Dark
Light

PriceArea Kembangkan Layanan Pencarian Melalui Twitter

1 min read
April 14, 2011

PriceArea, mesin pencarian harga barang dan spesifikasinya, menambah fitur baru. Sesuai dengan edaran email dan yang tertulis di informasi akun Twitternya, PriceArea sekarang melayani pencarian melalui Twitter. Ini merupakan tambahan layanan yang kedua di tahun ini setelah pada Januari lalu merilis fitur News dan Deals.

Syntax yang dibutuhkan tidak kompleks. Cukup mention PriceArea dengan format “@PriceArea #harga [merk/tipe]”. Nantinya akun Twitter PriceArea akan menjawab tentang harga paling murah yang bisa didapat.

Contohnya sebagai berikut, saya bertanya “@PriceArea #harga macbook pro 13 inch i5”, kemudian PriceArea akan menjawab “harga macbook pro 13 inch i5 termurah Rp. 11.999.000,- selengkapnya http://www.pricearea.com/result/macbook+pro+13+inch“. Cukup menarik bukan? Tidak perlu repot untuk buka satu tab lagi di peramban untuk mencari informasi tentang suatu barang. Sayangnya, dari beberapa kali percobaan saya menemukan fakta bahwa setidaknya untuk saat ini yang melayani pencarian bukanlah bot/mesin melainkan secara manual. Terlihat bahwa jawaban tersebut di-tweet via web. Kerugiannya adalah jawaban tidak akan tersedia dalam real time, bisa jeda beberapa menit atau bahkan beberapa jam, tergantung kapan si operator mengecek mention-nya.

Padahal sebenarnya inovasi ini sudah bagus dalam menarik pengguna untuk mencobai sistem pencarian yang dimiliki PriceArea melalui Twitter. Seandainya ada bot yang mampu meng-handle hal ini, pencarian pun bakal menjadi lebih nyaman. Setiap kali ada mention dengan syntax yang diberikan, argumen [merk/tipe] akan langsung diproses sebagai input pencarian, hasilnya akan di-tweet secara otomatis oleh bot itu lagi. Saya rasa jika tim pengembangnya mempelajari lebih lanjut tentang Twitter API, hal seperti ini tidak akan menjadi terlalu sulit.

Sementara ini, sudah ada bot @begobet dan @simsimi_id yang memanfaatkan Twitter API untuk berinteraksi dengan para pengguna Twitter. Saya harapkan di @PriceArea bisa secepatnya ada di jajaran ini dan memberikan layanan yang optimal. PriceArea merupakan situs pencari barang dan harga yang telah mendapatkan pendanaan dari East Ventures di medio Oktober lalu. PriceArea mengagregasi informasi dari berbagai sumber yang tersedia secara online, baik distributor resmi maupun via situs-situs e-commerce macam tokopedia, krazy market, juale, tokobagus dan lain-lain.

1 Comment

  1. Thanks atas postingnya @amirk.

    Saat ini PriceArea masih membenah struktur keyword agar Bot tidak meleset saat me-reply query yang diminta oleh user via Twitter. Walaupun masih ‘manual’, mudah-mudahan dapat membantu user agar lebih mudah dan efisien dalam hal pencarian barang dan harga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Product Name Vs. Company Name, Which is More Important?

Next Story

Event Report: Workshop Coding for Mobile Game Developer

Latest from Blog

Don't Miss

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir
Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan