14 September 2022

by Dimas Galih W.

Review Kingston DataTraveler MicroDuo 3C: Flash Disk Mungil Kencang untuk USB-C dan A

Dengan lahirnya 2 tipe USB, ternyata tidak mengharuskan kita untuk membeli 2 flash disk secara terpisah

Saat ini kebutuhan dalam menyimpan data pada perangkat eksternal memang meningkat. Namun, kendala ada pada tipe port USB yang saat ini sering digunakan yaitu USB-A dan USB-C yang sudah tersedia pada laptop yang dijual saat ini. Hal tersebut tentunya bakal membuat orang bingung, flash disk dengan tipe USB mana yang bakal dipilih. Oleh karena itu, flash disk seperti Kingston DataTraveler MicroDuo 3C bisa menjadi pilihan.

Flash disk yang satu ini sudah datang ke meja pengujian Hybrid. Kingston DataTraveler MicroDuo 3C memiliki 2 interface yang berbeda, yaitu USB-A dan USB-C, sehingga membuatnya bisa digunakan di hampir setiap perangkat yang ada saat ini. USB-A masih umum ditemukan pada perangkat komputer seperti desktop dan laptop. Sedangkan USB-C selain juga banyak ditemukan pada perangkat komputer, juga sudah umum tersedia untuk tablet dan smartphone.

Kingston DataTraveler MicroDuo 3C yang datang memiliki kapasitas tertinggi, yaitu 256 GB. Teknologi yang digunakan pada perangkat ini mengikuti standar dari USB 3.2 Gen 1. Kecepatan yang dijanjikan oleh Kingston sendiri cukup kencang untuk sebuah flash disk, yaitu 200 MB/s. Hal ini membuatnya cocok digunakan untuk keperluan pribadi maupun untuk bekerja.

Kingston DataTraveler MicroDuo 3C yang datang ke meja pengujian Hybrid memiliki spesifikasi seperti berikut

SpesifikasiKingston DataTraveler MicroDuo 3C
Kapasitas256 GB
InterfaceUSB 3.2 Gen 1 Type A dan C
Dimensi29.94 x 16.60 x 8.44 mm
Bobot200 gram
MaterialPlastik dan metal

Flash disk ini sendiri tentu saja sudah mendukung teknologi USB sebelumnya, seperti USB 2.0 dan USB 1. Selain itu, dengan menggunakan interface USB-C, membuatnya juga bisa dipasangkan pada port Thunderbolt yang ada pada laptop tipis premium. Lalu bagaimana dengan kinerjanya?

Desain

Terus terang, flash disk yang satu ini memang tergolong sangat mungil. Hal tersebut tentu saja membuatnya sangat mudah hilang. Saya sangat menyarankan untuk memasangkan tali gantungan dan menyatukannya dengan gantungan kunci, sehingga tidak mudah terselip. Pemasangan tali gantungan tersebut juga membuat perangkat ini mudah untuk dicabut dari laptop maupun tablet.

Kingston DataTraveler MicroDuo 3C menggunakan 2 interface pada sisi depan dan belakangnya. Hal ini berarti USB tipe A membelakangi interface USB tipe C. Tentunya flash disk ini hanya bisa digunakan salah satunya pada saat dipasangkan ke sebuah perangkat.

Untuk bagian USB-C, Kingston sudah memberikan sebuah penutup yang nantinya harus dinaikkan pada saat ditancapkan pada sebuah tablet. Sayangnya, bagian USB-A tidak memiliki sebuah pelindung. Hal ini tentunya membuat perangkat ini cukup rentan terhadap debu maupun cipratan air. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan flash disk ini.

Pengujian

Untuk melakukan pengujian, saya menggunakan sebuah laptop yang hanya memiliki USB type A dengan interface USB 3.2 Gen 1, sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki oleh Kingston DataTraveler MicroDuo 3C. Ternyata flash disk ini datang dengan sistem file FAT32 yang lama yang memang memiliki limitasi dalam menyalin sebuah file dengan kapasitas maksimal 4 GB. Untuk Anda yang memiliki perangkat ini, ada baiknya untuk mengubah file system-nya menjadi exFAT yang saat ini sudah cukup universal.

Saya menggunakan software benchmark yang biasa digunakan untuk menguji media penyimpanan. Hasilnya memang mirip yang dijanjikan oleh Kingston sendiri karena menggunakan USB 3.2 Gen 1. Berikut adalah hasilnya

Hasil seperti ini memang menjadikan Kingston DataTraveler MicroDuo 3C sebagai salah satu flash disk yang kencang. Dengan kinerja tersebut, saya juga mencoba menggunakannya untuk menyimpan data langsung saat mengedit gambar. Oleh karena file gambarnya cukup kecil, membuatnya tidak terasa adanya waktu tunggu saat menulis data.

Hasil tersebut juga saya coba untuk melakukan loading game dari flash disk. Dengan kecepatan tersebut memang membuatnya lebih baik kinerjanya dibandingkan sebuah hard disk. Namun untuk Anda yang sudah terbiasa dengan menggunakan SSD, tentu saja kinerjanya cukup terasa lebih lambat.

Jika digunakan untuk bermain game saja sudah bisa diandalkan, tentu saja hal ini akan terasa nyaman saat digunakan untuk bekerja. Misalkan saja untuk para pelaku UMKM yang butuh menyimpan data dan melakukan presentasi di mana saja. Apalagi untuk para pelajar yang saat ini sudah mulai mengerjakan tugas dengan paperless, mengumpulkan langsung dengan menancapkan flash disk ke laptop sang pengajar juga menjadi lebih mudah.

Verdict

Menyimpan data pada perangkat eksternal saat ini memang tidak melulu dari sebuah laptop, namun juga dari tablet maupun smartphone. Sayangnya, kedua perangkat biasanya memiliki port USB yang berbeda. Kingston memiliki solusi dengan mengeluarkan sebuah flash disk yang bisa digunakan dengan port USB yang umum digunakan saat ini. Perangkat tersebut adalah Kingston DataTraveler MicroDuo 3C.

Kinerja dari Kingston DataTraveler MicroDuo 3C memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan kemampuan membaca hingga 200 MB/s membuatnya bisa diandalkan untuk menyimpan data dengan cepat. Dengan kapasitas yang besar, membuatnya bisa digunakan untuk mem-backup file dari beberapa perangkat. Sayangnya, perangkat ini memiliki dimensi yang mungil sehingga mudah hilang dan terselip.

Kingston DataTraveler MicroDuo 3C dengan kapasitas 256 GB dijual dengan harga sekitar Rp. 690.000. Jika harga ini terlalu mahal, Kingston juga menyediakan kapasitas 32 GB, 64 GB, hingga 128 GB yang tentunya lebih murah. Harga tersebut didukung dengan garansi dari Kingston hingga 5 tahun sehingga tidak perlu khawatir saat flash disk ini rusak.

Sparks

  • Memiliki kinerja baca yang cukup tinggi
  • Bisa menggunakan USB tipe A dan C
  • Bahan aluminium membuatnya kokoh
  • Garansi panjang, mencapai 5 tahun

Slacks

  • Dimensi terlalu kecil, rawan terselip dan hilang
  • Bagian USB-A tidak memiliki tutup, rawan terkena debu dan air