Featured Article
for SEO
Featured Article

Kompilasi Review God of War PC: Mahakarya yang Disempurnakan

27 January 2022Adi Nawan

Apakah petualangan Kratos dan Atreus memang layak untuk dimainkan kembali?

Para gamer di PC kini tentunya tengah bergembira dengan semakin banyaknya game-game PlayStation 4 yang kini berkunjung ke PC. Salah satu judul terbesar yang dibawa adalah game buatan Studio Santa Monica yaitu God of War.

Game pemenang Game of the Year 2018 versi The Game Awards ini memang mendapat banyak pujian berkat inovasi dan langkah berani untuk menyajikan kisah Kratos yang benar-benar berbeda dari game-game God of War sebelumnya.

Empat tahun berlalu, dan kini para pemain PC akhirnya bisa mencicipi perjalanan Kratos bersama anak semata wayangnya, Atreus — yang tidak hanya membuktikan bahwa dirinya masih merupakan prajurit terbaik, namun juga mentor terbaik untuk anaknya.

Lalu apakah game ini masih memiliki kekuatan dan sisi magisnya seperti saat dirilis pertama kali? Apakah God of War versi PC ini memang layak disebut PC Gamer sebagai versi terbaik dari sebuah game fantastis? Berikut kompilasi review-nya.

Kisah epik yang layak dikunjungi kembali

Image Credit: Sony

Sebagai sebuah game porting dari konsol, God of War membawa konten yang 100% sama dengan versi aslinya. Namun bukan berarti game ini akan terasa usang untuk dimainkan sekarang.

Attack of the Fanboy bahkan menyebut bahwa tidak peduli apakah pemain mengunjungi kembali Norse realm ataupun menyelami perjalanan Kratos dan Atreus untuk pertama kali, tidak ada cara yang lebih baik untuk menikmati kisah epik ini.

Meskipun tidak menambahkan hal baru, namun God of War disebut tetap menawarkan pengalaman yang solid baik dari naratif dan gameplay hingga ke visual dan juga soundtrack yang diusung menurut review dari Twinfinite.

Pemain akan dihadapkan kembali kepada cerita Kratos yang telah menua dan kini harus mengajari sang anak, Atreus, untuk menjadi seorang prajurit yang kuat.

Pemain juga masih dapat mengeksplorasi sedikit lebih jauh dunia Norse realm yang diusung, meskipun game ini tetaplah game linear. Berbagai musuh dan juga hadiah rahasia yang ada sebelumnya juga masih bisa didapatkan di versi PC ini.

Memaksimalkan game-nya ke titik tertinggi

Image Credit: Sony

Bila untuk urusan konten game, God of War versi PC ini tidak memiliki perubahan. Untuk sisi grafis, game ini membawa sedikit improvisasi. Namun yang terpenting adalah hadirnya keleluasaan untuk mengatur setting grafis dari game ini — yang sebenarnya sudah menakjubkan sejak awal.

Versi PC dari God of War ini disebut Game Rant mendorong game-nya ke level baru dan menawarkan beberapa fitur kunci untuk membantunya berjalan dengan lancar di berbagai PC modern. Pernyataan itu dikeluarkan dengan melihat fakta bahwa God of War versi PC ini mampu berjalan sangat mulus di platform PC.

PSU.com bahkan berani menyebut bahwa game ini merupakan porting PC terbaik milik Sony dalam hal optimalisasi. Namun hal tersebut memang dibuktikan oleh Santa Monica Studios dengan menghadirkan port PC yang nyaris tanpa masalah teknis dan optimalisasi.

Performa game konsol terbaik di PC

Image Cedit: Sony

Karena perbedaan utama dari versi PC ini terletak pada optimalisasi porting-nya, serta keleluasaan bagi para pemain untuk meningkatkan pengaturan grafis di dalam game-nya, maka saya akan membicarakan lebih lanjut di poin terpisah.

Namun sebelumnya, Sony dan Santa Monica Studio telah merilis spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkan game ini secara optimal. Mereka membaginya ke dalam lima kategori mulai dari Minimum hingga ke Ultra.

Image credit: Sony

Game-nya bahkan menyediakan pengaturan ‘original’ yang mereplikasi kualitas grafis yang dibawa oleh game aslinya ketika pertama kali dirilis di PlayStation 4. Bila PC dari pemain kuat, maka ada cukup banyak peningkatan yang bisa dilakukan.

Beberapa fitur yang diunggulkan Sony dari veri PC ini antara lain adalah:

  • Dukungan NVIDIA DLSS dan NVIDIA Reflex
  • Dukungan untuk berbagai jenis aspek rasio termasuk ultra-wide
  • Resolusi native 4K
  • Framerate yang tidak terkunci
  • Bayangan beresolusi tinggi
  • Screen space reflection yang diimprovisasi
  • GTAO (OpenGL Ground Truth-based Ambient Occlusion)
  • SSDO (Screen Space Directional Occlusion)

Namun untuk meningkatkan kualitas grafisnya ke high atau bahkan ultra maka Anda harus menimbang-nimbang performa yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Lewat benchmark yang dilakukan oleh Digital Foundry ditunjukkan bahwa meningkatkan pengaturan grafis pada game ini sangat berpengaruh pada VRAM GPU yang digunakan.

Digital Foundry juga merekomendasikan untuk mengatur tekstur game-nya ke original untuk mengimprovisasi performa tanpa ada perbedaaan visual yang signifikan.

Versi PC vs Versi PS5

Image Credit: Sony

Lalu dengan semua kebebasan pengaturan yang telah dijabarkan di atas, bagaimanakah perbandingan antara grafis tertinggi yang bisa dicapai PC dibandingkan pencapaian tertinggi konsol lewat PlayStation 5?

Lewat video yang diunggah oleh Nick930 diperlihatkan bagaimana versi PC ini sedikit lebih unggul ketimbang versi PS5-nya. Peningkatan yang dilakukan pada shadow, texturing, dan juga rendering membuat versi PC tampil lebih sempurna.

Yang terlihat adalah hilangnya teknik checkerboard rendering yang dilakukan oleh konsol PlayStation untuk berbagai detail di dalam game-nya. Semua obyek di dalam versi PC-nya kini tampil tajam.

Ditambah, shadow dalam versi PC-nya sedikit lebih kompleksi dengan beberapa obyek yang sebelumnya tidak menunjukkan bayangan kini muncul dan membuat atmosfer di beberapa lokasi dalam game-nya menjadi berbeda.

ElAnalistaDeBits juga memberikan perbandingan lebih lanjut yang menunjukkan bahwa versi PC-nya memiliki waktu loading yang bisa lebih cepat bahkan dari PlayStation 5 yang telah menggunakan SSD.

Penutup

Image Credit: Sony

Pada akhirnya, God of War versi PC merupakan salah satu porting game terbaik yang pernah dibawa oleh Sony. Game-nya telah berjalan dengan baik di PlayStation 4, menjadi lebih baik lagi di PlayStation 5, dan akhirnya mencapai performa maksimalnya di PC.

Kelemahan dari game ini hanya terletak pada tidak adanya konten tambahan yang bisa dijadikan nilai lebih dari versi PC ini dibandingkan versi konsolnya.

Namun meskipun begitu Santa Monica Studios tetap menyediakan sebuah petualangan penuh aksi dengan naratif epik yang membuatnya pantas dinikmati di kualitas terbaiknya.

 

Play video

26 May 2022

#shorts Redmi Note 11 Pro

Sekilas tentang smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro.

Others from #HybridTV