Dark
Light

Review realme C67: Entry Level Pertama dengan Snapdragon 685 dan Kamera 108 MP

6 mins read
December 19, 2023

Pada awal tahun 2023, realme selalu menggaungkan strategi mereka yang tidak akan meluncurkan perangkat jika tidak memasukkan teknologi baru. Hal tersebut ternyata masuk ke dalam perangkat kelas C mereka yang ditujukan untuk pasar entry level. Benar saja, kali ini smartphone yang bernama realme C67 hadir di Indonesia dengan 2 pembaruan yang spesial. Apa saja yang baru dari perangkat ini?

Perangkat yang sudah saya gunakan selama lebih dari 1 minggu adalah yang pertama meluncur dengan SoC Snapdragon 685 di rentang harganya. SoC yang satu ini merupakan versi lebih kencang dari Snapdragon 680 yang cukup terkenal karena digunakan pada banyak perangkat. Hal ini juga merupakan tonggak kembalinya Snapdragon ke seri C di Indonesia.

Selain itu, realme C67 juga yang pertama menggunakan kamera 180 MP dengan sensor ISOCELL HM6 yang dibawa realme ke kelas entry level. Sensor yang digunakan juga pada banyak smartphone mainstream kelas menengah ini akhirnya sudah bisa dirasakan oleh mereka yang ada di kelas pemula. realme sendiri menyebut perangkat ini sebagai New Champion yang bakal menjuarai kelas entry level.

Untuk spesifikasi lebih lengkap dari perangkat ini, bisa dilihat pada tabel berikut

Spesifikasi Realme C67 NFC
SoC Qualcomm Snapdragon 685
CPU 4×2.8 GHz Cortex-A73 + 4×1.9 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 610
RAM 8 GB LPDDR4x
Internal 128 GB / 256 GB
Layar 6,72 inci 2400×1080 90 Hz IPS
Dimensi 165.7 x 76 x 7.9 mm
Bobot 179 gram
Baterai 5000 mAh 33 watt charger SuperVooc
Kamera 108 MP / 16 MP utama, 2 MP B/W, 8 MP Selfie
OS Android 14 realmeUI

Untuk hasil dari DevCheck serta SensorBox bisa dilihat pada gambar berikut ini:

Dapat dilihat di atas, realme C67 diluncurkan langsung dengan sistem operasi Android 14. Hampir semua yang diluncurkan pada akhir tahun 2023 ini masih menggunakan Android 13.

Unboxing Review realme C67

Inilah yang akan ditemukan di dalam kotak paket penjualan realme C55 NFC. Realme sudah memberikan charger 33 watt SuperVOOC langsung di dalam paket penjualannya. Selain itu, terdapat back case, kabel USB-C, dan SIM tray pin.

Desain

Pada kesempatan kali ini, saya kebetulan mendapatkan unit dengan warna kesukaan saya yang bernama Black Rock. realme C67 menghadirkan konsep desain perpaduan garis tekstur yang cerah dan cincin mengilap yang mengelilingi lensa kamera di bagian belakang. Proses pelapisan gradien tiga warna setebal 420nm yang menghadirkan efek cahaya tiga dimensi. Topografi tekstur garis pada bagian belakang memberikan efek garis yang mengalir dinamis ketika smartphone sedikit diputar.

Bagian kamera pada perangkat ini memiliki desain dengan 2 bundaran besar. Masing-masing dari bundaran tersebut terdapat 1 kamera dengan yang atas adalah kamera utama dan yang bawah adalah kamera B/W. Lampu LED ada pada sisi sebelah kanan dari kedua bundaran tersebut.

Layar perangkat ini menggunakan panel IPS 90Hz dengan dimensi 6,72 inci dan resolusi 2400×1080. Model layarnya menggunakan punch hole yang berisikan kamera depan. Dari punch hole ini, realme memiliki fitur mini capsule 2.0 yang akan menampilkan notifikasi pengisian baterai, statistik langkah, musik, cuaca, dan event kalender. realme sendiri berjanji fungsinya akan ditambah lagi di masa depan. realme menghilangkan penggunaan bingkai plastik di sekeliling layar yang membuatnya seperti flagship karena lebih tipis.

realme C67 memiliki fungsi NFC 360° yang bisa mendeteksi perangkat NFC dari sudut mana saja. Selain itu, perangkat ini juga memiliki pemindai sidik jari pada bagian kanannya. Perangkat ini merupakan seri C pertama yang sudah mengantongi sertifikasi IP54 sehingga tahan terhadap debu dan cipratan air.

Pada bagian kiri dari realme C67 NFC dapat ditemukan slot SIM dan microSD. Untuk bagian kanannya, terdapat tombol volume serta power yang tergabung dengan sensor fingerprint. Pada bagian bawahnya dapat ditemukan speakerslot USB-C, microphone, serta audio 3,5 mm. Speaker kedua ditemukan pada bagian atas yang dipakai pula untuk menerima telepon.

Sistem operasi yang dimiliki oleh perangkat yang satu ini sudah memakai Android 14 dengan realmeUI. Hal ini menandakan bahwa realme kembali menggunakan versi Android yang lebih pure jika dibandingkan dengan perangkat mainstream-nya. Walaupun begitu, realme C67 juga memiliki Dynamic RAM Expansion yang akan menambah cache RAM hingga 8 GB, menjadi 16GB.

Konektivitas dan jaringan

Realme C67 NFC menggunakan chipset Snapdragon 685 yang mendukung hingga jaringan 4G LTE. Modem Snapdragon X11 membuat realme C67 memiliki LTE dengan kategori 13, di mana dapat melakukan download hingga 390 Mbps. Fasilitas lain seperti 2x carrier aggregation juga sudah bisa dinikmati pada perangkat ini.

Smartphone ini sudah mendukung bandwidth 1, 3, 5, 8, 38, 40, dan 41 untuk jaringan 4G LTE-nya. Hal ini tentu saja membuat realme C67 bisa terkoneksi dengan semua operator yang ada di Indonesia. Namun saat bepergian keluar negeri, sebaiknya Anda cek dulu jaringan 4G yang ada di negara yang akan dituju.

Untuk konektivitas WiFi, realme C67 sudah bisa terkoneksi dengan WiFi 5 atau yang dikenal dengan 802.11 AC. Tentunya perangkat ini sudah bisa terhubung dengan jaringan 5 GHz dari sebuah router WiFi yang lebih kencang dari 802.11n. Kecepatannya sendiri tentunya juga lebih kencang dari WiFi pada jaringan 2.4 GHz. Untuk bluetooth, perangkat ini sudah mendukung versi 5.1.

Kamera: Entry Level Pertama dengan ISOCELL HM6

realme C67 adalah smartphone entry level pertama yang menggunakan ISOCELL HM6 dari Samsung. HM6 sendiri sudah menggunakan algoritma nonapixel 9 in 1 yang sudah ditingkatkan. ISOCELL HM6 memiliki piksel dengan ukuran 0,64µm serta efektif pada 1.92µm dan 123% aperture yang lebih cepat. Hasilnya, sensor ini mampu menghasilkan gambar 12 MP atau 108 MP.

realme C67 menggunakan Snapdragon 685 yang memiliki Image Signalling Processor (ISP) Spectra 346. Ternyata Qualcomm Spectra 346 yang ada sudah ditingkatkan untuk bisa mengakses resolusi 108 MP jika dibandingkan pada Snapdragon 680. Perangkat ini juga memiliki teknologi 3x In-sensor Zoom yang memanfaatkan 12 juta piksel di bagian tengah sensor 108MP sehingga mampu mengambil gambar lossless.

Gambar yang dihasilkan pada perangkat ini memang bagus dan tajam. Warna yang tertangkap sepertinya memiliki kontras yang cukup tinggi dan saturasinya sedikit lebih tinggi. ng tertangkap sepertinya memiliki kontras yang cukup tinggi dan saturasinya sedikit lebih tinggi. Keberadaan noise pada keadaan gelap memang sulit untuk dihindari. Namun begitu, realme C67 terbilang unggul untuk mengatasi masalah ini dibanding kompetitor di segmen harganya.

Saya juga mencoba membandingkan foto zoom 3x dan tanpa zoom. Walaupun hasil zoom terlihat adanya sedikit penurunan kualitas terutama pada bagian warna, namun hasil seperti ini sudah sangat baik untuk sebuah perangkat entry level. Tentunya hal ini akan sangat berguna untuk beberapa pengguna.

Untuk kamera selfie, hasilnya cukup baik. Namun hindari penggunaan pada malam hari karena tingkat ketajamannya akan menurun.

Pengujian

realme C67 menggunakan chipset baru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 680. Dilihat dari spesifikasinya, ternyata SoC ini masih menggunakan basis prosesor lawas Cortex A73 (Kryo 265 Gold) pada sisi performanya dan Cortex A53 (Kryo 265 Silver) pada sisi efisiensinya. Cortex A73 yang terpasang memiliki kecepatan 2,8 GHz dan Cortex A53-nya pada clock 1,9 GHz. GPU yang terpasang adalah Adreno 610.

Bermain Game

Terus terang, perangkat ini sendiri saya baru gunakan selama 8 hari. Jadi saya belum bisa mendapatkan pengalamannya secara lengkap karena terlalu dini untuk bisa mendapatkan feel-nya. Namun pada saat mengisi baterainya, saya hanya sempat mencoba 1 game saja – Genshin Impact. Game ini hanya dimainkan beberapa saat saja untuk mengetahui berapa framerate yang didapatkan.

Saya menyarankan untuk menggunakan profile lowest untuk bermain game yang satu ini. Hal tersebut bisa membuatnya bisa berjalan pada rata-rata framerate 32 fps. Untuk mengukur framerate, saya menggunakan aplikasi GameBench yang akurat dalam menghitung frame per detiknya.

Benchmark Sintetis

Dengan menggunakan Snapdragon 685 yang memang ditujukan untuk kelas mainstream, seharusnya perangkat ini akan kencang. Oleh karena itu, saya menguji perangkat ini dengan beberapa aplikasi benchmark yang sering digunakan pada setiap artikel review. Berikut adalah hasilnya.

Hasil yang ada membuat saya yakin bahwa perangkat ini bakal bisa digunakan tanpa masalah untuk bekerja. Hal tersebut berdasarkan hasil benchmark yang sudah saya lakukan pada perangkat ini. Apalagi untuk hiburan, perangkat ini tidak akan memiliki masalah dalam memainkannya.

Uji Baterai: Seharian Penuh!

Untuk menguji baterai dengan kapasitas 5000 mAh akan menguras banyak waktu. Itu pun belum tentu hasilnya akan sama dengan skenario penggunaan sehari hari. Tentunya saat tidak bermain game, biasanya sebuah  smartphone akan dipakai untuk menonton video.

Saya menggunakan PCMark Work 3.0 Battery Life yang hasil pengujiannya ternyata mirip dengan uji MP4. PCMark mencatatkan waktu 20 jam 20 menit pada perangkat yang satu ini. Setelah itu, perangkat saya kosongkan hingga 1% dan melakukan pengisian ulang dengan charger bawaan. Hasilnya adalah baterai bisa terisi penuh dalam waktu sekitar 64 menit.

Verdict Review realme C67

realme C67 membuktikan bahwa sebuah smartphone entry level tidak harus membosankan dengan teknologi lama yang ‘itu-itu saja’. Hal ini dibuktikan dengan disematkannya beberapa fitur baru yang tadinya hanya ditemukan pada perangkat mainstream atau yang berada di kelas harga yang lebih tinggi.

Kinerja yang dimiliki oleh perangkat yang satu ini memang mumpuni untuk digunakan sehari-hari. Hal tersebut tentu saja berkat Snapdragon 685 baru yang terpasang didalam realme C67. Dan kinerja seperti ini akan bisa terus digunakan selama seharian penuh karena daya tahan baterainya yang panjang.

Kamera utamanya menggunakan sensor 108 MP yang merupakan Samsung ISOCELL HM6. Dengan sensor tersebut, perangkat ini mampu mengambil gambar dengan cukup baik. Dan realme memiliki kebiasaan untuk memperbaiki kualitas fotonya setelah beberapa firmware update sehingga akan menjadi lebih baik lagi di masa depan.

Realme menjual perangkat C67 dengan konfigurasi 8/128 GB ini dengan harga Rp. 2.599.000. Bagi yang merasa kapasitas penyimpanannya kurang besar, ada pula konfigurasi 8/256 GB dengan selisih Rp. 400.000. Dengan fitur yang lebih baru, kinerja yang mumpuni, serta banyaknya fitur baru yang disajikan, tentu saja harga tersebut akan terasa lebih terjangkau.

realme akan mengadakan Early Bird Sale untuk realme C67 khusus varian memori 8GB+8GB*|128GB pada 19-21 Desember 2023 mulai pukul 18:00 WIB secara online di Shopee, Akulaku, dan realme.com, dengan penawaran khusus meliputi gratis voucher belanja Rp100.000, paylater dengan bunga 0%, promo bank up to Rp100.000, hingga gratis biaya pengiriman, syarat dan ketentuan berlaku. realme C67 varian 8GB+8GB*|128GB akan tersedia di seluruh Indonesia mulai 27 Desember 2023.

realme C67 varian memori 8GB+8GB*|256GB akan tersedia melalui skema pre-order pada 19 Desember 2023 – 4 Januari 2024 pada platform penjualan online dan offline realme, serta toko mitra resmi. realme C67 (8GB+8GB*|256GB) akan tersedia di seluruh Indonesia mulai 5 Januari 2024.

Nikmati juga layanan purnajual khusus realme C67 seperti diskon 20% untuk realme Care, 1 Hour Service, gratis anti gores, Service Day tanggal 16-18 setiap bulan, dan gratis biaya antar jemput.

 

Disclosure: Artikel ini didukung oleh Realme. Review dilakukan secara objektif dengan mencoba perangkat secara langsung.

Dimas Galih W.

Tempat bertanya segala macam spesifikasi teknis, suka banget GCam, review gadget dan PC adalah koentji. Hampir 95% foto yang saya terbitkan menggunakan GCam.

Previous Story

OPPO Find N3 Kompatibel dengan OPPO Pen, Hadirkan Pengalaman Penuh Ponsel Lipat

2-Verry-Octavianus-MX-Product-Marketing-Senior-Manager-Samsung-Electronics-Indonesia-memperkenalkan-teknologi-baru-terbosan-Samsung-Galaxy-AI
Next Story

Selain AI Generatif, Sekarang Waktunya Para Gen Z Memanfaatkan AI On-device di Smartphone

Latest from Blog

Don't Miss

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Smartphone V30 Series dari vivo pertama kali dirilis di Indonesia

realme Rilis C63, Punya Kamera 50MP dan Fitur Pengisian Daya Cepat

realme meluncurkan smartphone baru, yaitu realme C63. Salah satu fitur