26 January 2023

by Dimas Galih W.

Review HP Omen 16 C0099AX: Laptop Kencang AMD Advantage, Siap untuk Para Gamers

Laptop gaming dengan AMD Advantage yang tentu saja menggunakan paduan AMD Ryzen dan Radeon siap menemani kegiatan bermain konsumen Indonesia

AMD saat ini sepertinya sudah mulai 'galak' dengan mengeluarkan banyak perangkat laptop gaming. Namun, sepertinya hingga saat ini masih cukup sulit menemukan laptop gaming yang spesifikasinya menggunakan prosesor dan GPU AMD. Untungnya, HP sudah menyediakan solusi laptop gaming yang menggunakan prosesor dan GPU AMD sehingga memperluas pilihan spesifikasi. Laptop gaming tersebut adalah HP Omen 16 C0099AX.

Sebenarnya, laptop ini memang sudah beredar semenjak tahun 2021 yang lalu. Entah mengapa, AMD baru meminjamkan laptop ini kepada kami di tahun 2023. Tidak mengapa, perangkat ini masih beredar di Indonesia dan masih memiliki spesifikasi yang mempuni untuk memainkan game yang beredar hingga saat ini.

HP Omen 16 C0099AX menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX yang bisa di-overclock dengan mudah. Prosesor ini sendiri memiliki TDP 45 watt yang bisa dikonfigurasi hingga 54 watt. Untuk GPU-nya, laptop ini menggunakan AMD Radeon 6600M untuk discrete graphics dan AMD Radeon Graphics berbasis Vega untuk integrated graphics-nya dengan 8 core.

Dengan menggunakan konfigurasi ini, otomatis laptop ini menggunakan teknologi AMD Advantage. Dengan teknologi ini, AMD mengklaim bahwa kinerjanya akan lebih baik berkat sekumpulan teknologi yang ada pada Ryzen dan Radeon. AMD bahkan mengatakan bahwa kinerja gaming bisa meningkat hingga 11% dengan paduan keduanya.

Walaupun HP Omen 16 C0099AX dijual sebagai laptop gaming, namun tidak hanya gamer saja yang bisa menggunakan kinerjanya secara keseluruhan. Para pembuat konten juga menjadi sasaran pasar dari laptop yang satu ini. Para editor gambar dan video juga pasti bakal menemukan kemudahan karena kinerja dari prosesor serta kartu grafis dari AMD memang dikenal kencang.

HP Omen 16 C0099AX memiliki spesifikasi seperti berikut ini

SpesifikasiHP Omen 16 C0099AX
ProsesorAMD Ryzen 9 5900HX (8C16T) 3,3 GHz Turbo 4,6 GHz
GPURX Vega 8 2,1 GHz dan Radeon RX 6600M
RAM16 GB DDR4 3200 Dual Channel
StorageMicron MTFDHBA512TDV NVMe PCI-e 3.0 512 GB
LayarIPS 16,1 inci 1920 x 1080 144 Hz 100% SRBG
WiFi802.11 ax atau WiFi 6E
Bobot2,3 kg
Sistem operasiWindows 11 Home
Dimensi369,2 x 248 x 23 mm
Baterai6 cell 83 Wh 6880 mAh

Hasil dari CPU-Z dan GPU-Z adalah sebagai berikut

Charger

Didalam paket penjualannya, selain dokumen dan kartu garansi, hanya terdapat charger dan kabel listrik. Unit charger yang ada pada paket penjualannya tergolong besar dan berat. Hal tersebut dikarenakan HP Omen 16 C0099AX membutuhkan daya hingga 230 watt.

Desain

Berbalut dengan bahan aluminum, laptop HP Omen 16 C0099AX memang tampil keren dan kokoh. Laptop ini memiliki warna yang gelap dengan logo wajik khas Omen pada bagian depannya. Dengan warna yang gelap itu pula, laptop ini seperti tahan terhadap sidik jari penggunanya sehingga akan terlihat bersih walau sering dipegang.

Laptop ini menggunakan layar 16,1 inci yang memakai panel IPS dengan tingkat kecerahan 300 nits. Refresh rate layarnya bisa menampilkan hingga 144 Hz dengan response time 7 ms. Untuk palet warnanya, HP sudah memberikan layar yang mendukung hingga 100% sRGB. Dan untuk menambah kenyamanan saat bermain, bingkai yang diberikan juga sudah tipis dengan nama micro-edge.

Desain keyboard pada laptop ini bukanlah full keyboard. Namun dengan begitu, laptop ini memberikan dimensi tuts yang pas dengan jarak yang cukup baik pula. Keyboard ini tentunya juga sudah dilengkapi dengan RGB backlit yang membuatnya indah. Touchpad yang ada dibawahnya memiliki dimensi yang cukup besar dengan respon yang sangat baik.

Bermain game dengan menggunakan keyboard-nya memang terasa nyaman. Game FPS seperti Valorant atau CS:Go dapat dimainkan dengan asyik tanpa harus salah menekan tombol. Namun memang, touchpad yang ada dibawahnya seringkali tertekan jika sedang bermain game. Jadi, saya sangat menyarankan untuk mematikan touch pad-nya di setting Windows saat bermain game dengan menggunakan mouse.

Untuk sisi sebelah kiri, terdapat port power untuk pengisian baterai, LAN RJ-45, USB 3.1, mini-DP, HDMI 2.1, USB-C, audio 3,5mm, dan SDcard. Pada sisi sebelah kanannya akan ditemukan 2 port USB 3.1. Untuk speaker, letaknya berada di atas tombol keyboard. Tidak ketinggalan, pada keyboard-nya terdapat 2 tombol shortcut tambahan untuk aplikasi kalkulator serta Omen Gaming Hub.

Unit review HP Omen 16 C0099AX yang saya dapatkan sudah menggunakan sistem operasi Windows 11 22H2 yang sudah bisa melakukan drag n drop. Laptop ini juga sudah disertai dengan Microsoft Office Home & Student 2019 secara gratis. Pengguna juga akan mendapatkan Dropbox 100 GB selama 1 tahun untuk menaruh data di cloud.

Pengujian HP Omen 16 C0099AX

HP Omen 16 C0099AX menggunakan prosesor Ryzen Mobile 5000 HX series dengan nama kode Cezanne. Pada unit yang saya dapatkan, prosesor yang digunakan adalah Ryzen 9 5900HX yang memiliki 8 inti dan 16 threads dengan kecepatan 3,3 GHz dan saat Turbo-nya menyala akan mencapai kecepatan 4,6 GHz. Prosesor yang masih menggunakan arsitektur Zen 3 ini menggunakan proses pabrikasi 7 nm dari TSMC dengan TDP 45 watt yang bisa meningkat hingga 54 watt saat beroperasi penuh.

Laptop ini menggunakan grafis terintegrasi AMD Radeon Graphics dengan arsitektur Vega / GCN generasi ke 5. AMD Radeon Graphics yang digunakan memiliki 8 compute unit dengan 512 shaders dan memiliki kecepatan 2,1 GHz. Selain itu, hadir pula AMD Radeon RX 6600M dengan GPU Navi 23 yang menggunakan arsitektur RDNA2.

Laptop ini menggunakan 2 modul RAM DDR4 Samsung dengan kapasitas 8 GB per keping yang tentunya dalam mode dual channel. Untuk penyimpanannya, laptop ini menggunakan SSD NVMe PCIe Gen 3 dengan merek Micron MTFDHBA512TDV berkapasitas 512 GB. Untuk memperlebar kapasitasnya, terdapat sebuah slot NVMe tambahan yang anehnya terdapat heatsink. Padahal pada slot NVMe pertama, tidak ditemukan heatsink sama sekali.

Nyaman Bermain Game, Namun....

Laptop ini datang sekitar 2 minggu yang lalu dan langsung saya pasang untuk dicoba bermain game. Memang tidak diragukan lagi, laptop ini bisa menjalankan berbagai macam game dengan resolusi 1080p tanpa adanya lag. Namun, hal tersebut bukan lah tanpa adanya masalah. Masih ada beberapa masalah yang terjadi, entah dari sisi software atau hal lainnya.

Hal yang sering terjadi adalah laptop ini menolak menjalankan game pada saat dinyalakan kembali setelah sleep. Selain itu saat dipakai cukup lama untuk browsing, beberapa game ternyata juga tidak mau dijalankan tanpa harus melakukan restart laptop. Entah apakah ini hanya terjadi pada unit saya atau memang terjadi pada unit lain dari HP Omen 16 C0099AX.

Menggunakan Discord untuk bermain game juga seringkali bermasalah. Saya selalu mendapatkan suara yang terputus-putus setelah bermain lebih dari 2 jam, sehingga cukup mengganggu strategi bermain. Sekali lagi, hal ini akan kembali seperti semula saat restart. Sayangnya, keterbatasan waktu membuat saya belum bisa menemukan workaround dari masalah ini.

Saat bermain game, saya selalu memasangkan perangkat pada setting tertinggi. Sayang memang pada setting ini, game tidak akan bisa mencapai lebih dari 60 fps. Ada 3 game berat yang saya coba pada pengujian kali ini, yaitu Red Dead Redemption 2, Shadow of The Tomb Raider, serta Borderlands 3. Berikut adalah hasil perolehan framerate-nya.

Produktivitas untuk bekerja dan hiburan

Saya juga memakai laptop ini untuk menulis beberapa artikel, termasuk review ini. Dengan kinerja yang sangat baik tentu saja membuat laptop ini nyaman untuk dipakai bekerja. Namun sekali lagi, hal tersebut bukan lah tanpa adanya masalah. Sepertinya ada bug yang terjadi pada laptop ini.

Hal tersebut adalah pada saat mengetik pada Microsoft Word atau menggunakan browser Edge. Kursor mouse kadang akan berubah menjadi warna putih sehingga akan sulit untuk dilihat dengan kasat mata. Jadi, seringkali saya kebingungan melihat di mana kursor itu berada. Hal ini tidak terjadi pada laptop lain yang sedang saya uji.

Untuk menguji laptop saat digunakan dalam bekerja, memang cukup sulit. Disitu lah aplikasi benchmark dibutuhkan agar mengetahui seberapa baik kinerja dari sebuah laptop. Berikut adalah hasil benchmark dari laptop HP Omen 16 C0099AX.

Pengujian Baterai dalam review laptop HP Omen 16 C0099AX

Hybrid.co.id menguji laptop yang satu ini berdasarkan berapa lama sebuah perangkat bisa menonton file video 1080p dengan container file MP4. Perlu diketahui bahwa tidak satu tes baterai pun yang mampu memberikan hasil yang sama dengan penggunaan sehari-hari. Hanya saja, sebuah riset pernah dilakukan untuk mengukur pemakaian sebuah laptop.

Hasilnya, untuk nonton video, laptop yang satu ini ternyata bisa bertahan selama 9 jam 24 menit. Tentu saja saat digunakan dalam menggunakan Office ringan, hasilnya bisa jadi lebih lama. Tetapi jika digunakan untuk melakukan rendering video dan bermain game, sepertinya akan lebih cepat habis.

Verdict

Banyak pilihan laptop gaming yang beredar di Indonesia. Namun cukup jarang yang menggunakan ekosistem AMD, yaitu menggunakan CPU Ryzen dan GPU Radeon. Untungnya, HP memiliki solusi bagi mereka yang ingin merasakan ekosistem AMD dan para AMD fanboy. Laptop tersebut adalah HP Omen 16 C0099AX.

Kinerja laptop gaming ini memang dapat dibilang sangat bagus karena menggunakan perpaduan AMD Ryzen 9 5900HX dan Radeon RX 6600M. Dengan AMD Advantage, AMD menjanjikan kinerja yang lebih baik. Laptop ini juga dipersenjatai dengan baterai besar sehingga mampu dipakai dalam jangka waktu yang cukup panjang. Spesifikasi lainnya pun juga termasuk tinggi sehingga laptop ini bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari.

HP menjual laptop ini dengan harga resmi Rp. 24.999.000. Harga ini memang cukup umum dikenakan untuk spesifikasi seperti ini dan sejenisnya. Harga ini pun juga termasuk beberapa bonus yang diberikan HP dari Office hingga ruang cloud. Laptop ini juga sudah dilindungi garansi 2 tahun termasuk kerusakan akibat kecelakaan.

Sparks

  • Layar 16" dengan refresh rate 144Hz
  • Kinerja tinggi dengan Ryzen 9 5900HX dan Radeon RX 6600M
  • Saat dipakai untuk bekerja, laptop ini bisa bertahan lebih dari 9 jam
  • Build dari laptop ini kokoh dengan aluminum
  • Mendapatkan Microsoft Office 2019 dan Dropbox 100 GB selama 1 tahun
  • Keyboard-nya nyaman digunakan untuk bermain game dan mengetik

Slacks

  • Terdapat bug yang cukup mengganggu kenyamanan bermain dan bekerja
  • Slot NVMe utama tidak disertai dengan heatsink