Dark
Light

Review Infinix Note 40 Racing Edition, Desain Eksklusif Racikan BMW Designworks

5 mins read
July 23, 2024
Review Infinix Note 40 Racing Edition, Desain Eksklusif Racikan BMW Designworks

Bagi yang menyukai gadget unik, varian spesial dari Infinix Note 40 Series yakni Racing Edition, wajib banget Anda koleksi. Keempat model Note 40 Series, yang terdiri dari Note 40, Note 40 Pro, Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro Plus 5G, semuanya tersedia dalam opsi Racing Edition yang dikemas khusus bersama merchandise eksklusif.

Tim Hybrid kedatangan model Infinix Note 40 Racing Edition, yang dijual dengan harga tetap terjangkau Rp2.899.000. Perangkat ini begitu istimewa karena menghadirkan nuansa mewah mobil balap, hasil kolaborasi Infinix dan BMW Designworks. Langsung saja, mari mulai dari sesi unboxing

Unboxing Infinix Note 40 Racing Edition

Unboxing Infinix Note 40 Racing Edition

Dari kotak kemasannya saja, sudah terlihat berbeda dari varian standar. Edisi spesial ini hadir dalam kotak dengan warna dasar putih yang dipadukan dengan abu-abu. Lengkap dengan elemen desain khas Sport Car BMW dan keterangan “Design Works, A BMW Group Company” di depan.

Pada Infinix Note 40 Racing Edition, Anda tidak akan mendapatkan MagPower atau powerbank wireless 3.020 mAh. Melainkan diganti dengan MagPad atau wireless magnetic charger. Lumayan keren dengan dukungan kecepatan daya maksimal 15W, tetapi kalau langsung lewat port USB-C akan dapat 45W.

Lanjut ke kompartemen utama, kelengkapan lainnya kurang lebih masih sama. Termasuk adaptor charger 45W, kabel data USB-C, case mika, tempered glass, buku petunjuk pengguna, sticker, dan Anda juga masih mendapatkan skin Astral Muse dari hero Esmeralda di game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).

Desain Eksklusif Khas Sport Car BMW

Desain Eksklusif Khas Sport Car BMW 1

Lanjut ke desain perangkatnya, dari segi warna terlihat bahwa varian Racing Edition ini dirancang di atas warna dasar Titan Gold. Dengan sentuhan warna emas yang lumayan kalem, termasuk pada bagian rangkanya, dari awal kesannya memang sudah elegan.

Dibantu oleh BMW Designworks, dibawah Infinix Global Global Racing Design Center, Infinix menyematkan desain signature bertajuk Wings of Speed yang terinspirasi dari elemen-elemen kompetisi balap mobil. Pola bergaris aerodinamis pada penampang belakangnya juga menambah kesan dinamis dan estetik ketika terekspos cahaya.

Demi menambah kesan estetika khas mobil balap, Infinix menggunakan material khusus yakni komposit PC+PMMA yang dikombinasikan dengan sentuhan akhir metalik. Penggunaan material khusus ini membuat pengguna tetap dapat tampil standout untuk penggunaan harian.

Dudukan lensa kamera belakang juga tak luput dari elemen racing yang khas. Dengan simbol triwarna yang ikonik dari BMW, semakin menambah kedinamisan warna yang tampak di punggung Infinix Note 40 Racing Edition.

Namun tidak hanya dari segi eksterior, dari segi interior Infinix Note 40 Racing Edition juga mengusung user interface yang telah dikustomisasi dengan elemen kecepatan. Termasuk penggunaan wallpaper pada lockscreen dan homescreen, hingga ikon-ikon aplikasinya.

Selain itu, rangka datarnya memberikan tampilan yang lebih kekinian dan pegangan yang lebih mantap dengan ketebalan 7,8 mm dan berat 190 gram. Berkat sertifikasi IP54, bodinya juga sudah memiliki ketahanan terhadap cipratan air dan debu.

Fitur lainnya meliputi NFC yang multifungsi, pemindai sidik jari di bawah layar, dan Active Halo Lighting dengan AI yang mendukung banyak skenario penggunaan. Di sisi kanan tersemat tombol power dan volume. Di atas, ada mikrofon dan speaker kedua dengan keterangan Sound by JBL. Sedangkan di bawah, terdapat SIM tray, port USB-C, serta mikrofon dan speaker utama.

