29 September 2023

by Dimas Galih W.

Mencicipi Realme GT5, Smartphone Flagship yang Batal Masuk Indonesia

Realme ternyata sudah memiliki sebuah perangkat flagsnhip yang kinerjanya sangat tinggi dan punya spesifikasi yang memukau! Harganya murah

Tahun ini memang banyak vendor yang gagal mengeluarkan perangkat flagship-nya. Alasan utamanya tentu saja karena aturan TKDN yang mengharuskan mereka untuk merakit smartphone premium di Indonesia. Untuk merakit perangkat premium, tentu saja vendor tidak bisa mempersiapkannya dalam waktu yang pendek.

Ternyata, realme memiliki sebuah smartphone flagship yang sudah dikeluarkan secara global. Perangkat tersebut memiliki nama realme GT5. Oleh karena itu, realme mengundang Hybrid untuk memperkenalkan perangkat terbarunya tersebut.

Realme Indonesia juga mengatakan bahwa acara yang diadakan pada kafe Titik Temu SCBD pada tanggal 25 September 2023 itu juga sekaligus memberitahukan bahwa realme tidak berhenti berinovasi. Bahkan perangkat terbarunya ini memiliki spesifikasi yang menggiurkan.

Smartphone realme GT5 menggunakan SoC Snapdragon 8 Gen 2 terbaru, yang membuat perangkat ini memiliki kinerja yang tinggi. Yang cukup mencengangkan adalah RAM yang terpasang memiliki kapasitas 24 GB dan penyimpanan internalnya 1 TB. RAM-nya masih bisa ditambah dengan DRE sampai 12 GB.

Kamera yang terpasang juga menggunakan sensor baru. Kamera utama dari perangkat ini menggunakan Sony IMX 890. Untuk kamera ultrawide-nya memakai Sony IMX 355. Kamera swafotonya memiliki resolusi 16 MP.

Teknologi pengisian baterainya juga sangat kencang. Realme GT5 menggunakan charger dengan daya 240 watt. Realme juga berjanji bahwa baterainya bakal terisi dengan waktu hanya 10 menit saja!

Lalu bagaimana dengan harga jualnya? Saya sempat menanyakan kepada Krisva Angnieszca selaku Public Relation Lead realme Indonesia yang juga hadir pada saat itu. Dia mengatakan bahwa jika dirupiahkan, smartphone ini hanya memiliki harga Rp. 8.039.000 saja. Namun jika jadi masuk Indonesia, tentu saja harganya akan jauh lebih tinggi.

Mencoba Foto

Kamera perangkat ini menggunakan Sony IMX 890 yang, terus terang, belum pernah saya gunakan. Ternyata, kameranya mampu mengambil gambar dengan sangat baik. Hal tersebut bisa Anda lihat pada galeri berikut ini:

Cukup sulit mendapatkan noise pada kamera utamanya, bukan? Warnanya pun juga cukup akurat, sehingga kontras dan dynamic range-nya terasa bagus. Tingkat ketajamannya pun juga patut diacungi jempol.

Mencoba Antutu pada realme GT5

Saya juga mencoba melakukan benchmarking pada perangkat yang satu ini. Dengan mode GT yang menyala, ternyata kinerja dari perangkat ini merupakan yang tertinggi yang pernah saya dapatkan pada Antutu 10. Hal tersebut pun juga dilakukan dengan suhu ruangan saja.

Kinerja ini bahkan melampaui beberapa smartphone gaming yang sudah beredar saat ini. Untuk suhunya, perangkat ini tidak pernah lebih dari 42 derajat celcius sehingga membuatnya terasa adem.

Satu hal yang menjadi kekurangannya memang hanyalah perangkat ini tidak masuk ke Indonesia.