Dark
Light

Quest Ingin Mengubah Pandangan Bahwa Aplikasi To-Do-List Itu Membosankan

1 min read
August 18, 2015

Fungsi aplikasi to-do-list adalah untuk membantu Anda terus fokus dalam menyelesaikan pekerjaan secara teratur. Untuk tugas-tugas dari atasan di kantor, Anda mungkin akan tetap mengerjakannya tanpa harus dipaksa. Tapi untuk pekerjaan lain macam menyuci mobil atau mengelap jendela rumah, terkadang kita butuh insentif menarik agar mau menyelesaikannya.

Inilah yang dituju sebuah aplikasi to-do-list baru untuk iOS bernama Quest. Ketimbang hanya membantu Anda menyortir pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan berdasarkan skala prioritas, Quest juga ingin memberikan insentif setiap kali Anda menyelesaikan suatu tugas.

quest-to-do-list-app-02

Seperti biasa, di sini Anda juga bisa membuat sejumlah entry dalam berbagai kategori. Navigasinya mengandalkan gesture yang intuitif, dan Anda juga bisa memilah-milah urutan setiap entry dengan gesture drag and drop. Singkat cerita, ia mengemas fitur-fitur yang sejatinya sudah menjadi standar aplikasi to-do-list, lengkap dengan sebuah widget untuk Notification Center.

Info menarik: Wunderlist untuk Mac Kini Bisa Diakses Tanpa Harus Membuka Aplikasinya

Lalu apa letak keunikan Quest? Dalam aplikasi ini, Anda juga memiliki sebuah karakter imut dalam grafik 8-bit. Setiap kali Anda menyelesaikan suatu pekerjaan, karakter Anda akan mendapat Experience Point guna meningkatkan level-nya. Persis seperti ketika Anda menyelesaikan suatu quest dalam game RPG.

Setiap kali karakter Anda naik level, Anda akan memperoleh sejumlah item yang bisa dipakaikan ke karakter Anda, mulai dari baju, helm sampai pedang dan tameng. Kalau Anda menggunakan Apple Watch, Quest akan menampilkan karakter Anda beserta daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

quest-to-do-list-app-apple-watch

Secara keseluruhan, Quest cocok bagi Anda yang baru mulai membiasakan diri menggunakan aplikasi to-do-list. Mekanisme game dengan grafik yang lucu bisa menjadi penggugah niat yang efektif dalam mendisplinkan diri masing-masing.

Kalau tertarik, Anda bisa langsung mengunduh Quest di App Store seharga Rp 23 ribu. Aplikasi ini turut mendukung fitur sinkronisasi via iCloud.

Sumber: App Advice.

Glenn Kaonang

Gamers, proud daddy, entering web3 with critical mindset.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Masalah Terbesar Startup adalah “Memahami Masalah”

Cara Mengganti Tema Android
Next Story

Proyek Remake Resident Evil 2 Buatan Fans Dihentikan, Harapan Belum Hilang

Latest from Blog

Don't Miss

Game Lokal Lokapala Ekspansi ke Asia Tenggara

Anda tentu sudah mengetahui tentang game mobile bernama Lokapala, bukan? Game dengan

OpenAI Luncurkan Aplikasi Resmi ChatGPT di iOS, Android Menyusul

Mulai populer di akhir tahun lalu, penggunaan AI sudah mulai