Layar AMOLED Cerah 1.300 Nits

Layar AMOLED Cerah 1.300 Nits

Selain desain eksklusif dengan elemen khas Sport Car BMW, spesifikasi Infinix Note 40 Racing Edition ini sama seperti varian standar dengan All-round Performance. Dari segi layar, perangkat ini mengusung panel AMOLED datar seluas 6,78 inci FHD+, dengan refresh rate 120Hz, dan punya tingkat kecerahan puncak 1.300 nits.

Layar yang lega ini tentunya nyaman digunakan dalam urusan sehari-hari, termasuk untuk menangani kegiatan produktif dengan multitasking. Lengkap dengan rangkaian fitur cerdas, seperti Smart Panel untuk akses aplikasi favorit atau fitur penting, Floating Windows untuk kemudahan multitasking, Magic Ring yang dapat menampilkan sejumlah informasi, dan banyak lagi.

Melaju ke pengaturan layar, Anda akan menemukan penyesuaian layar lanjutan. Termasuk color style dengan mode bright-colored atau original color, auto-switch refresh rate, ultra touch, eye care yang bisa dijadwalkan, high brightness mode untuk penggunaan di luar ruangan, dan sebagainya.

Kamera Utama 108MP ISOCELL HM2

Kamera Utama 108MP ISOCELL HM2

Di sektor pencitraan, Infinix menyematkan sensor gambar beresolusi tinggi 108MP dengan Samsung ISOCELL HM2 pada kamera utamanya. Berukuran lumayan besar 1/1.52 inci, dengan lensa wide, aperture f/1.9, dan sayangnya tanpa OIS.

Dengan teknik Nonapixel yang menggabungkan sembilan piksel menjadi satu piksel yang lebih besar. Secara bawaan foto yang dihasilkan resolusinya tetap 12MP dengan ukuran piksel 2.1μm, yang dapat menangkap lebih banyak cahaya, menghasilkan gambar yang lebih terang dan lebih jelas dalam kondisi pencahayaan rendah.

Pada mode AI Cam, akses ke resolusi penuh 108MP juga tersedia. Cocok memotret pemandangan alam, kota, dan panorama. Keuntungan resolusi tinggi memungkinkan penangkapan detail yang tajam pada elemen-elemen kecil seperti daun, bangunan, dan tekstur tanah.

Anggap saja perangkat ini cuma punya satu kamera belakang, karena kamera sekundernya cuma sekedar pelengkap dengan resolusi 2MP+0.3MP. Kalau kamera depannya lumayan, resolusinya 32MP dengan ukuran sensor 1/1.31 inci. Berikut beberapa hasil fotonya:

Selain itu, tersedia opsi fitur AI Color Enhancement, Auto HDR, dan 3x lossless zoom yang lumayan bagus di kondisi cahaya terang. Mode portrait-nya didukung AI smart body, AI smart beauty effect, dan aperture untuk mengatur ketipisan bokehnya.

Berkat sensor gambar yang berkualitas dan chipset yang cukup kuat, perekam videonya lumayan dapat diandalkan untuk bikin konten. Ia dapat merekam video hingga 2K 30fps dan 1080p hingga 60fps. Namun tanpa OIS, perlu teknik pengambilan gambar yang tepat untuk menghasilkan footage yang stabil secara handheld atau pakai tripod saja.

Bertenaga MediaTek Helio G99 Ultimate

Bertenaga MediaTek Helio G99 Ultimate

Penggunaan chipset MediaTek Helio G99 Ultimate adalah jaminan bahwa perangkat ini memiliki performa yang gesit di kelas harga 2-3 jutaan. SoC ini dibuat pada proses fabrikasi 6 nm dengan CPU octa-core dan GPU Mali-G57 MC2. Dengan dua cluster, mencakup dua inti performa berbasis Cortex-A76 dengan kecepatan clock hingga 2,2GHz dan enam inti efisiensi Cortex-A55 pada 2,0GHz.

