Gadget News

Ponsel Pintar yang Cocok untuk Kreator Konten Gaming?

11 Aug 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Buat Anda yang mungkin ingin melakukan segalanya di ponsel kesayangan.

Esports tak lagi jadi industri main-main. Tahun ini, esports dipercaya akan menjadi industri bernilai triliunan rupiah. Menjadi pemain profesional pun tak lagi sekadar mimpi. Namun, sebenarnya, ada banyak pekerjaan yang bisa Anda tekuni di industri esports. Salah satunya adalah sebagai kreator konten atau streamer. Faktanya, para kreator konten ini juga punya peran penting dalam mengembangkan industri esports.

Jika tak percaya, coba lihat saja organisasi-organisasi esports besar seperti EVOS Esports atau FaZe Clan. Selain punya tim esports yang jago, mereka biasanya juga punya streamer atau influencer. Pasalnya, esports memang diperkirakan akan tumbuh besar sebagai bagian dari industri hiburan. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya generasi Milenial dan Gen Z yang menonton konten gaming atau esports.

Sumber: Esports Insider
Sumber: Esports Insider

Secara global, kebanyakan kreator konten atau streamer fokus pada game-game PC seperti Dota 2 atau Counter-Strike: Global Offensive. Namun, di Indonesia, game esports yang populer adalah mobile game seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile. Lalu, bagaimana cara untuk menyiarkan sesi gaming Anda jika Anda bermain mobile game? Memang, Anda bisa menghubungkan ponsel ke PC. Namun, dengan smartphone yang tepat, Anda juga bisa merekam dan mengedit video langsung dari smartphone Anda.

Tentu saja, untuk melakukan itu, Anda harus menggunakan smartphone yang punya spesifikasi mumpuni. Misalnya, Galaxy Note20 dan Note20 Ultra. Dua smartphone terbaru dari Samsung itu punya salah satu prosesor mobile paling canggih saat ini, yaitu Exynos 990. Tak hanya itu, keduanya juga punya RAM besar — Galaxy Note20 punya RAM 8 GB dan Note20 Ultra 12GB — sehingga Anda tidak perlu khawatir smartphone ini tak akan kuat untuk melakukan multitasking: merekam permainan Anda saat Anda tengah bermain.

Di Twitch, salah satu kategori favorit adalah Just Chatting. Di sini, para streamer mengobrol dengan fans mereka. Jika Anda ingin membuat vlog untuk menunjukkan kehidupan sehari-hari Anda pada fans, Anda juga bisa menggunakan kamera Galaxy Note20 dan Note20 Ultra. Galaxy Note20 punya lensa 12MP sebagai kamera utama. Dengan aperture F1.8, lensa dapat menangkap cahaya lebih banyak sehingga gambar yang dihasilkan akan tetap berkualiats bahkan saat diambil di tempat remang-remang. Sementara itu, Galaxy Note20 Ultra punya lensa utama 108MP dengan aperture F1.8. Kedua smartphone ini juga dilengkapi dengan dua lensa ekstra, yaitu lensa ultrawide dan lensa telephoto.

Baik Galaxy Note20 dan Note20 Ultra juga sudah dapat mengambil video dengan resolusi 8K. Keduanya juga sudah dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization), yang berfungsi untuk menstabilkan video yang Anda ambil.

Samsung.com
Samsung.com

Setelah selesai mengambil video, mari bicara tentang bagian editing. Sebagian kreator konten mengedit videonya di PC, walau mereka mengambil video dengan smartphone. Namun, jika Anda punya smartphone yang mumpuni, Anda juga bisa langsung mengedit video di smartphone. Galaxy Note20 dan Note20 Ultra tak hanya powerful, tapi juga dilengkapi dengan S-Pen yang bisa membantu Anda dalam proses editing. Dengan S Pen, Anda bisa mengetuk layar dengan lebih akurat. Selain itu, keduanya juga punya layar besar, Galaxy Note20 dengan layar 6,7 inci dan Note20 Ultra dengan layar 6,9 inci. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa saat hendak mengedit video.

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy Note20 dan Note20 Ultra pada 5 Agustus 2020 lalu. Sekarang, mereka membuka pre-order untuk kedua smartphone barunya tersebut pada 6-19 Agustus 2020. Mereka juga menawarkan e-voucher Galaxy Buds+ seharga Rp2,399 juta untuk pembelian Galaxy Note20 dan e-voucher seharga Rp2,599 juta untuk pembelian Galaxy Note20 Ultra. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi www.galaxylaunchpack.com.

Disclosure: Artikel ini disponsori oleh Samsung Indonesia.