Mobile
for SEO
Mobile

[Review App] Belajar di RuangGuru, Cara Pintar untuk Menjadi Pintar

7 August 2018Bambang Winarso

RuangGuru sudah dipakai oleh lebih dari 6 juta murid dengan 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Menjadi pintar tidak muncul secara tiba-tiba, tapi dibentuk dan dilatih. Belajar adalah salah satu cara untuk mencapai level pintar itu. Dan di Indonesia ada banyak sekali lembaga pendidikan baik formal maupun informal untuk dijadikan media meningkatkan kemampuan diri.

Namun di era digital seperti sekarang ini, ada pergeseran tren di mana orang-orang menuntut akses yang lebih mudah sehingga keterlibatan teknologi – smartphone dan internet – sulit dihindari. Maka, kini hadirlah berbagai platform belajar online, salah satunya RuangGuru.

Di kolom Review Apps minggu ini, saya mencoba untuk tidak melirik aplikasi-aplikasi buatan pengembang luar negeri yang sedang tren. Saya ingin juga sesekali mengulas lebih dalam aplikasi-aplikasi anak negeri yang secara kebetulan memang sedang saya incar untuk membantu anak-anak dalam belajar. Jadilah akhirnya saya memutuskan untuk me-review RuangGuru. Langsung saja, kita mulai bahasan utamanya.

Apa itu RuangGuru?

Pertanyaan yang juga saya jadikan sub heading di review-review lainnya; apa itu ruangGuru. Anda tentu juga ingin mengetahui profil RuangGuru, siapa di belakangnya dan juga bagaimana kiprahnya di industri pendidikan berbasis teknologi. Terutama jika Anda punya niatan untuk menggunakan layanannya.

RuangGuru adalah sebuah perusahaan teknologi yang fokus pada layanan pendidikan, di mana siswa mulai SD hingga jenjang SMA dapat belajar lebih mudah dengan antarmuka yang interaktif. Beberapa ruang belajar yang disediakan antara lain video belajar yang bisa diulang, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain.

Di RuangGuru juga terdapat marketplace di mana orang tua dapat mencari guru private untuk anaknya, dan menyediakan ruang bagi guru untuk mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual melalui layanan Kelas Saya.

RuangGuru berdiri pada tahun 2014 oleh dua anak muda Belva Devara dan Iman Usman. Kini, basis pengguna RuangGuru sudah lebih dari 6 juta dengan 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Interface dan Layout

Aplikasi RuangGuru versi Android tersedia di Play Store dan berukuran cukup kecil, sehingga saya yakin dapat berjalan di smartphone dengan spesifikasi minimal. Interface RuangGuru menampilkan layout yang sangat menarik dan navigasi yang mudah. Pengembang RuangGuru secara cerdas menggunakan karakter-karakter animasi yang lucu dan memilih warna yang adem di mata. Layout-nya tidak terlalu ramai, latar belakang didominasi warna putih bersih sehingga label untuk setiap layanan ataupun navigasi dapat ditemukan dengan mudah.

Screenshot_2018-07-25-08-17-39-010_com.ruangguru.livestudents

 

Menu utama aplikasi hanya terdiri dari empat pilihan; Home, Pembelian, Login (Akun Saya), dan Lainnya. Menu Home menampilkan sederet layanan utama yang ditawarkan oleh RuangGuru, seperti RuangBelajar, DigitalbootCamp, RuangLes, RuangLesOnline, RuangUji dan RuangBaca.

Screenshot_2018-07-25-08-21-16-064_com.ruangguru.livestudents

 

Kemudian di menu Pembelian, saya menemukan daftar layanan yang bisa saya pesan sesuai dengan jenis layanan yang saya sebutkan di atas. Di menu ini juga saya menemukan platform berlangganan yang tersedia dalam berbagai rentang harga, daftar layanan yang saya beli dan juga voucher jika ada.

