Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Dark Eclipse Segera Dirilis, Inilah Game MOBA Pertama untuk PS VR

21 September 2018Ayyub Mustofa

Paduan sensasi MOBA dan RTS ini memperkenalkan sistem kontrol "drag and drop" di ruang virtual

Sudah bosan bermain MOBA di perangkat mobile? Jenuh dengan MOBA di PC yang begitu-begitu saja? Artinya Anda butuh pengalaman baru. Dark Eclipse adalah game online kompetitif yang menggabungkan unsur MOBA dengan RTS. Game ini memiliki tempo permainan cepat (satu ronde antara 10-30 menit) serta kontrol yang mudah dipelajari, tapi bukan itu yang membuatnya menarik.

Keunikan utama Dark Eclipse terletak pada platform-nya, yaitu PlayStation VR. Anda akan merasa seperti hadir langsung di arena pertempuran fantasi yang penuh pahlawan, monster, maupun iblis. Ini merupakan pertama kalinya ada developer yang merilis game bergenre MOBA di PS VR.

Dark Eclipse | Screenshot 1
Sakura, salah satu Leader di Dark Eclipse | Sumber: Sony

Selain platform-nya, Dark Eclipse juga mencoba membuat inovasi baru dalam genre MOBA dengan memberi fokus lebih pada elemen strategi. Di sini Anda tak hanya sibuk mengendalikan karakter hero (disebut Leader) saja, namun juga harus memikirkan manajemen bangunan. Bila MOBA pada umumnya hanya punya satu jenis tower atau turret, Dark Eclipse justru memiliki lima jenis tower. Setiap tower memiliki kemampuan dan tipe serangan berbeda-beda.

Jangan bayangkan sistem kontrol seperti RTS di PC yang menggunakan mouse dan keyboard, ataupun MOBA di smartphone yang memanfaatkan kontrol analog. Dark Eclipse justru memanfaatkan ruang tiga dimensi dalam VR untuk menciptakan sistem kontrol baru bertipe “drag and drop”.

Dark Eclipse | Screenshot 2
Dark Eclipse menggunakan format 3-lawan-3 | Sumber: Sony

Anda dapat “mengambil” unit yang terlihat dalam ruang VR secara langsung layaknya mengambil obyek dengan tangan, lalu “menaruh” unit itu di posisi yang Anda inginkan. Kurang lebih mirip seperti gerakan memindahkan bidak catur, namun di ruang virtual. Sistem kontrol ini dapat dijalankan dengan controller PS Move ataupun DualShock 4 biasa.

Sejatinya Dark Eclipse diciptakan sebagai game kompetitif dengan format 3-lawan-3, namun pada saat peluncurannya Sunsoft hanya akan menyediakan mode 1-lawan-1. Ini dilakukan untuk menghindari sepinya pemain dan lamanya melakukan matchmaking, mengingat Dark Eclipse merupakan judul baru dan PS VR memang tidak seramai platform lain yang lebih mainstream.

Dark Eclipse | Screenshot 3
Kontrol “drag and drop” dalam Dark Eclipse | Sumber: Sony

Setelahnya, barulah Sunsoft akan merilis mode 2-lawan-2 dan 3-lawan-3 secara bertahap. Pakem MOBA untuk VR hingga kini belum ada yang mempopulerkan, jadi Sunsoft ingin melakukannya dengan sebaik mungkin. Mereka juga akan meluncurkan fitur spectator, supaya Dark Eclipse dapat dinikmati sebagai sebuah cabang esports yang benar-benar legit.

Dark Eclipse akan segera hadir di PlayStation Store seluruh dunia secara gratis pada tanggal 25 September 2018. Perilisan Dark Eclipse juga sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun developer-nya, Sunsoft, yang ke-40. Mereka adalah studio senior yang merupakan kreator seri Blaster Master (NES), Eternal Eyes (PS1), Clock Tower 3 (PS2), dan banyak judul lainnya.

Sumber: Gematsu.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV