Dark
Light

RollerCoaster Tycoon 4 Sedang Digarap Untuk PC dan Mobile

1 min read
March 26, 2014

RollerCoaster Tycoon ialah nama yang bisa membuat banyak orang tersenyum. Dirilis pada bulan ini lima belas tahun lalu, permainan mengingatkan kita pada manisnya game-game sim klasik di masa keemasan gaming. Untuk memuaskan nostalgia kita pada judul tersebut, Atari sedang menggarap sekuel ketiga, RollerCoaster Tycoon 4, untuk PC dan juga perangkat mobile.

Kalimat ‘dibuat untuk PC dan mobile‘ memang sempat membuat media dan analis mengernyitkan dahi. Jika dibuat dengan penyajian dan pendekatan yang sama, hal yang paling tidak diinginkan oleh gamer PC yang menginginkan nostalgia adalah microtransaction. Ditambah lagi tingkat detail pada permainan yang dipertanyakan. Apalagi dengan Atari yang semakin menggeser fokusnya ke lini casual.

 

Info menarik: Crytek Umumkan Kolaborasinya dengan AMD untuk Mengusung Mantle

 

Untung saja dalam wawancara Digital Spy dengan senior director of marketing Atari, Anthony Chien, ia menegaskan bahwa, “Versi PC-nya tentu saja akan menjadi game yang benar-benar berbeda [dari varian mobile], tapi kami belum bisa membicarakan hal tersebut lebih banyak. Kami tahu bahwa banyak sekali fans RollerCoaster Tycoon yang menginginkan pengalaman PC sejati, mereka mendamba banyak hal berbeda.”

“Atari berusaha memberikan yang terbaik. Pertama untuk versi mobile-nya, kemudian untuk konsumen PC,” lanjut Chien, “menurut saya banyak orang yang menginginkan versi PC-nya terlebih dulu, tapi berdasarkan strategi kami, ia akan diluncurkan pertama kali untuk mobile.”

Untuk versi mobile-nya sendiri Atari mencoba menggunakan dua pendekatan berbeda. Pertama permainan akan bisa dinikmati sebagai aplikasi game premium biasa. Atau Anda bisa mengunduh versi free-to-play RollerCoaster Tycoon 4, tentu saja dengan microtransaction untuk membangun wahana atau rollercoaster baru.

Hampir semua elemen pada permainan orisinilnya akan kembali. Anda bisa menciptakan rollercoaster sendiri dan mengetahui apa yang pengunjung inginkan dari membaca pikiran mereka via ‘bubble‘ a la komik. Namun dalam versi mobile, tidak ada mode campaign seperti yang dahulu hadir. Mode ini akan digantikan dengan satu buah arena bermain yang akan Anda kelola – seperti permainan mobile casual dan web lain.

 

Info menarik: TempaLabs Hadirkan Permainan Edukasi Pemilu Berbasis HTML5 “Coblos!!!”

 

Versi mobile akan terintegrasi pada sistem leaderboard Facebook dan Game Centre. Penyajianya menggunakan perspektif isometrik familiar seperti versi PC berbasis tile. Atari dan developer On5 mengaku bahwa mereka melakukan kerjasama intensif dengan sang pencipta asli seri ini, Chris Sawyer, agar tidak lari dari apa yang ia visikan sebelumnya.

Anehnya saat ditanya oleh Pocket Tactics, Chris Sawyer meresponnya dengan kalimat yang mengejutkan, “Saya sama sekali tidak terlibat dalam pembuatan game RollerCoaster Tycoon baru dari Atari.” Jika memang benar begitu, banyak hal yang harus dijelaskan oleh Atari.

Atari juga belum mengkonfirmasi apakah in-app purchase akan muncul di PC, apakah mode campaign akan hadir pada platform itu, serta apakah mereka mencoba untuk menyajikan game ini seperti reboot SimCity – karena Atari sempat menyebutkan ‘pengalaman multiplayer online‘?

RolleCoaster Tycoon 4 akan dirilis untuk iOS bulan April, disusul versi Android di pertengahan tahun dan versi PC-nya akan baru akan diluncurkan di akhir 2014. Silakan nikmati trailer-nya di bawah.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Pengguna Aktif Facebook via Mobile Sentuh Angka 1 Miliar Setiap Bulan

Next Story

[Rumor] Motorola Siapkan Phablet Xplay

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi