Review Samsung Galaxy A54 5G, Desain Minimalis Hadir Dengan Rasa Flagship

Galaxy A54 5G hadir dalam beragam warna, spesifikasi handal dan fitur rasa flagship

Samsung belum lama ini merilis jajaran smartphone seri A mereka, beberapa diantaranya yaitu Galacy A54 5G dan A34 5G. Artikel ini akan membahas atau review tentang perangkat Galaxy A54 5G. Apa keunggulan dan apa yang menarik dari ponsel ini? Mari kita simak review Galaxy A54 5G.

Seri A menjadi seri ponsel Samsung yang menarik untuk selalu dinantikan. Bukan hanya karena spesifikasi, harga atau ftur yang ada di dalamnya, tetapi biasanya perangkat ini hadir dengan desain yang merujuk pada desain dari perangkat kelas atas Samsung. Untuk seri A tahun ini, desainnya menyerupai atau nuansa desain dari Samsung S23 atau seri S varian paling bawah. 

Samsung Galaxy A54 5G hadir dengan beragam warna yang menarik dan dengan spesifikasi yang juga menarik. Di artikel kali ini, saya akan mencoba untuk membahas tentang pengalaman penggunaan perangkat ini dalam beberapa skenario, penggunaan sehari-hari, gaming dan juga foto. 

Desain yang mencuri perhatian 

Seperti yang saya sebutkan di atas, salah satu keunggulan dari seri mid range premium Samsung yang satu ini adalah dari sisi desain. Tidak hanya pilihan warna tetapi eksekusi secara keseluruhan dari perangkat ini memberikan kesan premium dan menggoda untuk dimiliki. 

Unit yang saya pakai berwarna hitam. Tampilan desain belakangnya glossy dengan elemen layout kamera dan eksekusi layout ponsel secara keseluruhan menyerupai seri Galaxy S23 varian yang paling bawah. 

Tentu saja ada beberapa perbedaan dari sisi finishing dan juga bahan, namun ketika digenggam atau diletakan secara terbalik. Galaxy A54 5G secara desain dan tampilan tidak kalah menarik dari seri flagship. 

Untuk layar sediri A54 5G hadir dengan 6.4 inci, lebih lebar sedikit dari S23. Bagian belakang A54 5G  hadir dengan tampilan glossy yang sangat memantulkan objek serta tentu saja jadi magnet untuk bekas jari. 

Bagian pinggir ponsel tidak terasa kotak meski agak tebal karena disematkan bagian yang agak melengkung. Sisa tampilan desainnya cukup polos terutama di layout kamera bagian belakang. Area kamera hadir dengan 3 kamera serta lampu flash. Bagian kiri pinggir ponsel polos sedangkan bagian kanan ada button volume serta power. Slot kartu di bagian bawah bersama rongga speaker, colokan type-c dan mic. 

Dari sisi warna, saya menyarankan untuk tidak membeli yang warna hitam (graphite) karena terasa flat dan minimalis (kecuali memang Anda suka dan mencari kesan ponsel dengan warna seperti ini). Karena segmen yang ingin disasar ponsel ini adalah pengguna muda, pilihan warna cerah akan terasa lebih fun serta jadi lebih mirip lagi dengan seri S. Jika ingin warna yang sama dengan seri S23, Anda bisa memilih warna Lime.

Tampilan layar depan smartphone ini dihiasi dengan layar dengan bezel yang tidak terlalu tipis, tetapi cukup clean. Ada satu kamera depan dengan desain, yang juga mirip seri flagship Samsung dengan desain Infinity-O, untuk tampilan layar secara keseluruhan terasa clean dan terasa penuh. 

Pembahasan tentang layar dan dukungan fitur hiburan 

Pembahasan terkait spesifikasi akan saya mulai dari pembahasan tentang layar. Galaxy A54 5G hadir dengan layar 6.4 inci, yang terasa cukup lebar sebenarnya, ketika digunakan untuk sehari-hari. Layar agak luas ini cocok untuk akses rutin media sosial, nonton konten dan produktivitas. 

Kualitas layar Galaxy A54 5G hadir dengan Super AMOLED FHD+ 2K (1090 x 2340) yang nyaman untuk aktivitas sehari-hari atau menonton film Dan juga bermain game. Untuk kenyamanan scrolling konten media sosial, membaca web atau scrolling konten lain didukung oleh refresh rate tertinggi sampai 120Hz. Kedalaman warna yang mampu dihadirkan layar dari perankat ini sampai 16M. 

Untuk Anda yang gemar foto atau bikin video, kombinasi ukuran layar A54 5G dengan spesifikasinya memudahkan dalam menikmati hasil foto dengan lebih lebar dan jernih. Meng-edit menggunakan jari jadi cukup terbantu karena layarnya yang sedikit lebih lebar dari ukuran ponsel sejenis di kelasnya. 

Masih berhubungan dengan layar, A54 5G juga menyenangkan untuk digunakan sebagai alat menonton atau kegiatan hiburan. Selain kualitas layar yang baik, hadirnya stereo speaker dengan dukungan dari Dolby Atmos di perangkat ini menambah keseruan dan kenyamanan dalam menonton konten. 

Jika digabungkan dari sisi desain, kualitas layar dan juga stereo speaker, menjadikan perangkat ini sebagai alat yang menyenangkan untuk menonton konten. Dukungan dari baterai 5000mAh juga memberikan tambahan fasilitas, sehingga bisa menikmati konten dengan lebih lama karena baterai yang cukup besar untuk kelasnya. 

Dukungan spesifikasi mid-range yang cukup baik

Berbicara tentang dukungan spesifikasi, Galaxy A54 5G ini menggunakan prosesor Exynos 1380 yang cukup handal dikelasnya. Hasil pengujian aplikasi benchmark Antutu memberikan angka 513.197.

Perangkat ini di pasar tanah air, saat tulisan ini dipublikasi, hanya membawa satu varian yaitu varian 8GB/256GB. Dukungan RAM dan ruang penyimpanan ini cukup ideal untuk kelas menengah. Cukup powerfull untuk berbagai kegiatan, ruang penyimpanan yang cukup lebar juga mendukung aktivitas fotografi, fasilitas pelengkap kamera 50MP yang dibawa perangkat. 

Sebagai ciri dari perangkat kelas menengah, tentunya Samsung tidak lupa menyematkan slot microSD (dual SIM hybrid) yang bisa mendukung sampai kartu memori ukuran 1TB. Tambahan ini biasanya cukup dicari oleh pangsa pasar menengah yang menjadikan perangkat utama mereka sebagai komputasi mobile utama. 

Salah satu kelebih yang ditawarkan dari perangkat ini yang juga cukup menggoda adalah dukungan IP67 yang memberikan tambahan ketenangan selama penggunaan. Fitur yang menambah kesan premium dan menjadi pelengkap desain A54 5G yang minimalis modern. 

Spesifikasi kamera dan contoh foto

Masuk ke bahasan yang biasanya menjadi salah satu daya tarik utama dari perangkat kelas menengah yaitu kamera. Galaxy A54 5G ini membawa spesifikasi khas seri A dari Samsung yang cukup handal untuk kegiatan foto dan video. 

Galaxy A54 5G membawa 3 kamera belakang dan 1 kamera depan. Kamera belakang utama hadir dengan fitur 50MP, ada OIS, lalu ada 12MP ultra wide lens dan yang terakhir adalah 5MP macro camera. Untuk kamera depan ada 32MP yang juga cukup bisa diandalkan untuk foto selfie. 

Salah satu kelebihan yang dibawa A54 5G ini adalah tampilan antar muka, termasuk juga pada aplikasi kameranya, yang serupa dengan perangkat Samsung di kelas flagship. Meski tidak selengkap S23 Ultra misalnya (tak ada fitur Expert RAW) namun fitur-fitur penting seperti pengaturan PRO dan fitur eraser khas Samsung telah ada di Galaxy A54 5G.

Dengan fitur aplikasi kamera yang serupa dengan flagship, pengguna jadi bisa memaksimalkan pengambilan foto dari sisi perangkat lunak. Nah, dari sisi lensanya sendiri, pengguna bisa menggunakan pengaturan 50MP agar lebih mudah mengatur crop atau menggunakan ultra wide lens khas Samsung dalam mengambil objek agar bisa terasa lebih luas. 

Untuk hasilnya sendiri, perangkat ini bisa mengambil foto dengan cukup baik. Pada suasana terang saat siang atau juga pada malam hari. Hasil fotonya bisa langsung dibagikan ke media sosial atau Anda juga bisa men-touchup hasil foto di aplikasi kamera bawaan - karena aplikasi editing bawaan sudah cukup lengkap, lalu membagikan ke media sosial favorit Anda. 

Untuk spesifikasi hasil perekaman video, Galaxy A54 5G bisa merekam UHD 4K(3840 x 2169) @30fps dan slow motion 240fps HD lalu juga telah dilengkapi VDIS serta auto framing.

Untuk beberapa hasil atau contoh foto Samsung Galaxy A54 5G, bisa Anda lihat berikut ini:

Foto siang hari

Foto cahaya temaram

Foto hitam putih

Foto produk jarak dekat

Pengalaman penggunaan sehari-hari dan bermain game

Hadir dengan desain minimalis, A54 5G memberikan kesan yang nyaman saat digunakan. Tanpa casing tambahan perangkat ini tampil dengan kesan modern dan mewah. Memang tampilan glossy di bagian belakang akan jadi finger print magnet namun kesan mewahnya cukup sayang untuk tidak dipamerkan. 

Bagian depan layar tampil dengan kesan flat di bagian ujungnya, meski bezel cukup tebal namun kekurangan ini bisa tertutupi dengan kualitas layar yang baik. Bahkan di cahaya terik matahari langsung. 

Untuk pengoperasian sehari-hari, perangkat ini memberikan pengalaman yang cukup baik. Dari rasa genggam, penempatan button sampai dengan kemampuan komputasi juga. Berpindah aplikasi, akses media sosial dan menjelajah internet bisa dihadapi dengan cukup baik tanpa kendala berarti. 

Untuk bermain game sendiri, Galaxy A54 5G juga nyaman digunakan. Kualitas layarnya yang baik menambah seru permainan, dukungan baterai dan juga prosesor saling mendukung untuk pengalaman bermain yang handal. Saya mencoba game CODM, pengaturan maksimal yang bisa didapatkan adalah Frame Rate: Max, Kualitas Grafik: Low, dan Frame Rate: Sangat Tinggi  maka Kualitas Grafik: High.

Salah satu tambahan fitur yang menjadikan kelengkapan dalam bermain game adalah hadirnya speaker stereo. Fasilitas yang berhubungan dengan suara ini penting karena ketika bermain dengan dua tangan maka seringkali speaker bawah tertutup oleh tangan. Hadirnya speaker yang menghadap ke bagian depan bisa memberikan pengalaman bermain game tetap terjaga. 

Dalam paket kotak yang saya dapatkan, sudah tersedia juga kartu perdana XL. Sesuai segmen yang ingin disasarnya, paket lengkap perangkat yang bisa diandalkan lengkap dengan kartu seluler. Buka kotak, Anda tinggal menggunakan perangkat untuk keseharian.

Kesimpulan Review Galaxy A54 5G

Sebagai perangkat kelas menengah, Galaxy A54 5G membawa fitur yang cukup merata. Bisa digunakan untuk komputasi sehari-hari, bermain game, hasil foto yang baik dan desain yang kekinian. Beberapa fitur dan fasilitas yang dibawanya juga serupa dengan flagship, terutama dari tampilan keseluruhan desainnya. 

Untuk kegiatan foto, kamera dan processing dari perangkat juga bisa diandalkan di kelasnya. Aplikasi kamera dari sisitem operasi yang dibawanya juga cukup mumpuni dan lengkap, lagi-lagi layaknya flagship. Fitur untuk menambah filter dari foto yang sudah pernah di-edit, penghapus objek sampai mode pro, sudah tersedia.

Samsung Galaxy A54 5G adalah paket lengkap perangkat ponsel kekinian di kelasnya. Seperti sudah menjadi tradisi, seri A dari Samsung bisa mencuri perhatian dengan ciri khas yang dibawanya.

Samsung Galaxy A54 5G dijual dengan harga 5.999.000 rupiahTersedia dalam beberapa warna, yaitu Awesome Lime, Awesome Graphite, Awesome Violet, dan Awesome White.