Nah, kalau untuk daftar dan login bisa ditemui di menu Login. Di panel ini Anda bisa mendaftarkan akun baru atau login apabila sudah punya akun sebelumnya. Apabila posisi Anda sudah login, menu ini akan berubah nama menjadi Akun Saya. Kemudian terakhir, menu Lainnya yang memuat beberapa opsi ekstra seperti pengaturan, bantuan, hubungi kami, tentang kami, program referal, kebijakan privasi dan syarat dan ketentuan.

Screenshot_2018-07-25-08-18-29-361_com.ruangguru.livestudents

 

Di menu home, RuangGuru juga menampilkan banner iklan yang berisi penawaran promo, bonus untuk pengguna yang berkeinginan mengikuti program referal, dan tantangan harian untuk para siswa.

Fitur dan Layanan di Aplikasi RuangGuru

RuangBelajar

Layanan RuangBelajar menawarkan tempat belajar seluruh mata pelajaran atau tergantung paket yang dipilih. Di layanan ini siswa dapat mempelajari berbagai topik dan pembahasan baik dalam bentuk teori tulisan atau video. Masing-masing topik disusun berdasarkan kelas dan program pembelajaran pemerintah. Untuk versi gratis, RuangGuru hanya menyediakan satu sampai dua topik pembahasan lengkap dengan video.

Screenshot_2018-07-25-08-24-21-902_com.ruangguru.livestudents

 

Jika pengguna ingin berlangganan tinggal pesan dari tombol yang disediakan atau dari menu Pembelian. RuangBelajar juga menyediakan laporan untuk setiap mata pelajaran. Siswa dan orang tua dapat memantau perkembangan anak di panel ini, dan mendapatkan rekomendasi apa-apa saja yang perlu ditingkatkan.

Screenshot_2018-07-25-08-22-33-335_com.ruangguru.livestudents

 

DigitalBootCamp

Screenshot_2018-07-25-08-25-13-066_com.ruangguru.livestudents

 

Layanan jenis ini bersifat interaktif, di mana siswa dapat belajar bersama tutor yang siap sedia memberikan arahan dan menjelaskan semua mata pelajaran pilihan. Satu grup hanya untuk satu mata pelajaran, sehingga hasilnya akan terukur, tutornya juga fokus. Layanan ini juga menyediakan video dengan durasi 5 sampai dengan 10 menit.

RuangLes

Screenshot_2018-07-25-08-25-21-420_com.ruangguru.livestudents

 

RuangLes ini adalah marketplace-nya guru dan murid. Anda sebagai orang tua ataupun murid bisa mencari sendiri guru les privat untuk datang ke rumah. Pengguna bebas menentukan kriteria guru yang diinginkan, dan RuangGuru akan mencarikannya untuk Anda. Atau, jika Anda bingung guru seperti yang bagus, RuangGuru juga bisa mencarikannya untuk Anda.

RuangLesOnline

Screenshot_2018-07-25-08-25-43-860_com.ruangguru.livestudents

 

Layanan RuangLesOnline diperuntukkan bagi siswa yang mengalami kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Siswa dapat mengajukan pertanyaan terkait soal di semua jenis mata pelajaran. RuangGuru menerapkan sistem koin untuk layanan ini, di mana satu koin untuk konsultasi selama 30 menit ke tutor yang diinginkan.

RuangUji

Screenshot_2018-07-25-08-25-54-652_com.ruangguru.livestudents

 

Setelah belajar sekian lama, siswa juga perlu diberi pengalaman menghadapi ujian dalam bentuk simulasi. Layanan RuangUji ini dirancang menyerupai UNBK sehingga anak akan terbiasa dengan sistem dan interface aslinya nanti. Tak cuma itu, RuangUji juga akan membahas soal-soal yang dikerjakan, mengapa keliru dan bagaimana pengerjaan yang benar serta analisis hasil untuk mengetahui bagian mana yang bisa ditingkatkan.

