Hybrid
for SEO
Hybrid

Review itel VISION 3: Smartphone Terjangkau dengan Baterai Besar dan Pengisian Cepat, Pas untuk Pemula

29 April 2022Dimas Galih W.

Butuh smartphone terjangkau untuk lebaran? itel VISION 3 bisa menjadi pilihan untuk segala kebutuhan komunikasi Anda

Mencari sebuah smartphone untuk mereka yang baru pindah dari feature phone memang tidak mudah. Biasanya, persoalan akan dimulai dengan cukup cepatnya baterai habis terpakai. Oleh karena itu, pengguna pemula biasanya akan mencari perangkat dengan harga terjangkau dan baterai yang besar. Untuk hal tersebut, salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah itel VISION 3.

Pengguna pemula biasanya akan menggunakan perangkat teleponnya untuk menerima panggilan suara dan SMS. Dengan berpindah dari feature phone ke smartphone, biasanya konsumen pada kelas ini akan melirik daya tahan baterainya. itel VISION 3 menawarkan baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang cocok untuk kebutuhan tersebut. Ditambah lagi, pengisiannya lebih cepat berkan charger 18 watt.

Layar besar mungkin menjadi daya tarik tersendiri untuk mereka yang tadinya menggunakan feature phone. Apalagi dengan model waterdrop yang menarik untuk kelas entry level, membuat smartphone ini terlihat lebih bagus. Apalagi, dengan sistem operasi Android membuat segala fungsi lebih luas dibanddignkan dengan sebuah feature phone biasa.

Spesifikasi dari itel VISION 3 yang saya dapatkan bisa dilihat pada tabel berikut ini

SoCUnisoc Spreadtrum SC9863A
CPU4 x Cortex A55 1,6 GHz + 4 x Cortex A55 1,2 GHz
GPUPowerVR Rogue GE8322
RAMLPDDR3 2 GB
Internal32 GB eMMC 5.1
Layar6,6 inci IPS Waterdrop 1600 x 720
Dimensi164,5 x 76 x 8,85 mm
Bobot193 gram
Baterai5000 mAh 18 watt charger
Kamera8 MP utama, VGA depth, 5 MP Selfie
OSAndroid 11 Go

Untuk hasil pemindaian dengan menggunakan software CPU-Z, AIDA64, serta SensorBox bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Seperti biasa, Unisoc biasa menggunakan Android Go pada setiap perangkatnya. Hal tersebut tentu saja berhubungan dengan tingkat kinerja yang bisa dihasilkan oleh sistem operasi tersebut. Android Go sendiri mengganti beberapa fitur dengan aplikasi yang lebih ringan sehingga tidak akan memakan sumber daya lebih banyak.

Unboxing

Perlengkapan inilah yang bisa didapatkan didalam kotak penjualan dari itel VISION 3. Cukup senang rasanya melihat masih ada produsen smartphone yang masih menyertakan earphone pada paket penjualannya.

Desain

Pada pengujian kali ini saya mendapatkan unit yang memiliki warna Multicolor Green. Warna ini juga memiliki gradasi dari hijau kebiruan hingga mendekati putih pada bagian bawahnya. Perangkat ini sendiri memiliki desain yang cukup cantik dan elegan, sehingga tidak akan terlihat bahwa ini adalah perangkat terjangkau.

Pada bagian belakangnya, itel menempatkan tiga ‘boba’ kamera di sisi bagian atas kirinya. Pada kotak yang sama, terdapat pula sebuah LED flash di sebelah kamera utama. Kamera utama berada pada sisi atas dan kamera depth ada di bawahnya. Di samping kotak tersebut terdapat sensor pemindai sidik jari yang cukup responsif saat saya gunakan.

Saat digenggam, itel VISION 3 memang terasa cukup kuat. Anda tidak akan menemukan ruang kosong saat menekan bagian belakangnya. Finishing bagian belakangnya pun dibuat kasar agar cukup unik dan tidak licin di tangan. Sayangnya, back case bawannya malah membuat perangkat ini menjadi licin di tangan saya.

Pada bagian depannya, itel VISION 3 masih menggunakan model waterdrop pada bagian atas layarnya untuk menempatkan kamera depan yang digunakan untuk Face ID. Layar IPS dengan resolusi 1600 x 720 ini pun juga sudah terpasang sebuah lapisan anti gores. Namun, saya menyarankan untuk mengganti lapisan anti gores ini dengan tempered glass agar perlindungannya menjadi lebih kuat lagi.

Pada sisi kanannya terdapat tombol power serta volume untuk naik dan turun. Sisi kirinya terdapat slot SIM dan microSDXC. Bagian bawahnya akan ditemukan port audio 3,5 mm, microphone, microUSB, serta speaker.

itel VISION 3 menggunakan sistem operasi Android 11 Go dengan antarmuka itelOS versi 7.6.0. Antarmukanya memang mirip dengan Android 11 Go aslinya, namun dengan icon dan beberapa desain theme yang sedikit diubah. itel VISION 3 sendiri masih menggunakan app drawer sehingga ada 2 lapisan untuk menaruh icon aplikasi.

Konektivitas

itel VISION 3 menggunakan chipset Unisoc Spreadtrum SC9863a yang ditujukan untuk perangkat entry level. Walaupun begitu, perangkat ini sendiri sudah mendukung LTE Cat 7 dengan kecepatan download hingga 300 Mbps. Walaupun Unisoc tidak menyebutkan apakah chipset ini mendukung carrier aggregation atau tidak, seharusnya secara standar sudah tersedia. Namun, belum diketahui berapa carrier yang didukung.

Smartphone yang satu ini mendukung band 1, 3, 5, 7, 8, 38, 40, dan 41 untuk jaringan 4G. Tentunya, semua jaringan yang ada di Indonesia sudah didukung oleh perangkat ini. Untuk pemindaian posisi, perangkat ini juga sudah mendukung GPS, Glonass, Beidu, dan GalileoA-GNSS.

Untuk jaringan WiFi, perangkat ini sudah mendukung hingga 802.11n. Standar ini hanya memungkinkan untuk terkoneksi pada jaringan WiFi di 2,4 GHz. Bluetooth yang digunakan masih memakai versi 4.2.

Kamera: Lumayan oke di siang hari

Walaupun memiliki 2 kamera pada bagian belakangnya, hanya 1 kamera saja yang bisa digunakan. Kamera ini memiliki resolusi 8 MP dan akan mengaktifkan kamera VGA-nya saat menggunakan fitur portrait. Selain 2 kamera pada bagian belakangnya, ada sebuah kamera 5 MP pada bagian depannya untuk mengambil gambar selfie atau digunakan untuk video call.

Dengan 8 MP, tentu saja kita tidak bisa mengharapkan gambar yang ditangkap akan tajam. Akan tetapi, kamera ini akan menangkap gambar dengan cukup baik pada kondisi siang hari. Saya sendiri akan menghindari pengambilan gambar di dalam ruangan dan malam hari karena detailnya akan hilang

Kamera depannya dapat mengambil gambar 5 MP dengan cukup tajam. Tentunya hal tersebut memang harus dalam kondisi cahaya yang cukup baik. Hal tersebut tentu saja akan mengurangi tingkat ketajaman dari kameranya. Berikut adalah contoh fotonya

Pengujian

itel VISION 3 menggunakan chipset kelas entry level dari Unisoc, yaitu Spreadtrum SC9863A.  SoC ini sendiri menggunakan 4 inti prosesor Cortex-A55 1,6 GHz pada cluster kinerja dan 4 inti Cortex-A55 1.2GHz pada cluster efisiensi. Chipset yang menggunakan proses pabrikasi 28 nm ini memakai GPU PowerVR Rogue GE8322. RAM yang terpasang memiliki kapasitas 2 GB dengan tipe LPDDR3.

Oleh karena perangkat ini menggunakan SC9863A yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2019, saya harus melakukan benchmark tanpa adanya pembanding. Hal tersebut dikarenakan beberapa data pembanding SoC yang setara sudah kadaluwarsaBerikut adalah hasilnya

Dengan hasil yang ada, perangkat ini dapat menjalankan banyak aplikasi dengan baik. Untuk aplikasi sosial media serta chatting, Anda tidak akan menemukan masalah. Namun dengan kapasitas storage yang ada, tentu saja harus cukup berhati-hati mengingat saat ini banyak aplikasi yang membutuhkan cache besar.

Uji baterai: 5000 mAh

Untuk menguji baterai dengan kapasitas 5000 mAh memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Sayangnya, aplikasi yang ada saat ini tidak merepresentasikan pemakaian sehari-hari. Sebuah pengujian menunjukkan bahwa pemakaian smartphone  didominasi untuk  hiburan seperti menonton video dan mendengarkan musik serta sosial media.

Saya mengambil patokan dengan menggunakan sebuah file MP4 yang memakai resolusi 1920 x 1080 yang diulang sampai baterai habis. itel VISION 3 dapat bertahan hingga 17 jam 52 menit. Setelah habis, saya langsung mengisi kembali baterainya dengan menggunakan charger bawaan 18 watt. Hasilnya, baterai 5000 mAh tersebut akan terisi penuh dalam waktu kurang lebih 2 jam 40 menit.

Verdict

Tidak semua orang bisa membeli smartphone dengan harga yang tinggi, walaupun dipasarkan untuk para pemula. Oleh karena itu, perangkat alternatif yang memiliki harga terjangkau tentu saja menjadi pilihan. Bagi mereka yang butuh sebuah smartphone sebagai pengganti ponsel lama yang belum ber-OS Android tentunya tidak perlu perangkat yang super canggih. Salah satu alternatif yang bisa dipilih adalah itel VISION 3.

Perangkat yang satu ini memiliki baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Dengan kapasitas besar tersebut, perangkat ini bisa dipakai lebih dari sehari bekerja. Selain itu daya pengisiannya juga sidah tinggi, sehingga perangkat ini mampu diisi ulang hanya dalam waktu 2 jam-an. itel VISION 3 sendiri bisa diandalkan saat ingin berhubungan dengan rekan dan keluarga.

itel VISION 3 dengan konfigurasi 2/32 GB dijual dengan harga terjangkau, yaitu Rp. 1.199.000. Itel sendiri memberikan garansi 1 tahun untuk smartphone Vision 3. Untuk membelinya, Anda bisa langsung mendapatkannya pada toko resminya di JD.ID dengan langsung mengklik link ini.

Disclosure: Artikel ini didukung oleh itel. Review dilakukan secara objektif dengan mencoba perangkat secara langsung.

Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV