26 February 2022

by Daniel Hamiaz

Riot Games akan Buka Markas Baru di Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Thailand, untuk Fokuskan Jangkauan

Selain Indonesia, Riot Games juga akan membuka kantor baru di negara Asia Pasifik (APAC).

Riot Games baru saja mengumumkan rencana ekspansi dan strukturisasi ulang bisnis mereka. Daerah yang mereka akan jangkau selanjutnya meliputi kawasan Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand), Jepang, dan India.

Sebelumnya, Riot Games telah memiliki kantor di Singapura dan Jepang. Nantinya mereka ingin berfokus terhadap Hyper-localisation, dunia gaming, hiburan, dan lifestyle.

sumber: Riot Games

Tim yang akan bertanggung jawab atas rencana ini akan dipegang oleh Alex Kraynov. Ia sebelumnya menjabat sebagai Managing Director untuk pasar negara berkembang (Asia Tenggara, India, Amerika Latin, Brazil, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Jepang). Kini Kraynov akan menjabat sebagai Managing Director yang baru untuk kawasan Asia Pasifik.

"Ini merupakan langkah yang wajar untuk melanjutkan bisnis Publishing kami di Asia Tenggara, dan Riot mengenali bahwa Asia Pasifik memiliki potensi untuk menjadi wilayah terbesar di dunia untuk Riot. Kawasan ini sangatlah beragam, dengan komunitas yang sangat besar, dengan kebutuhan yang beragam pula, serta gairah yang sangat kuat untuk mobile game," kata Alex Kraynov.

Selain mengangkat Alex Kraynov sebagai kepala Publisher, Kraynov juga menunjuk sejumlah pimpinan di timnya:

  • Shinji Komiyama, Direktur manajemen Asia Pasifik.
  • Jennifer Poulson, Kepala dari Publishing Partnerships Asia Pasifik.
  • Alasdair Gray, Kepala Pemasaran Asia Pasifik.
  • Derek Winder, Kepala Pengembangan bisnis, Asia Pasifik.
  • Yasushi Fujimoto, Manajer untuk Negara Jepang.
  • Joel Guzman, Manajer untuk Negara Filipina.
  • Resha Pradipta, Manajer untuk Negara Indonesia dan Malaysia.

&feature=emb_imp_woyt

Riot Games sendiri merupakan salah satu perusahaan paling besar yang ada di industri game. Mereka berperan sebagai Developer, Publisher, dan Event Organizer untuk turnamen esports sekaligus. Salah satu game tersukses yang mereka tangani adalah League of Legends (LOL).

Riot sendiri mengklaim bahwa mereka telah berhasil mengumpulkan lebih dari 600 juta pemain dari seluruh dunia dalam satu dekade terakhir. Angka tersebut didapatkan hanya dari game League of Legends saja.

Selain LOL, Riot Games juga telah merilis beberapa judul game online pada beberapa tahun terakhir. Sebut saja VALORANT, League of Legends: Wild Rift, Legends of Runeterra, dan Teamfight Tactics. Selain sejumlah judul tersebut, Riot juga pernah merilis Arcane, sebuah serial animasi Netflix, yang akhirnya meledak. Ada juga girlband KPOP virtual, K/DA, yang mereka ciptakan sebagai jurus pemasaran.