Dark
Light

Raindrop, Inbox Yang Cerdas

1 min read
October 23, 2009

Mozilla Labs telah sukses mengembangkan sebuah platform email dan komunikasi open source yang dinamakan Raindrop. Konsep yang masih experimental ini dikembangkan dengan fokus ke pembicaraan personal dimana semua pembicaraan akan dihost di satu klien.

Menurut keterangan di situsnya, Raindrop adalah sebuah usaha untuk mengerti percakapan yang terjadi di web belakangan ini dan merancang sebuah interface yang membantu pengguna mengelola kehidupan digital mereka. Sekarang Raindrop masih dalam fase prototype dengan fungsi-fungsi awal yang sudah berjalan dengan cukup baik. Fungsi pengkategorian pesan untuk memisahkan pesan personal dengan pesan lain, memisahkan email pribadi dengan email dari mailing list tentu menjadi fitur yang memang dibutuhkan pengguna. Jadi Raindrop akan mengimport semua email anda lalu memilah antara pesan pribadi dengan pesan dari mailing list dan juga memisahkan antara Direct Messages dan Replies Twitter anda bahkan anda juga dapat mengirimkan update ke Twitter langsung dari inbox Raindrop.

Raindrop ini juga diklaim bukan merupakan ancaman terhadap penyedia jasa email seperti Yahoo Mail dan GMail, namun Raindrop adalah perangkat lunak yang membantu anda mengelola dan memaksimalkan komunikasi digital anda. Sebuah solusi cerdas yang mampu memahami kebiasaan komunikasi anda.

Sepertinya sih Raindrop ini memang bersaing langsung dengan Google Wave, dan dengan waktu rilis yang tidak terlalu lama berselang sepertinya memang persaingan ini sudah direncanakan sejak lama. Dengan Google dan Mozilla yang sudah melirik ke arah platform komunikasi baru ini, sepertinya tinggal menunggu waktu saja kita akan merubah kebiasaan kita berkomunikasi.

Bingung? Lihat video ini. Fakir bandwidth? Ganti ISP 😀

Raindrop UX Design and Demo from Mozilla Messaging on Vimeo.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Ngerumpi dan Curipandang Goes Mobile

Next Story

All New Plasa.com, On The Way!

Latest from Blog