Gaming News

Rekor Baru PUBG Mobile: 400 Juta Download dan 50 Juta Pengguna Aktif Harian

18 Jun 2019 | Ayyub Mustofa
Jumlah unduhan PUBG Mobile telah meningkat dua kali lipat hanya dalam waktu tiga bulan.

Belum lama rasanya Tencent mengumumkan bahwa PUBG Mobile telah mencapai jumlah unduhan sebanyak 200 juta, kini rupanya game battle royale ini sudah mencetak rekor baru lagi. Dilansir dari The Esports Observer, data resmi dari Tencent di bulan Juni 2019 ini telah diunduh sebanyak 400 juta kali! Angka tersebut merupakan gabungan dari para pemain di Android dan iOS.

Sementara itu dari segi pengguna aktif, game ini juga mencapai milestone baru dengan capaian 50 juta daily active users (DAU). Angka-angka tersebut pun sebetulnya belum menggambarkan kesuksesan PUBG Mobile secara keseluruhan, karena tidak menyertakan data dari negara Tiongkok.

PUBG Mobile - Godzilla
Sumber: Tencent

Anda mungkin sudah tahu bahwa PUBG Mobile beberapa waktu lalu ditarik peredarannya dari Tiongkok karena terbentur regulasi pemerintah, kemudian diganti dengan game berjudul Game for Peace. Sebenarnya game “baru” tersebut memiliki gameplay, tampilan visual, serta konten yang nyaris sama persis dengan PUBG Mobile—bisa dibilang sebuah reskin belaka. Perbedaannya hanya di penghilangan unsur-unsur kekerasan serta penambahan tema nasionalisme. Menurut laporan dari Pocket Gamer di akhir tahun 2018, PUBG Mobile di Tiongkok juga sudah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali.

Rekor baru ini PUBG Mobile kali ini terbilang ekstra fantastis karena jaraknya yang begitu dekat dari milestone sebelumnya. Angka 200 juta itu diumumkan Tencent ketika PUBG Mobile menginjak ulang tahun pertama di bulan Maret 2019. Artinya mereka berhasil menaikkan jumlah unduhan hingga dua kali lipat dalam waktu tiga bulan saja. Selama ini Tencent memang terus memanjakan pemain dengan berbagai konten baru, contohnya seperti crossover dengan film Godzilla: King of Monsters yang cukup booming di pasaran.

Pembaharuan gameplay juga terus diberikan sehingga membuat game terasa segar dan tidak membosankan. Salah satu perubahan besar yang belum lama ini dirilis adalah mode baru yaitu 4v4 Team Deathmatch (TDM). Mode ini membuat PUBG Mobile terasa bukan lagi seperti game battle royale, melainkan game first-person shooter layaknya seri Counter-Strike. Mode ini memiliki map tersendiri yang disebut Warehouse, dan sejauh ini tampak populer di kalangan penggemar.

Dari segi esports, PUBG Mobile juga masih melaju kencang. Tahun ini Tencent menggelar kompetisi global bertajuk PUBG Mobile Club Open (PMCO), yang terdiri dari dua tahapan yaitu PMCO Spring Split dan PMCO Fall Split. PMCO Spring Split saat ini tengah berjalan dan akan memasuki babak Global Finals di Berlin pada tanggal 26 Juli nanti. Pastinya kompetisi tersebut merupakan hiburan menarik bagi para penggemar esports PUBG Mobile, di samping serunya konten di dalam PUBG Mobile itu sendiri.

Sumber: Tencent, The Esports Observer