Dark
Light

RIM tarik dukungan untuk aplikasi messenger Kik

1 min read
November 24, 2010

Kik merupakan sebuah aplikasi messenger mobile yang belakangan ini mulai populer di Indonesia, orang-orang mulai bertukar ID Kik mereka di Twitter dan jejaring sosial lainnya. Kik memang memiliki fitur yang dicari banyak orang, terutama yang tidak menggunakan perangkat Blackberry seperti saya, yaitu kemampuan untuk chatting antar platform. Kik tersedia di berbagai platform, termasuk Blackberry, iPhone dan Android. Fitur-fiturnya pun bisa dibilang hampir se-powerful BB Messenger bawaan Blackberry.

Kik sendiri mulai mendapatkan popularitas dengan 2.5 juta pengguna selama 1 bulan lebih, namun justru ketika Kik sedang mendapatkan traction yang tinggi, RIM memutuskan untuk mencabut aplikasi Kik dari Blackberry App World pada tanggal 12 November 2010. Pihak RIM menyatakan bahwa fitur-fitur yang ada dalam aplikasi Kik telah melanggar perjanjian, meskipun tidak memberitahukan secara rinci perjanjian mana yang dilanggar.

RIM sendiri sempat melayangkan update ke tim Kik untuk mengupdate aplikasinya karena terlalu banyak memakan resource yang menyebabkan menurunnya daya baterai dengan cepat, dan tim Kik bermaksud untuk mengupdate aplikasi ini secepatnya. Namun beberapa saat kemudian, aplikasi mereka sudah terlanjut dihapus dari Blackberry App World. Dengan bungkamnya pihak RIM, bisa jadi akan banyak spekulasi negatif yang berkeliaran, misalnya banyak pihak yang beranggapan bahwa RIM menarik dukungan untuk Kik karena berpotensi “membunuh” BB Messenger yang merupakan salah satu fitur kuat dari Blackberry.

Tahun kemarin di acara Blackberry DevCon, Kik merupakan salah satu aplikasi yang didukung dan di-endorse oleh RIM sebagai salah satu aplikasi yang mendukung platform terbaru Blackberry. Dukungan dari RIM begitu berarti bagi founder Ted Livingston yang dulu juga pernah bekerja di RIM ketika kuliah dan mengidolakan Mike Lazaridis (Founder RIM). Bahkan Ted Livingston dan Lazaridis berkuliah di kampus yang sama, dan keduanya drop-out di tahun terakhir untuk membangun perusahaannya sendiri. Wow.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Aplikasi Buatan Apps Foundry Untuk Para Pengguna iPad: Scoop

Next Story

Opera Rilis Opera 11 Versi Beta

Latest from Blog

Don't Miss

Tak Mau Ketinggalan, Kik Messenger Juga Gulirkan Fitur Obrolan Video

Fitur video tampaknya menjadi fokus sejumlah aplikasi pesan. Beberapa waktu

BlackBerry Berpikir Untuk Lepaskan BBM

Prahara di tubuh BlackBerry kian alami guncangan hebat. Setelah beberapa