16 November 2018

by Yabes Elia

RRQ Under 18 Tournament: Cara RRQ Cari Talenta Baru untuk Mobile Legends

Didukung oleh Tokopedia dan program dari Moonton

Salah satu organisasi esports terbesar di Indonesia, Rex Regum Qeon (RRQ) menggelar turnamen unik yang ditujukan untuk para pemain muda Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).

Turnamen ini bertajuk RRQ Under 18 Tournament. Dalam rilis resminya, RRQ mengatakan bahwa tujuan dari turnamen ini adalah untuk mencari talenta-talenta muda baru di esports. Turnamen ini digelar karena RRQ menyadari betapa pentingnya regenerasi di esports.

RRQ Under 18 Tournament juga didukung oleh Tokopedia dan Esports for Everyone (salah satu program baru dari Moonton, publisher dan developer dari MLBB).

“Turnamen ini diadakan sebagai ajang untuk mencari kandidat RRQ Junior. Namun, tidak hanya itu, kompetisi ini merupakan sebuah kesempatan bagus untuk para player muda khususnya game Mobile Legends untuk menunjukan kemampuan mereka dan diharapkan dengan munculnya talenta-talenta muda baru akan baik untuk iklim esports di tanah air.” Kata Andrian "AP" Pauline selaku CEO RRQ di rilis yang sama.

Herman Widjaja, VP Engineering di Tokopedia juga mengungkapkan antusiasmenya terhadap perkembangan industri esport, “Kami sangat senang bekerjasama dengan RRQ untuk mengadakan turnamen ini dan menciptakan panggung baru bagi para gamer profesional muda di Indonesia. Kami harap, turnamen berkualitas dan kompetitif seperti ini bisa mendorong lebih banyak talenta terbaik negeri untuk kemudian mendunia.”

Menariknya, awalnya pendaftaran yang dibuka dari tanggal 1-9 November 2018 kemarin rencananya hanya untuk 128 tim, ditambah menjadi 512 tim karena antusiasme yang para pendaftar yang melebihi ekspektasi. Menurut mereka, ada sampai 1000 tim yang mendaftar di sini.

Turnamen ini akan dibagi jadi 2 babak kualifikasi (256 tim/grup). Babak kualifikasi, baik grup A atau B, akan menggunakan sistem Bo1 dan Single Elimination. Setelah babak kualifikasi, 4 tim terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke babak Playoff yang akan menggunakan sistem Bo3.

Untuk jadwal pertandingannya, berikut adalah detailnya:

  • Kualifikasi Grup A: 19-22 November 2018
  • Kualifikasi Grup B: 26-29 November 2018
  • Babak Playoff: 1-2 Desember 2018.

Babak Playoff-nya nanti dapat disaksikan di kanal YouTube resmi dari RRQ.

RRQ pun telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp15 juta dan 19K Diamond buat para pemenang turnamen ini dengan distribusi sebagai berikut:

1st place Rp6.750.000,- +  2000 Diamond/player + Certificate + 1 RRQ Official Merchandise with RRQ ML player Signange.

2nd place Rp4.875.000,- + 1000 Diamond/player + Certificate + 1 RRQ Official Merchandise  with RRQ ML player Signange.

3rd place Rp3.375.000,- + 500 Diamond/player + Certificate + 1 RRQ Official Merchandise with RRQ ML player Signange.

4th place 300 Diamond/player

Sumber: RRQ

Selain total hadiah tadi, akan ada pemain yang mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan divisi baru RRQ, yaitu RRQ Junior.

Mengingat RRQ punya banyak divisi game, bagaimana dengan game lainnya? Apakah RRQ akan menggelar turnamen serupa untuk mencari bibit-bibit baru untuk divisi lain mereka?

Wilbert Marco, Manager Tim dari RRQ, menyampaikan bahwa saat ini memang masih untuk MLBB lebih dulu. "Ke depannya, kemungkinan ada untuk game lainnya."

-

Masalah regenerasi pemain memang merupakan aspek krusial yang harus dipertimbangkan oleh semua stakeholder, termasuk organisasi esports dan, untungnya, RRQ menyadari pentingnya hal ini.

Kita tunggu saja bibit-bibit baru yang akan muncul dari turnamen ini dan, semoga saja, RRQ juga akan menggelar turnamen serupa untuk divisi mereka lainnya.