau sekitar hampir Rp60 juta.

Hal ini menandakan GPU ini memiliki harga yang lebih dari dua kali lipat dari versi standar RTX 3090 yang kini berada di kisaran harga $2.000. Di Indonesia, harga untuk RTX 3090 berada di kisaran harga Rp40 juta-an.

Harga tersebut memang bisa saja masih sebatas placeholder, karena pihak NVIDA memang belum mengumumkan harga resmi untuk RTX 3090 Ti. Tapi kelihatannya, ketika GPU super ini masuk ke Indonesia, harga yang dibanderol oleh toko-toko kelihatannya akan tetap fantastis.