23 February 2022

by Wiku Baskoro

[Review] SanDisk MicroSDXC Edisi Apex Legends untuk Nintendo Switch, Desain Keren dan Kecepatan Cukup

Bisa jadi pilihan untuk Anda pengguna Switch dan penggemar Apex Legends

Salah satu perlengkapan tambahan baru mereka yang memilih untuk membeli game digital di Nintendo Switch adalah penyimpanan eksternal. Ini salah satunya dikarenakan penyimpanan internal Switch yang memang terbatas, jadi bisa dibilang tidak memungkinkan jika ingin menyimpan semua game yang telah diunduh ke penyimpanan internal saja. 

Salah satu microSD yang punya edisi khusus untuk pengguna Switch adalah SanDisk, dengan MicroSDXC edisi Apex Legends mereka. Produk ini bisa dibilang ingin menyasar dua jenis gamer utama, yaitu yang menyukai Apex Legends dan atau yang bermain game ini di Nintendo Switch alih-alih di platform lain. 

Bahan desain dan edisi khusus

Salah satu yang paling menarik dari perangkat ini bagi saya adalah branding edisi spesial Apex Legend. Baik ‘kotak’ sampai dengan microSD-nya sendiri cukup mencirikan game Apex Legends. Bahkan saya sampai agak kurang tega ketika harus menggunting bagian atas pembungkus microSD ini untuk mengeluarkan perangkat. 

Detail game Apex juga cukup tampil di bagian depan microSD dengan logo khas Apex. Tidak lupa branding Nintendo Switch juga cukup melekat di sisi desain karena memang microSD SanDisk ini mendapatkan 'restu' dari kedua pemegang merek ini. 

Dari sisi desain memang tidak banyak yang bisa dibicarakan kecuali penempatan branding Apex Legends dan Nintendo Switch yang menjadikan edisi ini cukup spesial terutama buat penggemar dua merek ini. Sisanya, layaknya microSD card dari SanDisk lainnya, tampilannya serupa. 

Spesifikasi di atas kertas

Untuk spesifikasi di atas kerta, saya mengutip dari situs resmi produk SanDisk microSDXC verisi Apex Legends untuk Nintendo Switch ini membawa ruang penyimpanan 128GB dengan kecepatan di atas kertas adalah 100MB/detik untuk baca dan untuk write atau tulis adalah 90MB/detik. Namun angka ini ternyata bisa dilampaui ketika saya uji. Tentang pengalaman uji akan di bahas di poin berikutnya.

Untuk dimensi perangkat sendiri, layaknya microSD lainnya ukuran lengkap adalah 1.02mm x 14.99mm x 10.92mm. Ruang penyimpanan unit yang saya review adalah 128GB. 

Uji spesifikasi dan pengalaman penggunaan 

Ada hal menarik yang terjadi ketika melakukan uji kecepatan dengan perangkat lunak CrystalDiskMark. Saya mencoba menguji dua kali dan mendapatkan kecepatan yang di atas angka yang tertera di situs resmi SanDisk. Baik untuk baca maupun tulis semuanya di atas angka resmi. Padahal sudah ada file game Apex Legends yang sempat saya pindahkan, dan biasanya kalau microSD tidak kosong kecepatannya agak berkurang sedikit. 

Untuk alat uji yang saya gunakan adalah, laptop AsusPro dengan microSD card reader type A dari merek lain bukan SanDisk, lalu colokan Type A di laptop USB 3.1 Gen 2 serta aplikasi CrystalDiskMark 8.

Sedangkan untuk Nintendo Switch yang saya gunakan adalah Switch versi pertama.

Hasil dua kali uji yang saya lakukan adalah sebagai berikut: 

Selain itu saya juga mencoba untuk memindahkan game dari penyimpanan internal Nintendo Switch saya ke microSD, dan memindahkan file sebesar kurang lebih 24.2GB membutuhkan waktu kurang lebih 12 menit. 

Untuk pengalaman saat bermain juga hampir tidak ada masalah dan lancar. Proses loading, berganti menu dan pengalaman bermain tidak menemukan kendala. Saya mencoba dua game, Apex Legends yang saya pindah dari internal ke microSD serta NBA 2K 21 yang saya unduh langsung dari toko aplikasi Nintendo. 

Kesimpulan

Dari sisi kecepatan sebenarnya microSD ini tidak terlalu istimewa, setidaknya ada perangkat lain yang dipertuntukkan bagi Switch yang lebih tinggi fungsi membaca dan menulisnya, namun untuk pengguna Switch generasi pertama seperti saya, sebenarnya kecepatan maksimal atau lebih dari 100MB/s untuk membaca sudah cukup. Kecuali jika Anda ingin menggunakan microSD ini untuk keperluan di luar penyimpanan internal game di Switch.

Karena ini adalah edisi khusus, tentu salah satu yang menjadi keunggulan adalah desain. Saya menyukai Apex Legends meski sebenarnya lebih sering bermain di mobile (ketika game tersedia saat masa uji coba beberapa waktu lalu) bukan di PC, konsol atau handheld. Dan desain yang dihadirkan SanDisk ada cukup menyenangkan.

Satu hal yang agak menggangu sebenarnya tidak berhubungan dengan sisi teknis. Pembungkus microSD SanDisk itu kalau mau dibuka, Anda harus menyobek bagian atas. Tidak ada cara mudah lain untuk mengeluarkan microSD tanpa menyobek bungkus. Jadi jika Anda ingin mengoleksi bungkus dari edisi Apex Legends ini, Anda harus sedikit cari cara dan cukup teliti. Agar tidak ada bagian bungkus yang rusak dan bisa dipajang di rak bersama koleksi Anda yang lain.