Review Galaxy Buds FE, Desain Klasik Suara Modern 

Buds FE hadir dengan membawa ciri dari Buds+ tetapi dengan elemen modern serta kualitas suara yang baik

Samsung telah merilis generasi terbaru dari TWS mereka yang menjadi pelengkap varian Buds, yaitu Galaxy Buds FE. TWS ini diperkenalkan bersamaan dengan jajarang perangkat FE mereka yaitu Galaxy S23 FE dan Tab S9 FE. 

Kalau berbicara seri Buds, maka Galaxy Buds FE adalah adik paling kecil setelah Galaxy Buds2 dan Buds2 Pro. Tetapi dari sisi model, ada ciri khas kakak tertua Buds+ karena mengambil elemen desain di bagian earpiece-nya. Apa itu? Mari kita bahas. 

Desain Galaxy Buds FE 

Dari sisi desain, Samsung menghadirkan desain yang sangat familiar dari desain Buds2 baik dari casing maupun dari elemen utama earpiece-nya. Jadi untuk kesan desain dari perangkat ini sebenarnya mirip dengan desain dengan pada produk Buds2. 

Tampil dengan casing glossy secara keseluruhan, desain kotak tetapi dengan curve di seluruh sisi dan di bagian ada hadir dengan bahan doff. Unit yang saya coba berwarna dual tone. Casing luar putih dan casing dalam serta earpiece berwarna hitam. 

Perbedaan dari desain akan mulai terlihat di bagian earpiece. Galaxy Buds FE meminjam desain dan bentuk earpiece dari Galaxy Buds era awal yaitu Buds+, lengkap dengan wingtips yang modelnya telah ditinggalkan sejak Buds Live. 

Tampilan belakang earpiece-nya juga tampak flat tidak membulat layaknya Buds2. Dengan desain ini lengkap dengan wingtips maka desain rumah atau bagian dalam casing yang menjadi tempat mengisi daya juga akan berbeda dengan Buds2.

Secara overall, TWS ini tampil dengan desain dan pengalaman yang familiar dengan seri Buds lain. Bisa juga dibilang menggabungkan desain ikonik, wingtips dari desain Buds+ tetapi dengan simplicity yang dibawa Buds2. 

Samsung juga menyebutkan di beberapa aksesoris pelindung case berdesain khusus, bahwa sebagian besar casing resmi mereka juga compatible dengan Buds FE. Memudahkan bagi pengguna yang ingin memiliki seri Buds FE tetapi sudah memiliki pelindung casing Buds2, Buds Live atau seri Buds Pro. 

Spesifikasi Buds FE

Untuk spesifikasi sendiri, Galaxy Buds FE hadir dengan driver yang lebih besar dari Buds2 serta adalah elemen spesifikasi yang tidak ada di Buds2 yaitu hadirnya new 1 way speaker untuk hasil suara yang lebih baik terutama untuk bass yang lebih powerfull. Melengkapi 2 outer mics dan 1 inner mics. Buds FE juga punya driver yang cukup besar, 12mm sehingga bisa memberikan kualitas suara yang lebih baik. Driver Buds FE juga lebih besar dari Buds2. 

Spesifikasi lainnya yaitu ANC, yang hadir di Buds FE dengan kualitas yang cukup mumpuni, nanti akan kita bahas lebih lanjut. Buds FE juga punya 6 mic serta dukungan fitur ambient selain ANC. 

Codec yang mendukung adalah SSC, AAC dan SBC, cukup untuk segmen kelasnya. Koneksi bluetooth v5.2 yang memang sudah cukup terbaru. Buds FE juga telah mendukung SmartThings Find dan Bixby Voice Woke-up. 

Untuk fitur SmartThings ini cukup penting, karena memudahkan pengguna ketika kehilangan earpiece karena lupa menaruh atau keselip di sofa misalnya. Pengguna bisa menikmati fitur offlinefinding, lost mode atau memberikan notifikasi ketika perangkat tertinggal atau tidak dekat Anda. 

Fitur lain yang berhubungan dengan Galaxy Ecosystem adalah kemudahan Buds FE untuk terkoneksi antar device Samsung Galaxy yang sudah terkoneksi akun yang sama. Untuk penggemar audio, Samsung juga telah melengkapi aplikasi Galaxy Wearable dengan plugin Buds FE untuk mengatur selera audio yang didinginkan, bass boost, soft, dynamic, clear atau normal. 

Pengalaman penggunaan dan audio 

Dengan desain luar yang familiar dengan seri Buds terbaru lain dari Samsung. Buds FE memberikan pengalaman yang cukup baik. Apalagi dengan dukungan casing tambahan yang juga mendukung seri Buds terbaru lain memudahkan jika ingin membeli. 

Tampilan case yang curve juga memberikan kenyamanan ketika digenggam, bentuknya yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar cukup pas untuk dibawa ke mana-mana. Cukup mudah juga ditemukan ketika memasukkannya ke dalam tas. Bisa diandalkan ketika harus melakukan call ketika commuter atau berpergian. 

Dengan desain membulat dan cukup ringkas ini, Buds FE juga nyaman dipakai berpergian. Tidak perlu tempat yang besar tetapi cukup mudah ditemukan di antara perangkat aksesoris lain yang menemani travelling

Bagi Anda yang cukup aktif (sering berolahraga atau jalan), hadirnya lagi wingtips di Buds FE bisa sedikit membantu untuk menjaga agar earpiece tetap berada di tempatnya dan tidak mudah jatuh, karena punya penyangga tambahan selain dari eartips utama. 

Untuk kualitas suara, jika harus merangkumnya, Buds FE memberikan pengalaman yang menyenangkan karena bisa mengemas kualitas suara yang baik dengan harga yang cukup terjangkau. 

Anda bisa mendapatkan bass yang cukup nendang tetapi tidak berlebihan, pengaturan bassboost di aplikasi wearable membantu menambah dentuman bass bagi Anda yang menyukai pengaturan ini. Dari sisi high note juga cukup nyaman, detail dari lagu-lagu yang saya coba juga cukup bisa terdengar dengan cukup jelas. Untuk separasi dan soundstage memang tidak sedetail dan seluas Buds Pro misalnya, tetapi bisa dimengerti karena memang pasarnya berbeda. 

Namun secara overall, suara yang dihasilkan memberikan kualitas yang cukup baik, bahkan bagi saya, lebih baik dari Buds2 yang audionya terasa terlalu padat. Teknologi baru 1 new speaker bisa jadi berperan di sini karena penempatan inner mic serta desain speaker-nya berubah dari yang ada di Buds2. 

Untuk pengalaman beberapa lagu yang saya coba adalah sebagai berikut (musik diputar dengan Youtube Music premium dengan setting audio quality high, mode preset equalizer antara bass boost dan dynamic, pengaturan ANC mostly digunakan):

Pearl Jam - Given to Fly

Suara detail double gitar bisa ditangkap dengan baik, memberikan pengalaman yang menyenangkan mendengar lagu ini. Lagu yang berpindah ke tempo cepat di beberapa bagian juga bisa ditangkap dengan baik. Bass juga cukup terasa dengan vokal khas Eddie dinikmati dengan detail. 

Adele - Easy on Me

Untuk lagu dengan fokus pada vokal seperti lagu Adele ini, Buds FE juga bisa memberikan pengalaman yang cukup baik. Detail tetapi bisa ditampilkan dengan posisi vokal yang juga cukup merata bersama dengan instrumen lain. 

Dewa 19 - Deasy

Lagu dengan beat pop rock yang cukup punchy karena permainan bass yang cukup menari, drum bass juga cukup kentara. Meski demikian lagu ini juga menyimpan beberapa detail yang harus bisa ditangkap oleh TWS seperti permainan piano dan treble yang muncul di sana sini. Buds FE bisa memberikan pengalaman yang cukup menyeluruh atas lagu ini, bass, detail serta vokal bisa dihantarkan dengan cukup baik. 

Justin Bieber feat. Ariana Grande - Stuck With You 

Lagu ini dicoba untuk menguji genre R&B yang bisa memberikan nuansa bass yang cukup kental. Di sisi lain, ending lagu ini biasanya saya gunakan untuk menguji kemampuan detail TWS. Buds FE bisa menangkap itu semua, lagu R&B dengan nuansa vokal seperti lagu ini bisa cukup nyaman didengarkan. 

Saya juga menggunakan beberapa kali Buds FE untuk meeting online. Baik di tempat umum atau yang agak sepi. Keduanya mampu memberikan kualitas suara panggilan yang cukup baik dan tanpa kendala. ANC bisa meredam cukup baik suara sekitar, mic dari Buds FE juga memberikan suara kepada lawan bicara dengan cukup baik karena tidak ada keluhan suara tidak jelas atau tidak terdengar. 

Buds Cover yang Kiyowo

Salah satu aksesoris wajib yang ingin membuat Buds FE Anda jadi lebih menarik dan seru adalah Buds Cover atau eksternal case yang dirilis dan dijual resmi oleh Samsung bekerja sama dengan IP internasional seperti Minion, Pringles atau Pokemon. 

Aksesoris ini akan membuat Buds FE Anda jadi lebih kiyowo, apalagi kalau Anda penggemar Pokemon, Anda akan serasa membawa bola pokemon kemana saja Anda pergi. Ketika dibuka, Anda bisa mendengarkan musik favorit lewat Buds FE dengan kualitas audio yang bisa diandalkan. 

Dukungan aplikasi yang simple tapi cukup lengkap

Tidak lupa Samsung juga menghadirkan dukungan aplikasi Wearable yang fungsional, simple dan cukup melengkapi. Anda bisa mengatur noise control dengan ANC atau ambient sound yang memudahkan ketika memesan kopi misalnya. Atau Anda bisa mengatur preset equalizer sesuai selera Anda, saya menggunakan pengaturan bass boost dan dynamic agar bisa memberikan pengalaman bass yang cukup tetapi tidak terlalu mengorbankan detail. 

Fitur lain seperti earbud fit test, in ear detection untuk panggilan masuk sampai dengan seamless earbud connection juga bisa Anda nikmati di aplikasi ini.

Harga dan ketersediaan Galaxy Buds FE

Buds FE dijual dengan harga 1.399.000 rupiah dan bisa dibeli di toko resmi Samsung baik offline atau online. Informasi lengkap bisa cek Samsung.com/id.