Dark
Light

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

4 mins read
July 4, 2024
Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana pengalaman menggunakan smartphone foldable, Anda perlu membaca artikel review ini sampai tuntas. Dalam dua minggu terakhir ini, saya menguji Tecno Phantom V Flip 5G untuk menangani berbagai tugas harian. Mulai dari mengetik dan membaca artikel, bikin konten, nonton film, hingga bermain game.

Terus terang, awalnya saya agak canggung dan sangat berhati-hati dalam pemakaiannya. Perlu diketahui bahwa dalam kondisi terbuka penuh, Phantom V Flip tidak sepenuhnya datar 180 derajat, desain engselnya memang hanya dapat membentangkan layar sekitar 178 derajat. Langsung saja, simak review Tecno Phantom V Flip 5G selengkapnya di bawah ini.

Pengalaman Pengguna yang Unik

Pengalaman Pengguna yang Unik | Review Tecno Phantom V Flip 5G

Bagian terbaik dari smartphone foldable adalah perangkat inovatif dengan desain lipat ini menawarkan pengalaman pengguna yang unik yang tidak dapat ditemukan pada smartphone batangan tradisional. Desain compact saat dilipat, memudahkan untuk dimasukkan ke dalam saku atau tas kecil.

Selain itu, bentuknya yang menawan dan futuristik menjadikannya statement piece yang menarik perhatian. Memiliki smartphone foldable bisa memberikan kesan bahwa pemiliknya memiliki gaya hidup modern dan melek teknologi.

DDesain Belakang | Review Tecno Phantom V Flip 5G

Dari segi desain, Phantom V Flip dirancang dengan standar flagship. Dua panel belakangnya dilapisi vegan leather, rangkanya terbuat dari aluminium, dan engselnya dari baja. Layar dalamnya dilapisi plastik tipis dan bezel plastik yang agak menonjol di sekelilingnya.

Unit yang saya review berwarna Mystic Dawn yang didominasi dengan warna ungu terang. Pada panel bawah terdapat logo V dari logam yang tersemat di antara transisi dari ungu terang ke ungu yang lebih gelap.

Untuk panel atasnya disebut Planet Cover Screen yang menampilkan layar bulat dan sistem kamera belakang di sekelilingnya. Ukuran layar sampulnya memang tidak begitu besar dan antarmukanya mirip seperti smartwatch.

Engsel baja yang digunakan dikembangkan sendiri oleh Tecno, tergolong tipis dan memiliki masa pakai lebih dari 200.000 siklus. Secara teori, kalau rata-rata sehari kita melakukan buka tutup sebanyak 100 kali, engselnya bisa bertahan sampai 5,5 tahun. Atau sekitar 3,6 tahun jika sehari 150 kali.

Desain Engsel | Review Tecno Phantom V Flip 5G

Engselnya memungkinkan Phantom V Flip 5G terlipat sepenuhnya tanpa celah dan mendukung kondisi setengah terlipat antara sudut 30-150 derajat. Namun, engselnya tidak memungkinkan layar utama terbuka sepenuhnya 180 derajat dalam posisi datar. Terus terang, awalnya terasa sedikit aneh dan lekukan di tengah juga terlihat cukup jelas.

Untuk penempatan tombolnya, tombol power dengan sensor sidik jari dan volume tersemat di sebelah kanan. Kemudian SIM tray ada di sebelah kiri dan di atas ada mikrofon sekunder. Sedangkan di bawah terdapat port USB-C, serta mikrofon dan speaker utama.

Layar Utama yang Memanjang

Layar | Review Tecno Phantom V Flip 5G

Beralih ke layar utama, Phantom V Flip 5G mengusung panel lipat LTPO AMOLED dengan refresh rate adaptif hingga 120Hz, punya tingkat kecerahan 1.000 nits, dan mendukung HDR10+. Berukuran 6,9 inci dengan resolusi 1080×2640 piksel dalam rasio aspek 22:9.

Ya, rasio aspek 22:9 ini memberikan tampilan layar yang lebih lebar dan memanjang. Namun, tetap mempertahankan ukuran yang nyaman untuk digunakan. Memungkinkan menikmati konten multimedia seperti nonton film dan bermain game dengan lebih imersif.

Layar | Review Tecno Phantom V Flip 5G

Optimal untuk browsing dan membaca, serta multitasking lebih baik untuk membuka dua aplikasi berdampingan. Jadi saat layar terbuka secara penuh, Anda tetap mendapatkan pengalaman pengguna yang hampir sama seperti smartphone normal dengan layar besar.

Dalam kondisi tertutup, kita bisa menggenggam perangkat ini secara penuh di telapak tangan. Begitu mini, rasanya benar-benar menyenangkan. Sayangnya, ukuran cover screen-nya kecil dan fiturnya terbatas, AMOLED bulat 1,32 inci.

Di pengaturan cover screen collections, hanya ada beberapa opsi yang bisa ditambahkan. Mulai dari cover screen personalization yang mirip seperti face watch di smartwatch, lima cute pets, dan sembilan widget. Ya, kita benar-benar perlu membuka lipatan smartphone ini untuk mengakses berbagai hal.

Sistem Kamera Tecno Phantom V Flip 5G

Sistem Kamera | Review Tecno Phantom V Flip 5G

Harga normal dari Phantom V Flip 5G adalah Rp8.999.000, artinya smartphone foldable ini berada di posisi kelas menengah atas. Bagian menengah tersebut ada pada konfigurasi kamera belakangnya.

Kamera utamanya 64MP tanpa OIS dengan sensor gambar Samsung ISOCELL GW1 berukuran 1/1.73 inci dengan piksel 0.8µm dan didukung ring-LED flash. Berkat teknologi Tetrapixel 4-in-1, hasil foto yang didapat beresolusi 16MP dengan piksel lebih besar 1.6µm.

Kamera keduanya 13MP dengan ukuran piksel 1.12µm dan lensa ultrawide. Sedangkan kamera depannya 32MP dengan piksel 0.8µm dilengkapi dual-LED flash. Ketiga kamera tersebut dilengkapi dengan fitur autofocus.

Mode foto utamanya disebut AI Cam yang dapat secara otomatis mendeteksi scene dan mengoptimalkan pengaturan untuk kualitas gambar yang lebih baik. Selain itu, mode portrait-nya dilengkapi dengan banyak fitur termasuk intensitas bokeh mulai dari f1.0, rangkaian face retouching, dan juga body retouching.

Ini contoh bidikan yang diambil pakai kamera Phantom Flip:

 

Untuk perekam videonya, kamera utama dapat menghasilkan rekaman video hingga 4K pada 30fps atau 1080p hingga 60fps. Sementara, kamera depannya dapat memberikan video 2K 30fps atau 1080p hingga 60fps. Lewat mode film, tersedia banyak template video pendek dengan transisi menarik.

Hardware dan Performa

Hardware dan Performa | Review Tecno Phantom V Flip 5G

Dalam hal performa, Phantom V Flip 5G belum ditenagai chipset kelas flagship dan masih menjalankan HIOS 13.5 berbasis Android 13. Meski begitu, chipset MediaTek Dimensity 8050 yang tertanam sudah tergolong powerful untuk kegiatan harian maupun bermain game.

SoC ini dibuat pada proses fabrikasi 6 nm, punya CPU octa-core dengan konfigurasi 1x Cortex-A78 dengan kecepatan clock hingga 3.0 GHz, 3x Cortex-A78 pada 2.6 GHz, dan 4x Cortex-A55 2.0 GHz, serta GPU Mali-G77 MC9.

Tenaganya ditopang RAM LPDDR4X berkapasitas 8GB dengan fitur MemFusion untuk RAM virtual hingga 8GB tambahan. Ruang penyimpanannya lega 256GB dengan tipe UFS 3.1 tanpa dukungan slot microSD. Berikut hasil benchmark-nya:

Hasil-Benchmark-1

  • Geekbench 6 Single-core 1.110 dan 2.441 Multi-core
  • Geekbench 6 GPU 4.450
  • PCMark Work 3.0 14.636
  • 3DMark Wild Life 4.562
  • 3DMark Wild Life Extreme 1.306
  • 3DMark Steel Nomad Light 452

Saya bermain beberapa match game Honor of Kings dan terasa lancar tanpa kendala. Di pengaturan game MOBA terbaru ini, tersedia opsi fps hingga level ultra dan resolution hingga tingkat ultra.

Dengan kapasitas baterai 4.000 mAh, masa pakainya juga sedikit lebih singkat dibandingkan dengan kebanyakan smartphone saat ini yang punya 5.000 mAh. Meskipun sudah didukung fitur pengisian daya cepat 45W yang dapat mengisi 50% dalam 15 menit, kemungkinan besarnya Anda tetap akan butuh powerbank buat jaga-jaga.

Verdict Review Tecno Phantom V Flip 5G

Verdict Review Tecno Phantom V Flip 5G

Tidak banyak pilihan smartphone foldable flip yang tersedia di pasar Indonesia, yang pasti ada pemain utama seperti Samsung Galaxy Z Flip5 dan penantangnya OPPO Find N3 Flip. Keduanya berada pada rentang harga yang sama yaitu sekitar 13-14 jutaan. Sementara, Tecno masuk dengan Phantom V Flip 5G yang harganya dibawah 10 juta.

Dalam hal desain, Tecno sudah mengerjakannya dengan baik dan detail-detailnya juga mengesankan, kesan premium dan futuristiknya sangat kental. Tentu saja, masih banyak yang perlu ditingkat lagi pada generasi selanjutnya, terutama pada sisi ketahanan dan cover screen yang lebih besar. Kalau soal spesifikasi, Phantom V Flip 5G berbanding lurus dengan harganya.

Bagaimana tertarik menjajal smartphone lipat sebagai daily driver di tahun 2024? Atau sabar menunggu lebih lama lagi, melihat perkembangannya ke depan, dan siapa tahu akan tersedia smartphone lipat di kelas menengah dengan harga yang lebih terjangkau lagi.

Sparks

  • Smartphone lipat dengan pengalaman unik
  • Desain premium dan sangat compact saat terlipat
  • Punya panel LTPO AMOLED 6,9 inci FHD+ 120Hz HDR10+
  • Kamera utama 64MP dengan sensor ISOCELL GW1
  • Ditenagai chipset MediaTek Dimensity 8050 yang powerful

Slacks

  • Ukuran screen cover kecil dan fitur terbatas
  • Kamera tanpa OIS
  • Kapasitas baterai agak kecil 4.000 mAh
Previous Story

Review Main Game, Push Rank Honor of Kings di Poco F6 

Infinix GTBOOK
Next Story

Laptop Gaming Infinix GTBOOK akan Segera Tersedia di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Review Infinix Note 40 Racing Edition, Desain Eksklusif Racikan BMW Designworks

Review Infinix Note 40 Racing Edition, Desain Eksklusif Racikan BMW Designworks

Bagi yang menyukai gadget unik, varian spesial dari Infinix Note
Unboxing CMF Phone 1

Impresi Pertama CMF Phone 1: Gegas, Modular dan Menyenangkan!

Tulisan berikut ini adalah tulisan tamu oleh Aryo Meidianto –