Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Guide Mobile Legends: Inilah Tugas Setiap Role Pemain dalam Mobile Legends

23 July 2021Roni Istianto

Setiap pemain dalam tim Mobile Legends tentunya mempunyai tugas sendiri-sendiri yang bertujuan untuk memenangkan pemainan.

Mobile Legends merupakan game MOBA yang dimainkan oleh 5 pemain dalam 1 tim. Setiap pemain mempunyai tugas sendiri-sendiri yang bertujuan untuk memenangkan pemainan. Setiap pemain harus mengetahui dan menguasai role beserta hero yang digunakan untuk dapat mengalahkan tim lawan.

Begitu halnya di dunia kompetitif Mobile Legends. Para pemain pro sudah mengetahui role yang mereka gunakan beserta hero yang akan mereka pakai terlebih dahulu. Selanjutnya mereka akan mengimplementasikan role mereka ke dalam strategi tim yang digunakan. Pemahaman dan implementasi role pemain sama pentingnya dengan ketangkasan jari dan kecepatan mata dalam menentukan kemenangan ataupun kekalahan dalam setiap pertandingan.

Berikut ini penjelasan peran masing-masing role di Mobile Legends:

MID LANE

Image Credit: MPL Indonesia

Mid Lane adalah salah satu role yang paling penting di dalam game. Mereka membutuhkan gold banyak serta level tinggi dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, seorang Mid Lane harus mempunyai skill farming dan membunuh minions yang bagus. Hal ini bertujuan agar seorang Mid Lane bisa menghasilkan damage yang cukup besar pada saat late game.

Seorang Mid Lane juga harus mempunyai kemampuan roaming dan membaca map yang bagus. Pasalnya, mereka berada di tengah map yang menjadi letak strategis untuk membantu lane atas ataupun bawah sekaligus kerap menjadi target ganking musuh. Roaming ke arah atas, bawah, maupun area hutan adalah tugas selanjutnya yang harus dikuasai oleh seorang Mid Lane. Roaming yang bagus akan memberikan banyak keuntungan untuk tim di awal permainan.

Sebagai pemain dengan role Mid Lane, biasanya mereka menggunakan hero-hero bertipe Mage. Pemain profesional yang memiliki role ini antara lain Udil, Luminaire, Renbo, Psychoo, dan Drian. Beberapa contoh hero-hero yang sering mereka gunakan adalah Kagura, Eudora, Lunox, Mathilda serta Pharsa.

JUNGLER

Image Credit: MPL Indonesia

Peran sebagai Jungler adalah peran yang penting namun mempunyai kseulitan yang tinggi. Tugas utama seorang Jungler adalah melakukan farming di area hutan dan melakukan roaming/ganking menuju 3 lane yang ada. Tingkat keberhasilan gank seorang Jungler ditentukan oleh kemampuannya membaca peta, pergerakan lawan, dan mengesekusi gank yang dilakukan. Kemenangan dan keunggulan tim pada awal permainan juga ditentukan oleh bagaimana Jungler menjalankan rolenya dengan baik.

Tugas lain seorang Jungler adalah melakukan split push. Oleh karena itu para pemain biasanya menggunakan hero dengan mobilitas serta kemampuan gank yang tinggi seperti hero-hero bertipe Assassin ataupun Marksman. Pemain profesional yang memiliki role ini antara lain Albertt, Bottle, Sanz, Branz, dan Feriixc. Beberapa contoh hero-hero yang sering mereka gunakan adalah Granger, Claude, Ling, Harley, serta Yi Sun-Shin.

GOLD LANE

Image Credit: MPL Indonesia

Pemain dengan role sebagai Gold Lane mampunyai tugas utama di awal permainan untuk melakukan farming. Pemain ini harus mempunyai skill last hit minions yang bagus karena gold yang didapat juga akan bertambah besar. Seorang Gold Lane membutuhkan gold yang banyak untuk membeli item core mereka.

Biasanya seorang Gold Lane akan bermain aman terlebih dahulu pada saat awal permainan. Dia bisa bermain aman di bawah turret ataupun bersama tank tim melakukan farming dengan agresif. Perannya baru akan terlihat jelas pada akhir permainan saat teamfight sering terjadi. Gold Lane juga harus mempunyai skill positioning yang bagus dan bisa memberikan banyak damage tanpa terculik oleh hero-hero lawan.

Sebagai pemain dengan role Gold Lane, biasanya mereka menggunakan hero-hero bertipe Marksman ataupun Mage tergantung kebutuhan tim. Pemain profesional yang memiliki role ini antara lain Skylar, Ahmad, Watt, CW, dan Clover. Beberapa contoh hero-hero yang sering mereka gunakan adalah Claude, Wanwan, Harith, Alice, serta Chang’e.

EXP LANE

Image Credit: MPL Indonesia

Exp Lane adalah lane yang diperuntukan oleh pemain yang lebih membutuhkan level daripada gold. Mereka membutuhkan exp yang lebih banyak agar skill level mereka bertambah dengan cepat dan bergabung di dalam pertempuran secepat mungkin. Hero bertipe Fighter atau semi Tank adalah yang sering digunakan oleh pemain dengan role sebagai Exp Lane. Pasalnya, hero Fighter mempunyai kemampuan bertarung yang baik mulai dari awal, pertengahan, ataupun akhir permainan meskipun gold yang dia miliki tidak terlalu banyak.

Pemain profesional yang memiliki role sebagau Exp Lane antara lain Butsss, Antimage, R7, Pai, dan Rippo. Beberapa contoh hero-hero yang sering mereka gunakan adalah Paquito, Uranus, Baxia, Benedetta, serta Esmeralda.

TANK / SUPPORT

Image Credit: MPL Indonesia

Role pemain terakhir di dalam tim Mobile Legends adalah Tank/Support. Meskipun role ini diremehkan dan terkesan tidak berguna, namun sebetulnya role Tank/Support juga menjadi penentu kemenangan sebuah tim. Role Tank/Support mempunyai tugas utama untuk membantu setiap pemain di dalam pertempuran dan siap untuk menerima damage tertinggi saat teamfight berlangsung.

Pemilihan antara hero Support maupun Tank juga tergantung kebutuhan tim. Oleh karena itu pemain ini biasanya mampu menggunakan gameplay yang berbeda sesuai posisinya. Pemain profesional yang memiliki role ini antara lain Vynnn, Kiboy, Leomurphy, Rekt, Renv. Beberapa contoh hero-hero yang sering mereka gunakan adalah Diggie, Jawhead, Estes, Angela, serta, Silvanna.


Itulah tadi 5 role para pemain Mobile Legends di dalam 1 tim. Setiap pemain tentunya harus menguasai dengan baik setiap role yang mereka jalankan untuk mendapatkan sebuah kemenangan. Akan tetapi sebuah kemenangan di dalam permainan tentunya masih akan dipengaruhi oleh kemampuan teamwork alias kerjasama antara anggota tim di dalamnya.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV