26 January 2023

by Glenn Kaonang

Proyek NFT Doodles 2 Siap Meluncur di Blockchain Flow

Flow dipilih demi mewujudkan fitur kustomisasi yang sangat ambisius

Doodles merupakan salah satu proyek NFT Ethereum tersukses, dengan volume perdagangan total yang sudah melebihi angka $550 juta semenjak diluncurkan pertama kali pada Oktober 2021. Namun untuk proyek mereka yang berikutnya, Doodles rupanya ingin hijrah dari Ethereum.

Lewat akun Twitter resminya, tim Doodles mengumumkan bahwa mereka akan segera merilis Doodles 2 di blockchain Flow. Flow, buat yang kurang familier, adalah jaringan blockchain proof-of-stake yang menjadi kepercayaan banyak platform NFT olahraga, termasuk halnya proyek NBA Top Shot yang luar biasa populer.

Doodles 2 pertama kali diumumkan di ajang NFT.NYC pada pertengahan tahun lalu. Tim Doodles kala itu menjelaskan bahwa proyek barunya tersebut akan memiliki skala yang lebih besar, sekaligus dapat menjangkau lebih banyak kalangan konsumen.

Salah satu faktor utama yang membedakan Doodles 2 dari pendahulunya adalah kustomisasi. Saat sudah diluncurkan nanti, pembeli dapat melakukan minting sebuah NFT dengan model dasar, lalu memilih atribut-atribut generik macam warna kulit maupun warna rambut. Tidak berhenti sampai di situ saja, pembeli juga dapat melakukan kustomisasi lewat sejumlah wearable item yang disiapkan untuk NFT Doodles tersebut.

Singkat cerita, NFT Doodles 2 akan bersifat dinamis, sebab para kolektor dibebaskan untuk melakukan kustomisasi kapan saja mereka mau. Mereka bahkan bisa memilih untuk menampilkan NFT-nya dalam format satu badan penuh, atau sebatas leher ke atas saja.

Semua kustomisasi ini berlangsung secara on-chain, dan berkat penggunaan jaringan blockchain Flow, para kolektor Doodles 2 akan dapat melakukan kustomisasi sebanyak mungkin tanpa sekali pun perlu membayar biaya transaksi atau gas fee.

Alasan lain mengapa tim Doodles memilih Flow adalah terkait aksesibilitas. Dengan Flow, konsumen dapat menciptakan akun crypto wallet semudah login menggunakan akun Gmail, kemudian melakukan pembelian menggunakan kartu kredit konvensional.

Peluncuran Doodles 2 akan dilakukan secara bertahap, dimulai pada 31 Januari dengan sesi minting perdana NFT wearable item yang dapat diikuti oleh para kolektor Doodles orisinal. Tiap-tiap NFT wearable item ini tentu saja dapat diperdagangkan di secondary market, memberikan potensi kustomisasi yang lebih luas lagi bagi para kolektor nantinya.

Via: NFT Now.