22 December 2020

by Glenn Kaonang

Rockstar Bakal Jejalkan Lebih Banyak Elemen Single-Player ke GTA Online

Arahan baru ini sudah mereka terapkan di update terbaru "Cayo Perico Heist"

Berbeda dari Grand Theft Auto IV yang punya dua expansion pack memukau, Grand Theft Auto V sama sekali tidak dibekali konten single-player ekstra. Sebagai gantinya, Rockstar justru memilih untuk berfokus mengembangkan konten demi konten buat GTA Online, yang sampai kini pun terbukti masih menjadi mesin uang bagi mereka.

Menariknya, fokus terhadap GTA Online itu bukan berarti Rockstar sudah benar-benar mengesampingkan pengalaman bermain single-player. Dalam update terbarunya, Cayo Perico Heist, para pemain GTA Online tak hanya bisa mengeksplorasi satu pulau baru bersama rekan-rekan satu gengnya saja, tapi juga menjalani misi perampokan (heist) sendirian jika memang diperlukan.

Ini merupakan pertama kalinya misi heist dapat dijalani seorang diri di GTA Online, sebab sebelumnya para pemain perlu terlebih dulu mengatur kru yang terdiri dari pemain-pemain lain. Buat yang masih rutin bermain GTA Online di saat teman-temannya sudah sibuk dengan Valorant atau Phasmophobia, ini jelas merupakan kabar yang menggembirakan.

Lebih istimewa lagi, arahan baru ini juga bakal terus dipertahankan oleh Rockstar. Berbicara kepada GQ Magazine, perwakilan Rockstar menyampaikan bahwa mereka sebenarnya sudah merencanakan soal ini sejak lama berdasarkan permintaan dari komunitas, dan mereka berniat untuk terus memberikan opsi bermain GTA Online secara solo ataupun co-op ke depannya.

Menurut Rockstar, masing-masing metode (solo atau co-op) punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kalau memutuskan untuk bermain sendiri, berarti total uang yang didapat dari misi sepenuhnya masuk ke kantong sang pemain, plus sejumlah aksi stealth juga bakal lebih mudah dilangsungkan. Kalau mengajak kru, reward misinya memang harus dibagi, akan tetapi di saat yang sama para pemain juga dapat mengejar objektif ekstra dan memperoleh bonus uang.

Singkat cerita, Rockstar ke depannya bakal menjejalkan lebih banyak lagi elemen single-player ke dalam GTA Online. Apakah ini berarti tidak akan ada GTA VI di masa yang akan datang? Semoga saja tidak, dan kalau melihat kiprah Rockstar selama ini, mereka tidak pernah bosan memberikan kejutan dari waktu ke waktu.

Sumber: PC Gamer.