Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Universitas Roehampton Tawarkan Beasiswa Esports Khusus Perempuan

4 August 2020Ellavie Ichlasa Amalia

Selain mendapatkan bantuan uang, para penerima beasiswa juga akan mendapatkan mentor

Pesatnya perkembangan industri esports menjadikannya sebagai salah satu industri prospektif bagi generasi muda. Seiring dengan semakin matangnya industri esports, para pekerja di dalamnya pun dituntut untuk menjadi semakin profesional. Karena itu, tidak heran jika berbagai institusi pendidikan mulai tertarik untuk menawarkan pengajaran di bidang esports. Tak hanya itu, program beasiswa esports pun mulai bermunculan. Universitas Roehampton di London, Inggris baru saja mengumumkan bahwa mereka kini memiliki program beasiswa esports khusus perempuan.

Program beasiswa yang dinamai “Women in Esports” ini akan dimulai pada September 2020. Pendaftaran dibuka sampai 1 September 2020. Program itu diprakarsai oleh Roehampton Esports, departemen esports dari Universitas Roehampton. Melalui program Women in Esports, empat mahasiswi tahun pertama akan dapat mengajukan diri untuk menjadi penerima beasiswa esports yang nilainya mencapai £1,500 (sekitar Rp28,6 juta).

“Kami bangga bisa ikut serta dalam mengembangkan talenta untuk industri baru yang tengah berkembang pesat seperti esports,” kata Professor Anna Gough-Yates, Provost, Universiats Roehampton, seperti dikutip dari Esports Insider. “Keberagaman dan inklusi adalah dua nilai yang kami junjung di Universitas Roehampton. Beasiswa ini menjadi contoh bagaimana kami mencoba untuk membuat lingkungan yang inklusif bagi mahasiswa kami.”

beasiswa esports perempuan
Roehampton Esports Arena. | Sumber: Esports Insider

Selain membuat industri esports menjadi semakin inklusif, tujuan lain dari program beasiswa khusus perempuan ini adalah untuk menginspirasi perempuan muda agar mereka tertarik menjadi pemain esports profesional. Memang, selain mendapatkan bantuan berupa uang, penerima beasiswa juga akan menerima beberapa keuntungan lainnya. Misalnya, seorang mentor yang dapat membantu mereka untuk membangun karir di dunia esports. Selain itu, para penerima beasiswa ini juga akan dibantu untuk bisa menjalin relasi dengan para pelaku industri esports lainnya.

Untuk merealisasikan program Women in Esports, Roehampton Esports juga bekerja sama dengan berbagai organisasi. Salah satunya adalah Women in Games. Melalui kerja sama dengan organisasi Women in Games, Roehampton Esports akan menyelenggarakan sesi esports khusus perempuan bagi para mahasiswinya. Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa yang tertarik dengan esports akan bisa membangun koneksi dengan pelaku esports.

“Women in Games menyambut baik beasiswa Women in Esports sebagai program yang sangat positif untuk membuat esports menjadi semakin inklusif. Kami juga menyambut Universitas Roehampton sebagai salah satu Duta Edukasi pertama kami,” kata CEO Women in Games, Marie-Claire Isaaman.

Selain Women in Games, Roehampton Esports juga bekerja sama dengan beberapa organisasi lain seperti National University Esports League (NUEL), Cat Collective, Special Effect, dan London Esports. Sama seperti Women in Games, organisasi-organisasi tersebut juga akan membantu para penerima beasiswa mendapatkan pelatihan tentang cara menjadi pekerja profesional di dunia esports.

Para penerima beasiswa esports dan juga mahasiswa esports dari Universitas Roehampton berhak untuk menggunakan Roehampton Esports Arena, yang merupakan tempat khusus untuk berlatih esports. Universitas Roehampton juga bekerja sama dengan perusahaan pelatihan esports G-Science untuk membuat program gaming yang sehat dengan fokus pada kesehatan fisik dan mental para mahasiswa.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV