7 January 2022

by Sean Edbert

NVIDIA Umumkan GPU Flagship dan Budget Baru, RTX 3090 Ti dan 3050

Kedua GPU terbaru dari NVIDIA ini dikabarkan akan rilis pada bulan Januari ini.

Setelah sebelumnya dibocorkan oleh beberapa leaker hardwareNVIDIA akhirnya mengumumkan secara resmi kehadiran GeForce RTX 3090 Ti. Kartu grafis yang disebut-sebut sebagai "monster" ini dipastikan akan menjadi pemimpin baru di dunia GPU menggantikan posisi pendahulunya, RTX 3090. Hal ini diumumkan langsung oleh NVIDIA di ajang CES 2022 yang berlangsung pada 5 Januari kemarin.

Image Credit: NVIDIA

Berbicara tentang spesifikasi teknisnya, bocoran dari sejumlah leaker beberapa waktu lalu ternyata lumayan akurat. NVIDIA GeForce RTX 3090 Ti akan memiliki VRAM berjumlah 24GB GDDR6X dengan bandwitdh 21Gbps. GPU monster dari NVIDIA ini juga memiliki daya komputasi sebesar 40 TFLOPS, lebih besar 4 TFLOPS dari varian non-Ti-nya.

Meskipun spesifikasi teknis telah diumumkan, NVIDIA tidak memberikan bocoran performa gaming maupun rendering dari GPU flagship mereka itu. Secara performa di dunia nyata, GeForce RTX 3090 Ti diperkirakan lebih kencang hingga 10% dari RTX 3090 di semua bidang.

NVIDIA GeForce RTX 3090 Ti dikabarkan akan rilis pada bulan Januari ini. Namun, NVIDIA masih belum membocorkan harga pasti maupun tanggal rilis resminya. Toh stoknya aja belum tentu ada wkwkwk... Namun, beberapa media berspekulasi bahwa RTX 3090 Ti akan dibanderol dengan harga US$1499 (sekitar Rp21,5 jutaan).

Image Credit: NVIDIA

Menemani RTX 3090 Ti, NVIDIA juga mengenalkan kartu grafis budget terbarunya yaitu RTX 3050. Jika nama RTX 3050 terasa familiar, tentu saja karena GPU budget ini sudah beredar pada laptop-laptop gaming di harga 15 jutaan. Dan kini, rancah desktop akan kebagian GPU budget terbaru dari NVIDIA ini.

Hal ini merupakan kabar baik bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Karena, tidak hanya harganya yang terjangkau (jika berbicara harga retail resmi, RTX 3050 ini juga bisa memberikan performa yang tidak mengecewakan.

Image Credit: NVIDIA

Mengenai performanya, GPU berarsitektur Ampere termurah ini dibekali dengan VRAM sebesar 8GB GDDR6 dan diklaim dapat menjalankan sejumlah game AAA seperti Marvel's Guardian of the Galaxy, Doom Eternal, serta Call of Duty: Black Ops Cold War dengan FPS hingga 120 di resolusi 1080p.

Spesifikasinya membuat price-to-performance RTX 3050 cukup worth it mengingat harga MSRP yang diberikan NVIDIA hanya US$249 atau sekitar Rp3.2 jutaan. Semoga saja harga tersebut tidak melambung tinggi saat peluncurannya nanti agar bisa memenuhi tujuan hidupnya sebagai "GPU budget friendly".

Lewat CES 2022 kemarin, NVIDIA juga mengumumkan dua GPU flagship mereka akan masuk ke laptop-laptop gamingDua kartu grafis ini adalah RTX 3080 Ti dan 3070 Ti. Laptop-laptop dengan kedua GPU ini disebut-sebut akan menjadi laptop terkencang yang pernah ada.

Feat image credit: NVIDIA