20 August 2023

by Daniel Hamiaz

Ringkasan Honkai: Star Rail Versi 1.3: Sederet Event Menarik dan Peningkatan Trailblazer Power

Honkai: Star Rail versi 1.3 diperkirakan akan dimulai pada 30 Agustus 2023.

Honkai: Star Rail baru saja mengumumkan semua konten dan fitur menarik yang akan mengisi versi 1.3. Semua dijelaskan melalui siaran langsung yang disiarkan di YouTube dan Twitch. Setelah versi ini, cerita di Xianzhou akan berlanjut setelah pemain berhasil mengalahkan Phantylia di versi 1.2. Berikut ini ringkasannya:

Banner Karakter

Di versi ini, pemain bisa mendapatkan 3 karakter baru, yaitu Dan Heng - Imbibitor Lunae, Fu Xuan, dan Lynx. Ketiganya akan disebar ke dalam dua fase banner. Berikut detail kedua banner tersebut:

Banner #1 - Imbibitor Lunae, Yukong, Asta, March 7th

Imbibitor Lunae merupakan sebuah karakter B5 Imaginary Destruction yang sudah pemain coba saat menjalankan cerita utama di versi sebelumnya. Di versi 1.3 ini, pemain dapat melihat kemampuan lengkap dan mendapatkannya di banner fase pertama.

Banner #2 - Fu Xuan, Lynx, Pela, Hook

Setelah itu, Fu Xuan akan muncul di fase kedua beserta dengan Lynx, karakter B4 terbaru sebagai karakter Abundance Quantum. Hadirnya dua karakter Quantum defensif di satu banner ini menjadikan roster karakter Quantum lebih lengkap dan bervariasi.

Kemampuan Fu Xuan juga ditampilkan secara sekilas pada siaran langsung. Meski dideskripsikan sebagai karakter Preservation, ia memiliki cara bermain yang unik. Ia tidak menyediakan shield seperti karakter Preservation pada umumnya, melainkan memberikan damage mitigation serta heal kepada seluruh anggota tim.

Misi Baru

Setelah berhasil mengalahkan Phantylia, cerita di Xianzhou Luofu akan berlanjut. Banyak hal menarik yang mungkin akan diceritakan, seperti bagaimana nasib Dan Heng setelah identitas rahasianya terbuka, atau bagaimana keadaan Jing Yuan atau Tingyun setelah insiden tersebut, hingga posisi Kafka dan Blade di planet tersebut. Semuanya akan dibuka di Chapter ini.

Selain cerita utama, Honkai: Star Rail juga akan merilis seri Companion Mission baru. Tak tanggung-tanggung, kali ini terdapat empat misi dari empat karakter dengan latar belakang yang berbeda. Karakter-karakter yang akan mendapatkan Companion Mission adalah Dan Heng - Imbibitor Lunae, March 7th, Lynx, dan Luka.

Stagnant Shadow Baru

Setelah versi 1.3, terdapat dua jenis Stagnant Shadow baru (atau musuh bos) yang akan hadir di Honkai: Star Rail. Keduanya akan menyediakan material yang dibutuhkan untuk meningkatkan level dari Imbibitor Lunae dan Fu Xuan.

Event Baru

Berikut ini sejumlah event menarik yang akan mengisi sepanjang versi 1.3:

Aurum Alley's Hustle and Bustle

Event ini akan menjadi event unggulan yang menghiasi awal versi 1.3. Pemain akan ditugaskan untuk mengatur jalanan yang kacau setelah peristiwa Phantylia.

Secara sederhana, event ini memiliki kemiripan dengan event museum yang diperkenalkan pada 1.1, namun dengan beberapa pembaruan. Event ini juga akan menjadi fitur permanen yang bisa pemain nikmati setiap saat.

Hadiah utama dari event ini adalah satu buah kopi dari Sushang, karakter B4 Physical Hunt, yang akan diberikan secara gratis.

Selain itu, untuk pertama kalinya Honkai: Star Rail akan memberikan sebuah hadiah jenis baru yang disebut dengan "Phone Wallpaper". Hadiah ini merujuk kepada tema dan gambar yang ada pada menu pemain.

Simulated Universe: The Swarm Disaster

Event ini akan menjadi yang terbesar di versi ini karena bersinggungan dengan Simulated Universe. Banyak hadiah yang bisa pemain dapatkan setelah menyelesaikan tantangan, dengan hadiah utama berupa Self-modeling Resin yang cukup langka. Item ini mampu menciptakan Relic dengan main stat sesuai keinginan pemakainya.

Di event ini, pemain akan menjalankan Simulated Universe dengan cara yang berbeda. Salah satunya adalah tersedianya peta dari titik awal hingga tujuan akhir, sehingga pemain bisa mengatur rute dan strategi untuk tiba sampai bos akhir.

Setelah menyelesaikan Simulated Universe: The Swarm Disaster, pemain bisa mengakses Path baru yang bernama "Path of Propagation" yang berfokus ke permainan Basic ATK.

Space Station Task Force

Event ini akan menugaskan pemain untuk mengirim sejumlah karakter guna menyelesaikan masalah di Space Station. Pemain hanya perlu mengirimkan karakter yang pemain punya untuk mengatasi tugas dan mendapatkan hadiah.

Planar Fissure

Planar Fissure akan kembali hadir di versi ini. Event ini akan menggandakan hadiah yang diklaim dari Simulated Universe. Untuk memaksimalkan hadiah tanpa menghabiskan Trailblaze Power ekstra, Anda bisa menyimpan 8 Immersifier sebelum event ini dimulai.

Garden of Plenty

Event ini akan menggandakan hadiah Calyx yang pemain klaim selama durasi event berlangsung. Hadiah yang digandakan adalah yang berasal dari Calyx (Golden) dan Calyx (Crimson). Keduanya sangatlah penting untuk meningkatkan kekuatan karakter atau menghimpun Credit.

Gift of Odyssey

Event login yang menjadi favorit pemain akan kembali diberikan oleh HoYoverse. Selama periode berlangsung, pemain bisa mendapatkan hingga 10x Special Star Rail Pass yang tersebar dalam satu minggu.

Fitur Baru

Selain konten baru, terdapat juga beberapa pembaruan dan fitur baru yang akan meningkatkan kenyamanan bermain. Berikut fitur-fitur baru tersebut:

Trailblazer Power

Trailblazer Power atau TP merupakan resource penting untuk meningkatkan kekuatan karakter. Namun pemain kerap mengeluhkan kapasitasnya yang terlalu sedikit. Mendengar hal ini, HoYoverse memutuskan untuk meningkatkan batas maksimalnya, dari 180 ke 240. Dengan begitu, pemain tak perlu khawatir TP mereka akan mentok saat login, meski sudah ditinggal selama 24 jam.

Lebih jauh lagiHoYoverse bahkan menyiapkan fitur Reserved Traiblazer Power yang akan terisi berdasarkan TP yang terbuang setelah melampaui batas maksimum.

Friend dan Chatting System

Fitur pertemanan dan pesan yang baru saja diimplementasikan terus HoYoverse perbaiki. Kali ini terdapat tiga fitur baru yang bisa pemain lakukan, yaitu mengurutkan teman, mengatur pengaturan permintaan pertemanan, dan mengirimkan emoji ke teman.

Itu tadi ringkasan dari livestream Honkai: Star Rail versi 1.3. Apakah ada yang menarik perhatian Anda? Honkai: Star Rail versi 1.3 diperkirakan akan dimulai pada 30 Agustus 2023.