Dark
Light

Raksasa Internet Rusia Lahap ICQ

1 min read
April 29, 2010

Agresif sekali langkah yang diambil perusahaan internet terbesar Rusia, Digital Sky Technologies (DST). Setelah membeli saham Facebook sebesar US$200 juta atau sekitar 1.96%, lalu invest di perusahaan game Zynga sebesar US$180 juta, dan juga di startup belanja Groupon sebesar US$135 juta, kini mereka membeli ICQ dari AOL sebesar US$187.5 juta.

Baru minggu lalu Rama bilang kalau “they’re up to something” dan VentureBeat juga membahas kenapa mereka bisa seagresif ini. Ada yang bisa nebak apa sebenarnya endgame mereka?

ICQ sendiri bisa dibilang adalah peninggalan purbakala internet, salah satu aplikasi instant messenger paling awal dan paling populer di jamannya. Gue udah lupa nomer ICQ gue berapa dan pas dulu juga ngga terlalu banyak make sih. Pertama muncul tahun 1996 dari perusahaan Israel, Mirabilis, dan kemudian dibeli AOL pada tahun 1998.

Yang gue juga kaget ternyata mereka masih terus ngeluarin versi baru, terakhir Januari kemarin dengan fitur integrasi ke Facebook. Mengutip BusinessNewsWire, kehadiran ICQ masih kuat di wilayah Russia, Jerman, Republik Ceko, dan Israel.

Semua akuisisi dan investasi DST punya satu benang merah: sosial. Jadi, selamat mulai berteori konspirasi tentang era baru perang kutub-kutub dunia informasi!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Klout Dapat Suntikan Dana Baru

Next Story

Interface Baru di Player YouTube

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft menunda akuisisi Activision Blizzard

Microsoft dan Activision Blizzard Sepakat Menunda Akuisisi ke Bulan Oktober

Perjalanan panjang dari akuisisi terbesar oleh dua perusahaan teknologi raksasa,
Drama akuisisi Activision Blizzard

Microsoft Menangkan Pengadilan, Akuisisi Activision Blizzard Masuki Babak Akhir

Drama akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft sepertinya akan segera berakhir.