Dark
Light

Related Photos: Fitur Yang ‘Segera’ Hadir di Facebook

1 min read
May 31, 2010

Facebook dikabarkan sedang melakukan pengujian fitur baru mereka untuk user terpilih. Fitur baru ini berhubungan dengan fitur foto yang merupakan salah satu fitur unggulan Facebook dan menjadi favorit para pengguna Facebook, mulai dari upload foto, photo tag, sampai pengguna yang menggunakan layanan foto dari Facebook untuk memajang barang jualan mereka.

Termasuk di Indonesia, fitur foto Facebook ini saking terkenalnya sampai memunculkan pose kamera dari atas yang terkenal itu sebagai pose ‘khusus’ Facebook, juga istilah ‘di tag donk’, sebagai bumbu percakapan setiap kali ngumpul bersama teman, relasi atau ketika reuni.

Seperti yang dituliskan oleh Inside Facebook, fitur baru ini bernama ‘Related Photos’. Fitur ini akan muncul dibagian kanan sidebar ketika anda membuka aplikasi foto Facebook, terdiri dari dua tipe fitur utama, pertama akan menampilkan koleksi album lain dari koleksi foto akun pengguna yang fotonya sedang anda lihat, serta satu lagi akan menampilkan tambahan foto dari teman yang di-tag di foto tersebut.

Facebook sendiri membenarkan uji fitur ini, seperti yang ditulis oleh Mashable, Facebook mengatakan bahwa mereka memang sedang melakukan uji fitur pada sebagian kecil pengguna, yang memang sudah menjadi kebiasaan jika Facebook akan meluncurkan fitur baru.

Jika sudah roll-out untuk publik, fitur ini bisa menambah pengalaman pengguna dalam menjelajahi foto dari relasi mereka, jika sebelumnya kita harus membuka tab baru untuk melihat koleksi foto teman yang ada di tag foto tertentu, dengan fitur ‘Related Photos’ ini kita bisa melihat semacam preview dari koleksi foto teman yang di tag tersebut.

Langkah Facebook memang dijamin akan terus berkembang, apalagi masalah privasi telah dianggap ‘selesai’ dengan pernyataan bahwa model privasi mereka sudah mencapai bentuk final, maka kini Facebook bisa berkonsentrasi untuk meluncurkan dan menambah fitur-fitur baru yang bisa membuat para pengguna mereka semakin tidak bisa lepas dari layanan social network ini, termasuk fitur Facebook Question yang kini masih dalam taraf beta.

Tapi saya jadi bertanya, kalau misalnya fitur ‘Related Photos’ ini jadi dirilis dan ditempatkan di sebelah kanan, kira-kira iklan-iklan Facebook nantinya pindah kemana ya? Well, karena masih dalah taraf uji fitur dan hanya untuk pengguna tertentu saja, kita harus menunggu apakah fitur ini akan dirilis untuk publik atau tidak.

Jika anda termasuk pengguna terpilih yang bisa menggunakan fitur ‘Related Photos’ anda bisa share pengalaman anda di kolom komentar, dan bagi anda yang belum, bagaimana pendapat anda, apakah fitur ini, jika benar dirilis akan memberikan pengalaman tambahan atas fitur foto di Facebook, atau tidak. Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Sumber tulisan dan gambar: Inside Facebook dan Mashable.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

YouTube Tambahkan Google Moderator Pada Layanan Mereka

Next Story

Firefox Home: Dari Si Rubah Cerdik Untuk iPhone

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut