Gadget News
for SEO
Gadget News

Razer Huntsman Mini Analog Padukan Teknologi Ala Controller dengan Layout Keyboard yang Amat Ringkas

4 March 2022Glenn Kaonang

Razer Huntsman Mini Analog didedikasikan untuk yang tertarik dengan inovasi yang ditawarkan Huntsman V2 Analog, tapi keberatan dengan fisik bongsornya

Razer punya mechanical keyboard baru. Namanya Huntsman Mini Analog, dan perangkat ini ditujukan bagi mereka yang tertarik dengan inovasi yang ditawarkan Huntsman V2 Analog, tapi keberatan dengan fisik bongsornya.

Sebagai pengingat, Huntsman V2 Analog yang diluncurkan tahun lalu hadir membawa switch yang sangat unik. Switch tersebut tak hanya mengadopsi mekanisme optical sehingga lebih responsif dan tahan lama, tetapi juga mengemas teknologi analog seperti yang umum kita jumpai pada joystick gamepad.

Menggunakan gamepad, jika kita dorong joystick kirinya ke depan sedikit, maka karakter di dalam game biasanya akan bergerak maju secara perlahan. Kalau kita dorong ke depan sampai mentok, maka sang karakter bakal berjalan lebih cepat atau malah berlari. Prinsipnya sama persis di sini; teknologi analog pada dasarnya memungkinkan masing-masing switch untuk mendeteksi seberapa dalam ia ditekan, lalu menerjemahkannya menjadi input yang berbeda.

Lebih lanjut, teknologi analog juga memungkinkan Razer untuk menawarkan fitur-fitur seperti adjustable actuation maupun dual-step actuation. Fitur yang kedua ini unik karena pengguna pada dasarnya dapat mengaktifkan dua fungsi yang berbeda hanya dalam satu kali tekan.

Kara “Mini” pada namanya menjadi penanda bahwa perangkat ini memiliki wujud fisik yang nyaris identik seperti Huntsman Mini yang dirilis di tahun 2020. Seperti pendahulunya itu, Huntsman Mini Analog juga mengadopsi layout 60%, yang berarti ukuran fisiknya cuma 60% dari keyboard dengan layout full-size. Selain area numpad dan barisan tombol function, bagian yang turut dihilangkan di layout semacam ini adalah tombol navigasi dan arah panah. Untuk mengakses tombol-tombol yang tidak ada itu, pengguna harus menggunakan kombinasi beberapa tombol, semisal “Fn + 5” untuk “F5”.

Kabar baiknya, Razer tidak lupa menambahkan label ekstra di bagian samping keycap sehingga pengguna bakal lebih dimudahkan saat hendak mengaktifkan fungsi sekunder masing-masing tombol. Keycap-nya sendiri terbuat dari bahan PBT doubleshot yang tahan lama, lengkap dengan permukaan yang bertekstur untuk semakin menambah kenyamanan. Untuk rangka bodinya, Razer tetap menggunakan bahan aluminium. Kabelnya dapat dilepas-pasang sehingga lebih mudah disimpan dan dibawa-bawa.

Bagi konsumen yang tertarik, Razer Huntsman Mini Analog kabarnya akan segera dijual di Indonesia mulai bulan Maret ini juga dengan harga resmi Rp2.299.000.

Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV