Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Rizky Faidan Bela PSS Sleman Untuk Indonesia Football e-League 2020

24 August 2020Akbar Priono

Setelah PERSIJA, kini giliran PSS Sleman mengumumkan Rizky Faidan sebagai pemain yang membela klub tersebut untuk Indonesia Football e-League 2020.

Sabtu 22 Agustus 2020 kemarin, PSS Sleman mengumumkan nama Rizky Faidan sebagai pemain yang membela klub sepak bola asal Kabupaten Sleman tersebut. Pengumuman ini bisa dibilang sebagai tindak lanjut dari diselenggarakannya Indonesia Football e-League 2020 (IFeL). Pada kesempatan sebelumnya kita juga sudah melihat PERSIJA Jakarta, sebagai tim sepak bola pertama yang mengumumkan pemain serta keikutsertaannya ke dalam liga tersebut.

IFeL bisa dibilang sebagai kompetisi yang mempertandingkan klub sepak bola ternama di Indonesia dalam sebuah pertandingan esports, dengan menggunakan game sepak bola. Lebih jelas soal IFeL, Putra Sutopo selaku Head of Indonesian Football e-League menjelaskan dalam rilis. “Secara garis besar, IFeL bisa dibilang semacam ‘Liga 1 Virtual Football’ yang diikuti oleh klub sepak bola yang mengikuti Liga 1. PSS Sleman cukup kooperatif dalam mengikuti liga ini, sehingga mereka bisa mengumumkan keikutsertaannya dengan cepat.”

Lebih lanjut, Hempri Suyatna sebagai Direktur Operasional PSS Sleman lalu menambahkan. “Sebuah kesempatan yang luar biasa dari IFeL bisa mengundang PSS Sleman sebagai salah satu peserta di kompetisi ini. Harapannya Rizky Faidan bisa all-out membela klub PSS Selman. Target kami, minimal PSS Sleman bisa masuk 4 besar, tapi tentu target besarnya adalah bisa menjadi juara liga IFeL. Semoga Mas Rizky bisa menjadi inspirasi untuk munculnya talenta-talenta baru dari masyarakat, dari dunia esports.”

Rizky Faidan sendiri bisa dibilang sebagai salah satu pemain esportsgame sepak bola Pro Evolution Soccer paling cemerlang hingga saat ini. Tahun lalu bisa dibilang sebagai tahun paling gemilang dari seorang Rizky Faidan. Dalam PES League 2019 World Finals, Faidan, Lucky Maarif, dan Rio Dwi Septian berhasil mendapatkan Runner Up di cabang co-op. Juga turut serta di caban Pencapaian dirinya di cabang Single juga tak kalah baik, berhasil menjadi semifinalis, walau belum berhasil menjadi juara.

Rizky yang akan membela PSS Sleman dalam IFeL juga memberikan sedikit tanggapannya. “Saya mungkin bukan anak asli Sleman, namun saya akan bermain secara total untuk membela PSS Sleman. Saya sudah mulai berlatih selama 3 jam setiap harinya demi mempersiapkan diri untuk liga IFeL ini.”

Sumber: Instagram @ifel.id
Sumber: Instagram @ifel.id

Sampai saat ini sendiri, baru ada dua klub sepak bola lain yang mengumumkan pemain serta keikutsertaannya untuk IFeL. Selain Rizky Faidan, baru ada Rizal Danyarta yang akan membela PERSIJA Jakarta, dan Lucky Maarif yang akan membela PERSIK Kediri. Mengutip INDOSPORT, Putra juga menambahkan. “Sejauh ini yang sudah pasti ada 10 tim, kita masih tunggu terlebih dulu, mungkin totalnya akan jadi 12 tim nanti saat kickoff IFeL di 12 September 2020 mendatang.”

Ini tentu akan menjadi era baru bagi esportsgame sepak bola di Indonesia. Format seperti ini mungkin bisa dibilang jadi yang pertama di Indonesia, namun sempat juga dilakukan oleh negara Thailand dengan nama Thai e-League, dengan Rizky Faidan membela tim Buriram United.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV