Review MSI Titan GT77: Laptop Gaming Desktop Replacement Sultan dengan Core i9 12900HX dan RTX 3080 Ti

Sebuah laptop gaming untuk para sultan hadir dari MSI dengan Alder Lake 12900HX dan RTX 3080 Ti

Begitu banyak laptop gaming di pasaran yang mengaku menjadi yang terbaik. Namun, jika laptop gaming tersebut belum memiliki harga yang mendekati harga sebuah mobil, berarti spesifikasinya belum lah yang tertinggi. Salah satu laptop gaming yang harganya hanya mampu dibeli oleh para sultan datang dari MSI. Nama dari laptop gaming tersebut adalah MSI Titan GT77.

Pada perangkat ini sendiri, MSI memiliki sasaran para sultan atau mereka yang memiliki ekonomi tinggi di umur 28 - 40 tahun. Di antaranya adalah para gamers yang membutuhkan performa bermain yang paling tinggi. Selain itu, mereka yang butuh kombinasi antara software dan hardware untuk solusi terkoneksi ke Metaverse juga menjadi perhatian MSI. Terakhir, para power users dan pembuat konten yang butuh kinerja tinggi.

Oleh karena bentuknya yang cukup besar serta sangat tebal, laptop gaming seperti MSI Titan GT77 kerap disebut desktop replacement atau pengganti desktop. Laptop yang satu ini sudah menggunakan prosesor Intel Core i9-12900HX yang merupakan seri tertinggi untuk digunakan pada sebuah laptop. Untuk kartu grafisnya, laptop gaming ini juga sudah menggunakan NVIDIA GeForce RTX 3080Ti yang juga paling kencang untuk digunakan pada sebuah notebook.

Layar dari laptop ini menggunakan panel IPS (well, IPS level sih) yang mendukung resolusi 4K dengan refresh rate 120 Hz.

SpesifikasiMSI Titan GT77
ProsesorIntel Core i9-12900HX (8P/8E/24T) 2,39 GHz Turbo 5 GHz
GPUNVIDIA GeForce RTX 3080Ti
RAM64 GB DDR5 4800 MHz Dual Channel
StorageSSD PCIe NVMe 2 TB
Monitor17,3 inci 3840x2160 120 Hz  IPS-Level
OSWindows 11
Bobot3,3 Kg
Dimensi397 x 330 x 23 mm
Baterai99 WHr, 4 Cell

Untuk hasil dari CPU-Z dan GPU-Z bisa Anda lihat di bawah ini

Charger

Tentu saja charger dari laptop yang satu ini cukup besar, namun hanya terdiri dari 1 saja. Charger ini memiliki total daya hingga 330 watt untuk yang bisa diandalkan untuk memberikan daya kepada prosesor dan kartu grafis yang memakai hingga 175 watt. Untungnya, saya mendapatkan kabel dengan kepala standar Indonesia.

Desain

Laptop ini memiliki badan yang terlihat cukup tebal, namun sebenarnya cukup ramping jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya. Untuk badan dari laptop ini sendiri terbalut dengan bahan yang terbuat dari plastik polikarbonat. Tubuhnya sendiri memanjang ke belakang dengan ventilasi yang dihiasi lampu RGB. Sayangnya, finishing dari laptop ini cukup ramah terhadap sidik jari sehingga bakal mudah menempel saat tersentuh jari.

Layar dengan dimensi 17,3 inci ini menggunakan tipe panel IPS-Level. Resolusi yang dimiliki adalah 3840 x 2160 dengan refresh rate 120 Hz. Layar ini juga sudah mendukung gamut 100% DCI-P3. Dan bingkai yang dimiliki oleh MSI Titan GT77 ini pada bagian kanan, kiri dan atasnya di desain lebih tipis dari bagian bawahnya yang memang cukup tebal. Terdapat sebuah webcam yang sayangnya masih memiliki resolusi 720P pada bingkai bagian atas dari layarnya.

Untuk keyboard yang ada pada MSI Titan GT77 menggunakan tipe Mechanical dengan switch Cherry MX yang menurut saya cukup nyaman dipakai untuk bermain gameKeyboard ini sendiri sudah menggunakan LED backlit dengan warna warni RGB dengan desain full. Pada bagian bawahnya terdapat sebuah touchpad yang cukup besar dan mendukung gesture dari Windows 11. Pada bagian kanan dari touchpad ini bisa ditemukan sensor pemindai sidik jari.

Selain switch Cherry MX, MSI juga bekerja sama dengan SteelSeries untuk Nahimic. MSI Titan GT77 memiliki 2 speaker yang ditemani dengan 2 woofer sehingga suaranya cukup ngebass. Dan selain pada keyboard, warna warni RGB juga bisa ditemukan pada kisi-kisi pada ventilasi belakangnya. Hal ini tentu membuat laptop ini makin terlihat lebih keren.

Pada bagian kiri dari laptop ini dapat ditemukan port power, 2 USB-A 3.2 Gen 2, SDCard reader, dan audio 3,5 mm. Lalu pada bagian kanannya terdapat port USB-A 3.2 Gen 2, 2 Thunderbolt 4, mini Display Port, HDMI, dan LAN. Untuk bagian belakangnya, terdapat ventilasi pembuangan udara yang cukup besar yang akan cukup panas saat putaran kipas dimaksimalkan.

Laptop ini sudah menggunakan sistem operasi Windows 11 Home. MSI juga sudah menyediakan sejumlah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur lampu RGB, performa, serta putaran kipas. Selain itu, masih ada beberapa fungsi lainnya yang bisa dilakukan dengan menggunakan MSI Center.

Pengujian

Sayangnya, waktu peminjaman dari perangkat ini sangat singkat, hanya sekitar 5 hari kerja saja. Jadi, pengujian yang dilakukan tidak bisa dilakukan secara menyeluruh. Seperti misalnya menguji dengan menggunakan grafis terintegrasinya yang memiliki daya rendah.

MSI Titan GT77 menggunakan prosesor Intel Core i9-12900HX. Prosesor tersebut memiliki 8 performance core dan 8 efficient core dengan total 24 threads yang  kecepatan 2,3 GHz pada P-Core dan 1,7 GHz pada E-Core serta saat Turbonya menyala akan mencapai kecepatan 5 GHz pada P-Core dan 3,6 GHz pada E-Core. Prosesor ini menggunakan proses pabrikasi 10 nm dari Intel yang dikenal dengan nama Intel 7 dan memiliki TDP 55 watt.

Grafis discrete yang digunakan pada laptop ini adalah NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti. Daya pada kartu grafis ini sendiri dapat ditingkatkan hingga 175 watt dengan 1640 MHz boost clock. Dengan menggunakan MSI OverBoost, total daya yang digunakan pada CPU dan GPU bisa mencapai hingga 250 watt.

Review laptop MSI Titan GT77 untuk bermain game

Oleh karena ditujukan untuk pasar gaming, tentu saja perangkat ini saya uji dengan menggunakan game. Namun selain itu, saya juga menggunakan beberapa software benchmark yang memang khusus ditujukan untuk mengukur kinerja kartu grafis saat digunakan untuk bermain game. Perpaduan antara Intel Core i9 12900HX yang ditambah NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti seharusnya menghasilkan sebuah kinerja yang sangat baik.

Terus terang, saya belum memiliki pembanding pada level kinerja yang sama untuk prosesor yang satu ini. Saya menggunakan beberapa game dalam menguji perangkat yang satu ini. Tentu saja, semua pengujian saya lakukan dengan memasang profile setting yang paling tinggi. Game yang saya gunakan dicoba pada resolusi 4K dan juga 1080p.

Berikut adalah hasil benchmark dalam review laptop MSI Titan GT77

Produktivitas dengan Sintetis

Tidak hanya cocok untuk bermain game, namun laptop ini juga bisa digunakan oleh mereka yang sering melakukan editing video dan gambar. Hal tersebut dikarenakan spesifikasi yang terpasang pada laptop ini sudah pasti mumpuni untuk mengerjakan semua pekerjaan tersebut. Apalagi, sebuah laptop gaming biasanya menggunakan prosesor seri tinggi.

Semua itu tergambar pada benchmark sintetis yang saya lakukan pada review laptop MSI Titan GT77 kali ini. CineBench dan GeekBench akan melakukan perhitungan kinerja dari prosesor Intel Core i9-12900HX. Selain kedua benchmark tersebut, saya juga menggunakan PCMark 10 sebagai pengukur kinerja komputer untuk digunakan dalam bekerja sehari-hari.

Berikut adalah hasil dari benchmark tersebut

Pengujian Baterai dalam review laptop MSI Titan GT77

Hybrid.co.id menguji laptop yang satu ini berdasarkan berapa lama sebuah perangkat bisa menonton file video 1080p dengan container file MP4. Perlu diketahui bahwa tidak satu tes baterai pun yang mampu memberikan hasil yang sama dengan penggunaan sehari-hari. Hanya saja, sebuah riset pernah dilakukan untuk mengukur pemakaian sebuah laptop.

Hasilnya, untuk nonton video, laptop yang satu ini ternyata bisa bertahan selama 5 jam 48 menit. Tentu saja saat digunakan dalam menggunakan Office ringan, hasilnya bisa jadi lebih lama. Tetapi jika digunakan untuk melakukan rendering video dan bermain game, sepertinya akan lebih cepat habis.

Verdict

Orang dengan kasta ekonomi yang tinggi serta perusahaan-perusahaan besar tentu saja ingin memiliki laptop yang punya spesifikasi paling tinggi dan lengkap. Hal tersebut biasanya dikarenakan tidak puasnya mereka akan kemampuan laptop gaming biasa yang ada di pasaran. Oleh karena itu, beberapa vendor seperti MSI mengeluarkan sebuah solusi yang bisa digunakan oleh kelompok tersebut. Laptop yang dimaksud adalah MSI Titan GT77.

Tidak perlu ditanya lagi seperti apa kinerja yang ditawarkan oleh laptop ini: Sudah pasti Kencang. Hal tersebut dikarenakan laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i9 12900HX yang dipadukan dengan NVIDIA GeForce RTX 3080Ti. Selain itu, MSI juga memberikan kapasitas RAM DDR5 dan SSD NVMe yang sangat luas sehingga tidak perlu lagi terpikir apakah masih tersisa berapa kapasitasnya. Port yang disediakan juga sangat lengkap.

MSI Titan GT77 memang memiliki harga yang fantastis untuk saat ini, yaitu Rp. 76.999.000. Dengan harga tersebut, pengguna akan mendapatkan spesifikasi fantastis pula yang hampir tertinggi yang ada di dunia, sehingga akan nyaman dalam bermain segala game dan cepat saat mengedit. Laptop ini tentu saja sudah tersedia di Indonesia dan bisa dibeli secara online mau pun offline.

Sparks

  • Kinerja CPU yang tinggi dengan Intel Core i9-12900HX
  • Kinerja GPU tertinggi saat ini dengan NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti
  • Refresh rate 120 Hz pada resolusi 4K
  • Keyboard-nya sangat nyaman dengan Cherry MX
  • Tidak perlu berpikir akan kehabisan kapasitas RAM dan SSD
  • RGB

Slacks

  • Satu yang pasti: Mahal
  • Bobot charger berat dengan dimensi yang besar pula
  • Webcam masih 720p