28 June 2022

by Glenn Kaonang

Layanan Ronin Bridge untuk Axie Infinity Resmi Beroperasi Kembali

Tiga bulan setelah insiden peretasan, pemain Axie Infinity kini bisa kembali menggunakan Ronin Bridge untuk mentransfer aset di antara blockchain Ronin dan Ethereum

Axie Infinity adalah game play-to-earn (P2E) terpopuler di dunia. Sayang reputasinya sempat tercoreng pada bulan Maret lalu, tepatnya ketika hacker berhasil mencuri aset milik para pemain Axie Infinity, dengan nilai kerugian total mencapai 173.600 ETH dan 25,5 juta USDC.

Jumlah pemain Axie Infinity terus menurun semenjak insiden tersebut, ditambah dengan semakin melemahnya harga Smooth Love Potion (SLP, salah satu in-game currency di Axie Infinity) akibat anjloknya pasar crypto secara luas. Namun Sky Mavis (perusahaan pengembang Axie Infinity) rupanya tidak mau menyerah begitu saja. Hari ini (28/6), Sky Mavis resmi membuka kembali Ronin Bridge, platform yang digunakan oleh para pemain Axie Infinity untuk memindah-mindah aset di antara jaringan Ethereum dan Ronin.

Buat yang kurang familier, Ronin merupakan sebuah sidechain Ethereum yang dikembangkan oleh Sky Mavis sendiri dengan tujuan untuk mempercepat proses transaksi di marketplace Axie Infinity. Berbeda dari solusi Layer 2 yang mewarisi fitur-fitur keamanan bawaan Ethereum, sidechain seperti Ronin mengandalkan sistem keamanannya sendiri, dan inilah yang berhasil dieksploitasi oleh hacker pada bulan Maret lalu.

Berdasarkan laporan yang beredar, pihak peretasnya kala itu berhasil mencuri private key yang berfungsi untuk memvalidasi transaksi dari lima validator node di jaringan Ronin. Sejak kejadian tersebut, Sky Mavis memutuskan untuk menutup Ronin Bridge untuk sementara demi menerapkan perombakan sistem.

Perombakan tersebut akhirnya sudah rampung, dan Sky Mavis mengklaim hasilnya telah diaudit oleh perusahaan spesialis keamanan blockchain Certik. Dijelaskan pula bahwa untuk mengaktifkan kembali Ronin Bridge, Sky Mavis harus menerapkan hard fork terhadap jaringan Ronin, yang berarti semua validator node harus memperbarui software mereka.

Satu poin penting yang tak lupa diumumkan adalah, Sky Mavis bakal mengembalikan semua dana pengguna yang dicuri, dengan harapan untuk menarik kembali minat para pemain Axie Infinity. Sebelum ini, Sky Mavis sempat mengamankan pendanaan sebesar $150 juta yang dipimpin oleh Binance untuk membantu mereka menebus kerugian yang dialami para korban peretasan Ronin Bridge.

Sumber: Decrypt.