RuangBaca

Screenshot_2018-07-25-08-26-29-607_com.ruangguru.livestudents

 

Layanan ini lebih bersifat informatif, di mana konten-konten yang disuguhkan bertujuan untuk memperluas pengetahuan siswa baik terkait mata pelajaran ataupun pendidikan secara umum, seperti tips menghadapi ujian nasiona, SBMPTN, tips mengajar dan lain sebagainya.

Paket Berlangganan

Seperti yang sudah disinggung di atas, RuangGuru menawarkan paket berlangganan sesuai dengan kelas yang ingin diikuti. Harganya juga bervariasi.

Screenshot_2018-07-25-08-22-13-708_com.ruangguru.livestudents

 

Paket berlangganan RuangBelajar dapat diikuti dengan biaya mulai Rp 250.000 sampai dengan Rp 1.995.000. Masing-masing paket mendapatkan hak akses yang berbeda. Sedangkan biaya untuk RuangLes tergantung pada keahlian guru private yang dipilih, dimulai dari Rp 100.000/jam.

Screenshot_2018-07-25-08-31-03-505_com.ruangguru.livestudents

 

Ada juga paket RuangGuru on the Go yang menawarkan akses ke semua video pembelajaran tanpa batasan menggunakan USB On-the-Go. Paket ini ditawarkan mulai Rp 775.000 sudah termasuk study-kit.

Referral

Screenshot_2018-07-25-10-47-55-243_com.ruangguru.livestudents

 

Untuk yang ingin mendapatkan bonus-bonus menarik, RuangGuru juga menawarkan program referral yang bisa diikuti oleh siapa saja selama mempunyai akun. Bonusnya berupa pulsa senilai Rp 50.000 dan sesi RuangLesOnline.

Guru

Selain menjadi ruang bagi murid untuk belajar secara mandiri, RuangGuru juga menawarkan tempat bagi guru untuk mengajar sesuai dengan bidangnya masing-masing. Semua guru yang mendapatkan kelas, sudah barang tentu akan dibayar.

Kesimpulan

Mencapai tujuan belajar ditentukan oleh banyak faktor. Dukungan pendidikan dari sekolah, kursus, bimbingan belajar atau belajar online seperti RuangGuru ini hanya salah satu di antaranya. Disiplin, keuletan dan dukungan orang tua juga berperan besar.

Layanan RuangGuru menghadirkan cara baru untuk belajar secara mandiri, terjangkau dan menghindarkan anak dari pengaruh lingkungan yang bermacam-macam. Secara keseluruhan, saya acungkan jempol untuk RuangGuru yang tidak hanya sukses membangun sebuah platform yang solid tapi juga berhasil menyajikannya dalam kemasan yang menarik, interaktif, dan menyenangkan. Pun demikian, anak tetap membutuhkan dukungan dari orang tua dan lingkungan yang kondusif.

Sparks

  • Ukuran file yang kecil
  • Aplikasi berjalan sangat mulus
  • Fitur sangat lengkap
  • Video berjalan baik, tidak lag meski diakses dari jaringan seluler.

Slacks

  • Pemilihan warna di menu Pembelian sepertinya perlu dipikirkan kembali, menurut saya warna-warna menuala terasa kurang nyaman di mata.
  • Harga paket berlangganan masih relatif mahal terutama untuk pengguna di daerah.
  • Popup saat keluar dari layanan tertentu menurut saya cukup mengganggu.
  • Tak lama setelah me-review aplikasi RuangGuru, saya mencoba mengirimkan pertanyaan terkait paket layanan. Sayangnya, saya harus menunggu lebih dari satu pekan untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan “sederhana” saya. Kualitas layanan yang sepertinya sangat membutuhkan perbaikan secepatnya.

Sumber gambar header RuangGuru.

Application Information Will Show Up Here
Play video

24 May 2022

[Review] Samsung Kelas Menengah Galaxy A23 Vs Galaxy A13, Pilih Mana?

Buat kalian yang lagi mencari smartphone Samsung dengan fitur komplet, tetapi punya budget terbatas. Maka jawabannya ...

Others from #HybridTV