16 July 2022

by Sean Edbert

Razer Siapkan Stream Controller, Saingan Elgato Stream Deck Seharga Rp4 Jutaan

Cocok banget nih buat streamer yang setup-nya full Razer!

Elgato Stream Deck memang menjadi salah satu 'alat bantu' paling laris untuk Streamer. Sakin larisnya, Elgato bahkan membuat versi pedal dari Stream Deck supaya dapat dioperasikan menggunakan kaki. Tak mau ketinggalan, tampaknya Razer telah menyiapkan saingan untuk produk besutan Elgato itu yang mereka namakan "Stream Controller".

Image Credit: Razer

Tidak sendirian, Razer bekerja sama dengan Loupedeck untuk mewujudkan perangkat penyedia shorcut ini. Bahkan, jika diperhatikan lebih baik, Razer Stream Controller ini ternyata merupakan Loupedeck Live yang di-rebrand. Software yang disertakan juga bukan dari Razer -- melainkan dari Loupedeck. Meski begitu, Stream Controller masih dapat dikoneksikan ke Razer Synapse untuk mengatur sistem pencahayaan RGB-nya.

Dari segi fungsional, tugas dari Stream Controller ini sama seperti Stream Deck atau alat bantu streamer lainnya -- yaitu menyediakan tombol shortcut untuk mengatur atau meluncurkan perangkat lunak di PC Anda.

Image Credit: Razer

Untuk jumlah tombolnya, Razer menyematkan 12 tombol berlayar LCD dengan haptic feedback. Selain itu, terdapat juga tiga knop di sisi kiri dan kanan layar serta 8 tombol di bagian bawah. Tentunya, semua tombol ini dapat ditur kegunaannya sesuka hati.

Dengan software dari Loupedeck, pengguna dapat meng-kustomisasi hampir semua aspek dari ke-12 tombol di atas -- seperti macro, perintah, gambar di layar LCD-nya, hingga haptic feedback yang dihasilkan. Knop-knop yang disematkan oleh Razer didesain untuk mengatur semua volume peripherals pengguna seperti microphone, headphone, dan banyak lagi.

Saat semua tombol tersebut sudah penuh, Anda dapat membuat layout baru bernama "Workspace" di software Loupedeck. Anda dapat mengakses layout-layout yang telah dibuat dengan cara menggeser layar ke kiri atau kanan.

Image Credit: Razer

Anda harus merogoh kocek sebesar US$269.99 atau sekitar Rp4 jutaan untuk membawa pulang Razer Stream Controller ini. Dari segi harga, Stream Controller ini sebenarnya bersaing dengan Elgato Stream Deck XL (versi lebih besar dari Stream Deck) yang dibanderol dengan harga US$220 atau sekitar Rp3.3 jutaan. Bedanya, Elgato menyediakan 32 tombol berlayar LCD yang dapat diotak-atik -- dan tidak disertai dengan knop volume maupun pencahayaan RGB khas Razer.

Razer telah membuka pre-order untuk Stream Controller dan akan mulai mengirimnya ke pembeli saat musim gugur mendatang. Jika Anda tertarik dengan perangkat besutan Razer satu ini, Anda dapat mengetahui informasi lebih lengkapnya di website resmi mereka.

Feat image credit: Razer