Dark
Light

Nokita, Mimpi Menyalip Microsoft untuk Membeli Nokia

1 min read
November 6, 2013

Sebagai penggemar Android, bagi saya salah satu pertanyaan terbesar yang mungkin tidak akan pernah terjawab adalah “apa jadinya jika Nokia ikut membuat ponsel pintar berbasis Android?”. Sebagai penguasa pangsa pasar terbesar di era feature phone, ponsel-ponsel Nokia dalam pandangan subjektif saya selalu memiliki kualitas yang terbaik di kelasnya. Kurang dari dua minggu lagi, proses legal formal penjualan divisi perangkat Nokia ke Microsoft akan segera rampung dan bersama dengan itu akan tertutup pula harapan melihat ponsel Android besutan Nokia.

Rupanya saya tidak sendiri. Seorang mantan karyawan Nokia bernama J. Prada masih memiliki mimpi untuk bisa menyalip Microsoft di saat-saat akhir. Melalui sebuah inisiatif yang disebutnya sebagai Nokita, Prada mengundang investor untuk menghimpun dana sebesar 7,2 juta dolar AS untuk menandingi angka pembelian Nokia oleh Microsoft. Prada, yang pernah menjabat berbagai jabatan manajerial di Nokia, berargumen bahwa jika dana tersebut terkumpul, ia optimis dalam tiga tahun akan bisa mengembalikan investasi tersebut hingga tiga kali lipatnya.

[youtube id=”DbESx65M6OY” width=”620″ height=”360″]

Jika berhasil menikung Microsoft dalam pembelian Nokia, salah satu strategi utama yang akan diusung oleh Prada adalah akan merilis ponsel-ponsel Nokia yang berbasis sistem operasi Android dan Linux. Prada bahkan berani membuat target pangsa pasar sebesar 15% dari seluruh pasar perangkat berbasis Android dalam 1 tahun dan sebesar 25% setelah 3 tahun.

Meingat tenggat waktu selesainya proses penjualan divisi perangkat Nokia ke Microsoft adalah pada tanggal 19 November nanti, Prada hanya punya waktu sangat sedikit untuk mengumpulkan dana bagi Nokita. Secara realistis, saya pikir kans keberhasilan Nokita sangat kecil. Tapi toh tidak ada salahnya berusaha. Bagaimana prediksi Anda?

Previous Story

Connected Classrooms, Studi Tur Virtual Ala Google+

Next Story

Canalys: Pangsa Pasar Q3 Windows Phone Merangkak Naik

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Microsoft 365 Copilot Rilis Update Terbaru, Tawarkan Sistem AI yang Lebih Terintegrasi

Keseriusan Microsoft untuk mengembangkan sistem AI Copilot terus dibuktikan lewat

GoTo Gandeng Microsoft Dukung Produktivitas Tim Engineer Lewat GitHub Copilot

GoTo Group, salah satu ekosistem digital terbesar di Indonesia, telah