10 November 2022

by Dimas Galih W.

Realme 10, Robot Vacuum, dan Hair Dryer Resmi Hadir di Indonesia: Siap untuk 11.11

Tidak tanggung-tanggung, realme mengeluarkan 3 perangkat, yaitu sebuah smartphone, robot vacuum, serta hair dryer pada peluncuran kali ini.

Realme akhirnya kembali mengadakan acara peluncuran mereka secara offline setelah hampir 3 tahun menggelarnya hanya via video conference. Acara offline ini diadakan pada tempat yang sama pada saat peluncuran realme 5i, yaitu di Hallf Pati Unus Jakarta, pada tanggal 9 November 2022. Tidak tanggung-tanggun, realme meluncurkan 3 produk kali ini. Ketiganya adalah smartphone realme 10, Robot Vacuum, dan Hair Dryer.

Smartphone realme 10 yang diluncurkan kali ini menggunakan chipset terbaru dari Mediatek, yaitu Helio G99. Realme menggunakan konfigurasi RAM 4 dan 8 GB serta penyimpanan internal 128 GB yang bisa diambil kapasitasnya untuk memori virtual. Dengan konfigurasi ini, realme mengklaim bahwa perangkat ini mampu mencapai angka 400.000an pada benchmark Antutu 9. Jika benar, angka ini tentu saja menjadi yang tinggi untuk sebuah smartphone mainstream saat ini.

Perangkat ini sudah menggunakan layar punch hole Super AMOLED yang memiliki kontras 4.000.000:1 dengan dimensi 6.4 inci. Resolusi yang dimiliki oleh perangkat ini adalah 2400 x 1080 dan mendukung refresh rate 90 Hz dengan kecerahan 1.000 nits. Layarnya sendiri sudah memiliki perlindungan berkat Gorilla Glass 5. Realme juga mengklaim bahwa speaker dari smartphone ini memiliki suara yang lantang, yang memiliki nama 200% UltraBoom Speaker.

Kapasitas baterai yang dibawa oleh perangkat ini berkapasitas 5000 mAh. Untuk pengisian baterainya, realme 10 sudah mendukung charger SUPERVOOC 33 watt. Untuk kameranya, realme 10 menggunakan sensor ISOCELL JN1 dengan resolusi hingga 50 MP (12,5 MP). Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP.

Perangkat kedua yang diperkenalkan pada acara kali ini adalah perangkat AIoT. Nama perangkat tersebut adalah realme TechLife Robot Vacuum. Robot yang satu ini memiliki kemampuan untuk menyapu dan mengepel dalam sekali pengoperasian. Untuk melakukan pemetaan ruangan, robot ini menggunakan sistem LIDAR sehingga diklaim bakal mampu mendeteksi pergeseran permukaan dan melakukan pemetaan yang detail dan lengkap.

Perangkat terakhir adalah realme TechLife Hair Dryer. Pengering rambut ini memiliki daya hingga 1400 watt dalam sekali pemakaian agar rambut cepat kering. Realme juga mengklaim bahwa perangkat pengering rambut ini bisa mengeluarkan ion negatif sebanyak 20 juta/cm3.

Realme 10 dengan konfigurasi 4 GB/128 GB dijual dengan harga Rp. 2.799.000 dan varian 8 GB/128 GB memiliki harga Rp. 3.199.000. Untuk realme TechLife Robot Vacuum memiliki harga Rp. 3.699.000. Terakhir, untuk realme TechLife Hair Dryer dijual pada harga Rp. 299.000. Ketiga produk ini akan mendapatkan harga khusus pada promo 11.11 nanti.

Selamat tinggal SuperDART, Selamat datang kembali SuperVOOC

Pada saat acara berlangsung, ada satu hal yang cukup membuat saya bingung. Realme 10 mendukung charger 33 watt SuperVOOC, bukan SuperDART. Padahal, realme saat ini selalu menggunakan SuperDART setelah beberapa kali menggunakan teknologi buatan kakaknya, OPPO. Apa alasan realme kali ini menggunakan SuperVOOC?

Krisva Angnieszca selaku Public Relations Manager pun menjawab rasa penasaran saya. Krisva mengatakan memang realme 10 merupakan sebuah titik di mana realme akan kembali menggunakan teknologi SuperVOOC untuk pengisian daya mereka. Sehingga hal ini berarti bahwa perangkat setelah realme 10 yang akan dikeluarkan nantinya juga bakal menggunakan VOOC dan SuperVOOC, bukan lagi DART atau SuperDART.

Teknologi pengisian daya dari VOOC dan DART sendiri memang mirip-mirip dan hampir tidak ada perbedaan menurut Krisva. Namun untuk investasi pengisian cepat ini nantinya tidak akan berubah dan akan dikumpulkan ke dalam satu lini saja, yaitu VOOC dan SuperVOOC. Hal ini tentunya akan membuat pengguna realme nantinya bisa lebih mudah dalam mencari charger maupun power bank yang sudah mendukung teknologi VOOC.