Infinix memasangkannya dengan RAM LPDDR4X 8GB yang bisa diperluas lewat RAM virtual dengan fitur MemFusion hingga 8GB sehingga totalnya seperti 16GB. Sementara, penyimpanan internalnya berbasis UFS 2.2 dengan kapasitas 256GB tanpa dukungan slot microSD.

Dengan spesifikasi diatas, Infinix Note 40 dapat menjalankan sistem operasi XOS V14 yang berbasis Android 14 dengan lancar untuk menangani berbagai skenario pemakaian harian. Termasuk yang berhubungan dengan produktivitas dan kreativitas, seperti mengerjakan tugas kantor atau freelance, hingga untuk pembuatan konten.

Hasil benchmark-nya sebagai berikut:

benchmark-1

  • 3DMark Wild Life 1.367
  • 3DMark Wild Life Extreme 384
  • 3DMark Steel Nomad Light 149
  • PCMark Work 3.0 Performance 11.295
  • Geekbench 6 Single Core 746 dan Multi Core 2.029
  • Geekbench 6 GPU 1.475

Baterainya berkapasitas 5.000 mAh, lengkap dengan fitur unggulan All-Round FastCharge 2.0 dengan chip manajemen daya Cheetah X1 yang akan mengoptimalkan kecepatan pengisian daya demi melindungi kesehatan baterai.

Kecepatan pengisian dayanya maksimal 45W dan memiliki mode Hyper yang dapat mengisi 50% dalam 19 menit. Selain wired dengan kabel, perangkat ini juga mendukung wireless, reverse wired, dan reverse wireless charging.

Verdict Review Infinix Note 40 Racing Edition

Verdict Review Infinix Note 40 Racing Edition

Ada banyak alasan kenapa perlu memilih Infinix Note 40. Mulai dari layar AMOLED cerah hingga 1.300 nits dengan refresh rate 120Hz, kamera utamanya 1080MP menggunakan sensor gambar Samsung ISOCELL HM2, dan ditenagai chipset MediaTek Helio G99 Ultimate dengan XOS V14. Semua itu, bisa didapatkan dengan budget dibawah tiga juta.

Masih belum cukup? Tidak lupa ada fitur All-Round FastCharge 2.0 hingga 45W dengan chip manajemen daya Cheetah X1 dan kelengkapan paket penjualannya benar-benar paling komplet dibandingkan kompetitor yang lain. Bahkan termasuk bonus tempered glass, MagCase atau case bawaan dengan sistem magnetis, powerbank MagPower atau wireless magnetic charger MagPad.

Satu lagi alasan yang mungkin tidak bisa Anda lewatkan, ketersediaan varian Racing Edition. Hasil kolaborasi Infinix dan BMW Designworks, dengan menghadirkan desain signature bertajuk Wings of Speed yang terinspirasi dari elemen-elemen kompetisi balap mobil. Harganya tetap terjangkau, terpantau sempat di angka Rp2.499.000 untuk harga promonya. Wajib dibungkus, terutama yang suka gadget unik atau suka mengoleksi gadget edisi spesial.

Sparks

  • Desain eksklusif khas Sport Car BMW
  • Bonus wireless magnetic charger 15W MagPad
  • Layar AMOLED cerah hingga 1.300 nits
  • Kamera utama 108MP dengan Samsung ISOCELL HM2
  • Bertenaga MediaTek Helio G99 Ultimate dengan Android 14

Slacks

  • Layar belum mendukung HDR
  • Kamera sekunder sebatas 2MP dan 0.3MP
  • Kamera utama tanpa OIS
Previous Story

Huawei Perkenalkan MatePad Se 11, Tablet 2 Jutaan Baru Kaya Fitur

Next Story

Paket Gaming Samsung Galaxy M15 5G: Kolaborasi Samsung dan Garena Free Fire

Latest from Blog

Don't Miss

Perbandingan Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro

Jangan Salah Pilih, Ini Perbandingan Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro Terbaru dengan Kamera Leica

Xiaomi Indonesia kembali mencuri perhatian para penggemar fotografi mobile dengan

Infinix Rilis Dua Smartphone Sejutaan dengan Jaminan Performa Stabil hingga 4 Tahun

Infinix resmi luncurkan dua produk terbaru, yakni Infinix HOT 50i