5 December 2022

by Wiku Baskoro

Review Razer Kraken X, Headphone Ringan untuk Konsol 

Kraken X hadir dengan tipe over the ear dan microphone yang bisa ditekuk

Razer Kraken X adalah salah satu headphone keluaran Razer yang diperuntukkan bagi pengguna konsol yang ingin memiliki headphone untuk menemani kegiatan bermain mereka. Seperti apa fitur dari headphone ini? Yuk kita simak. 

Razer X for Console hadir dengan tipe headphoneover the ear dengan bentuk oval yang artinya menutupi telinga pengguna. Headphone ini hadir dengan bahan sebagian besar dari plastik dengan efek jaring seolah-olah meniru desain metal. 

Untuk spesifikasi atau fitur bawaan dari perangkat sendiri, Razer Kraken X for Console hadir dengan drivers 40mm yang sudah di-tunes secara khusus oleh Razer. Dengan dukungan frekuensi 12 Hz – 28 kHz, Impedance 32 Ohm (1 kHz) dan sensitivitas 109 dB (1 kHz). 

Lalu untuk berat sendiri berkisar hanya 250g sedangkan dari sisi earpads hadir dengan foam cusions yang cukup tebal dan empuk, lalu padding di bagian gagang untuk kepala serta gagang headphone yang memiliki tingkat kekuatan tersendiri agar bisa menekan ke telingat dengan cukup pas. 

Selain itu, Kraken X juga dilengkapi mic yang bisa ditekuk, dengan hasil suara cardioid patern sehingga merekam suara fokus dari mulut saja. Ada dua button di bagian belakang kiri earcups, yang pertama adalah untuk mute mic dan satu lagi adalah volume dengan bentuk slider bulat. 

Untuk fitur dari body headphone secara keseluruhan sendiri sebenarnya tidak ada yang istimewa karena hampir semuanya menggunakan bahan plastik. Sebenarnya bisa cukup diterima mengingat harga dari headphone ini juga cukup terjangkau. Namun karena unit yang saya coba berwarna putih, efek seperti besi yang ada di bagian luar earcaps jadi terlihat kurang bagus. Saya menyarankan untuk membeli warna hitam jika ingin memiliki headphone ini. 

Di sisi lain, dengan bahan plastik yang digunakan, Kraken X jadi headphone yang ringan, cukup cocok dengan segmen yang ingin disasar perangkat ini yaitu gamers konsol. Untuk bahan earpads dan padding di bagian penahan kepala saya tidak menemukan keluhan karena cukup empuk dan nyaman. 

Betuk over the ear dari earcups di Kraken X juga cukup menyenangkan, suara yang dihasilkan jadi terasa luas karena bentuknya yang lebih lias dari telinga. Untuk kekedapan suara sendiri, juga cukup baik karena memang tidak ada fitur ANC namun padding yang ada cukup bisa mengurangi sedikit suara dari luar.

Untuk kabel headphone sendiri, Kraken X menggunakan colokan jack audio 3.5 mm, karena saya menggunakan PS4 maka penggunaannya tinggal mencolokkan di-stik. Kraken X ini juga, meski dalam materi promo ditujukan untuk gamers konsol, sebenarnya bisa digunakan juga untuk gamers PC atau bahkan gamers mobile. Asal ada colokan atau adapter untuk jack 3.5 mm. Dalam kotak penjualan, Razer juga menyertakan kabel tambahan, yaitu kabel untuk audio stereo - mic spliter

Untuk kualitas suara sendiri, sebenarnya cukup untuk kelasnya. Saya menguji tidak hanya dengan bermain game tetapi juga dengan mendengarkan audio dari PC via Youtube Music premium pengaturan kualitas audio high

Audio yang dihantarkan terasa cukup merata dengan bass yang sama sekali tidak berlebihan. Saya mencoba memainkan beberapa game antara lain FIFA 23, Tony Hawk Pro Skater 1+2 dan Hot Wheels Unleashed. Untuk game FIFA 23 saya ingin mendapatkan suasana stadion serta lagu dari soundtrack yang ada. Untuk game Tony Hawk agak mirip, untuk mendapatkan pengalaman detail suara kick flip dan soundstrack. Sedangkan untuk game satu lagi, adalah untuk mendapatkan elemen rush saat balapan. 

Ketika game ini bisa cukup dinikmati dengan Kraken X. Soundtrack atau musik latar bisa dinikmati dengan baik, termasuk juga detail dalam game, seperti suara chant penonton saat pertandingan FIFA 23, atau suara skateboard atau suara efek boost saat ngegas di game Hot Wheels. Tidak wah memang suaranya tetapi cukup all around dan bisaa mendapatkan pengalaman yang baik. 

Sama juga ketika mencoba Kraken X ini untuk mendengarkan musik. Suaranya terdengar cukup merata dan cukup. Tidak ada rasa berlebihan yang didapatkan tetapi bisa memberikan audio yang dinikmati. Bassnya cukup, detail juga cukup, suara vokal juga cukup. 

Selain ringan, salah satu kelebihan dari sisi audio yang saya rasakan adalah suara yang hadir terasa nyaman, bisa jadi salah satunya karena desain earcup yang oval dan cukup lebar, jadi suara terasa hadir terasa cukup menyeluruh. 

Razer Kraken X untuk konsol dijual US$49.99 kalau melihat situs resmi Razer. Pantauan di toko online untuk harga rupiahnya kurang lebih 699 ribu.