17 March 2023

by Lukman Azis

Qualcomm Umumkan Platform Mobile Snapdragon 7+ Gen 2, Bawa Pengalaman Gaming dan Fotografi Premium

Performa CPU di Snapdragon 7+ Gen 2 meningkat lebih dari 50%, GPU meningkat 2x lipat, dan efisiensi dayanya 13%

Qualcomm telah mengumumkan platform mobile seri 7 terbarunya, Snapdragon 7+ Gen 2 yang menjanjikan pengalaman penggunaan smartphone yang premium. Ia membawa peningkatan performa CPU dan GPU yang dapat menjalankan game dengan lebih mulus, fotografi dengan cahaya rendah yang dinamis dan videografi lebih baik dengan 4K HDR, pengalaman yang disempurnakan dengan AI, serta konektivitas 5G dan WiFi berkecepatan tinggi.

"Snapdragon identik dengan pengalaman mobile premium. Peluncuran Snapdragon 7+ Gen 2 hari ini menggambarkan kemampuan kami untuk menghadirkan beberapa fitur unggulan yang paling banyak diminati ke dalam seri Snapdragon-7, kami yang membuatnya dapat diakses oleh lebih banyak orang," jelas Christopher Patrick, Senior Vice President dan General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc.

Fitur & Spesifikasi Teknis Platform Mobile Snapdragon 7+ Gen 2

Mulai dari CPU, Qualcomm Kryo pada Snapdragon 7+ Gen 2 menawarkan kecepatan clock puncak hingga 2,91 GHz dan menyuguhkan peningkatan performa lebih dari 50% dibandingkan dengan Snapdragon 7 Gen 1. Sementara, GPU Qualcomm Adreno memberikan peningkatan 2x lipat dan efisiensi dayanya meningkatkan hingga 13%.

Untuk gaming, Snapdragon 7+ Gen 2 didukung oleh fitur Snapdragon Elite Gaming tertentu seperti Auto Variable Rate Shading (VRS). Fitur ini mengoptimalkan daya dan kinerja dengan merender konten secara fokus pada resolusi penuh dan latar belakang adegan pada resolusi yang lebih rendah.

Volumetric Rendering juga menambahkan realisme pada adegan game dengan grafis partikel seperti kabut dan asap. SoC ini juga memiliki fitur Snapdragon Sound dengan Qualcomm aptX untuk melakukan streaming musik tanpa kehilangan suara dan bebas jeda saat bermain game.

Di aspek pencitraan, Snapdragon 7+ Gen 2 dibekali fitur Triple ISP 18-bit yang memungkinkan mengambil gambar dalam mode mega low light. Sistem dapat mengambil 30 gambar dan menggabungkan bagian-bagian terbaik menjadi satu foto untuk hasil yang lebih terang, jernih, dan berwarna di malam hari.

Pengguna dapat menangkap 4.000x lebih banyak data kamera dibandingkan dengan 14-bit, untuk rentang dinamis yang ekstrem dengan warna dan kejernihan yang lebih jelas. Platform mobile ini mendukung pengambilan foto hingga resolusi 200MP dan pengambilan video HDR staggered dengan eksposur tiga kali lipat dari dua kamera secara bersamaan.

Lanjut ke AI, Qualcomm AI Engine yang terintegrasi di dalam Snapdragon 7+ Gen 2 memiliki performa AI 3x lebih baik dengan performa 40% lebih baik per Watt dibandingkan pendahulunya. Ada Qualcomm Sensing Hub dengan prosesor AI khusus yang mendukung kasus penggunaan yang sesuai dengan konteks seperti pengenalan aktivitas pengguna dan deteksi pemandangan akustik.

Beralih ke aspek konektivitas, SoC ini didukung oleh Snapdragon X62 5G Modem-RF System yang menawarkan kecepatan unduh hingga 4,4 Gbps dan efisiensi daya yang lebih baik. Mendukung lebih banyak jaringan, frekuensi, dan bandwidth secara global.

Untuk pertama kalinya dalam seri Snapdragon 7, platform ini menyertakan dukungan untuk 4G/5G Dual-SIM Dual Active (DSDA). Artinya pengguna dapat menggunakan dua SIM saat bepergian atau untuk memisahkan komunikasi pekerjaan dan pribadi. Juga dilengkapi Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System untuk menghadirkan WiFi yang cepat hingga 3,6 Gbps.

Tak perlu menunggu lama untuk melihat smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 7+ Gen 2. Redmi dan realme diharapkan akan merilis smartphone terbarunya dengan platform ini pada bulan Maret ini.