Dark
Light

Post Editor 2.0 di Posterous

2 mins read
April 12, 2010

Posterous mengumumkan sebuah perkembangan terbaru atas fitur post editor mereka bernama Post Editor 2.0. Post editor ini diklaim sederhana namun powerful, sesuai dengan karakter blog di Posterous yang sederhana dan minimalis.

Post editor 2.0 memungkinkan anda untuk mem-post konten yang terdiri dari kombinasi foto, musik, video dan docs serta teks. Seperti yang di tulis dalam rilis resminya, user bisa menggabungkan kombinasi jenis post tanpa batasan jumlah tertentu, misalnya hanya boleh satu foto dua video, dll, Posterous membolehkan user untuk menggabungkan kombinasi post sesuka mereka.

Kesederhanaan adalah yang utama di Posterous, jadi Post Editor ini juga sederhana dan mudah untuk di operasikan. Fungsi apa saja yang bisa dinikmati di Post Editor 2.0 dari Posterous ini, yang pertama adalah Upload File apapun yang termasuk foto, musik, video dan dokumen. User tinggal memilih file apa yang akan di upload dan dimasukkan ke dalam post, upload juga bisa dilakukan dengan sekaligus, nantinya akan ada grafik bar yang menjelaskan waktu dan proses berjalannya upload, tidak diperlukan software tambahan, tinggal pilih file dan upload.

Yang kedua, Edit Image, user kini bisa langsung melakukan edit foto seperti fungsi rotation, re-ordering, serta menghapus file dengan mudah, untuk reordering, user cukup drag dan drop file yang dipilih dan mengaturnya sesuai dengan keinginan, kemudian untuk fungsi rotation dan menghapus file bisa dilakukan dengan sekali klik.

Kemudian yang ketiga adalah fungsi Rich Text, media dan fungsi yang berkaitan dengan Group Image. Kini setiap anda meng-upload gambar, anda bisa menambahkan teks di bawahnya, disampingnya atau dimana pun anda menginginkannya, anda juga bisa merubah ukuran huruf serta berbagai kombinasi lainnya, selain itu untuk fitur group image, Post Editor baru ini memungkin anda unuk mengatur ulang galeri gambar anda, mengeluarkannya dari album yang satu dan memasukkannya ke album yang lain.

Saya sendiri telah mencobanya dengan cara masuk ke fitur Manage setelah sign in ke akun Posterous anda, lalu klik Post by web yang ada di scroll pilihan sebelah kanan judul Posterous anda. Setelah itu anda bisa langsung mengisi posting-an anda dengan teks atau mengupload file, dan untuk pilihan upload ada di sebelah kanan di tab media. Untuk mengedit album atau mengelompokkan image dalam album tertentu, klik image, maka akan muncul pop up kotak baru, lalu perhatikan pilihan tab di bagian kiri dibawah pilihan ‘delete this gallery’.

Untuk pengguna aplikasi blog seperti Blogger, WordPress atau yang lain, fasilitas ini mungkin biasa saja, tapi jika membicarakan Posterous yang terkenal dengan simplisitasnya, ini adalah sebuah perubahan yang cukup besar, karena Posterous sepertinya mulai bergerak dengan melakukan banyak perkembangan untuk berhadapan dengan apliakasi blog lainnya, seperti yang ditulis oleh ReadWriteWeb, bahwa Posterous mulai keluar dari kesan minimalis mereka.

Beberapa fitur baru seperti post terjadwal yang diluncurkan beberapa waktu lalu dan kini dengan Post editor 2.0-nya, adalah beberapa indikasi perkembangan Posterous untuk memposisikan dirinya sejajar dengan aplikasi blog lain dari segi fitur.

Post Editor 2.0 ini bisa digunakan untuk mengedit post yang telah dibuat atau untuk membuat post baru. Dan sebagai penutup saya mengutip kalimat yang ditulis di blog Posterous, ini juga bisa menandakan perubahan mereka:

” Posterous is not a microblog. It’s your place to post everything.”

Bagaimana pendapat anda, apakah anda salah satu dari pengguna Posterous? Apakah menurut anda Posterous akan keluar dari imej mereka sebagai simple-minimalis blog? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

  1. Konsep simplicity nya sudah dikalahkan Tumblr, akhirnya mengakui kekalahan dan bergerak ke metode blogging yg lebih kompleks ūüėÄ

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Multiply Kini Berbahasa Indonesia

Next Story

Google Akuisisi Plink Untuk Mengembangkan Google Goggles

Latest from Blog

Don't Miss

HubSehat Launches Second Opinion Feature, Providing In-Depth Diagnosis

HubSehat, one of the healthtech startups in Indonesia has launched
Fitur Second Opinion HubSehat

HubSehat Luncurkan Fitur “Second Opinion”, Mantapkan Pasien dengan Diagnosis Mendalam

HubSehat, salah satu startup¬†healthtech di Indonesia meluncurkan fitur terbarunya¬†“second opinion”.