27 August 2014

by Yoga Wisesa

Pokkén Tournament Menghadirkan Pokémon Dalam Game Fighting a la Tekken

Tahukah Anda, setidaknya Nintendo telah merilis lebih dari 35 judul game dan 20 lebih anime, film dan serial TV Pokémon. Didirikan oleh Nintendo di tahun 1998, tim The Pokémon Company bertanggung jawab dalam proses pemasaran dan lisensi brand tersebut. Dan di waktu dekat, Anda akan kembali menjadi saksi inkarnasi Pokémon terbaru.

Merangkul tim pencipta seri permainan fighting Tekken, Bandai Namco, The Pokémon Company mengumumkan game Pokkén Tournament. Seperti yang bisa kita lihat dari namanya, Pokkén Tournament merupakan kombinasi unik dari franchise Pokémon dan Tekken: ia diusung dengan genre fighting, tapi berisi karakter-karakter Pokémon.

Mayoritas pengembangan dilakukan oleh tim Bandai Namco yang diujungtombaki oleh produser Tekken serta SoulCalibur, Katsuhiro Harada dan Masaaki Hoshino. Perjalanan Pokkén Tournament bisa dibilang cukup menarik. Tahun lalu, Nintendo 'menggoda' fans mereka dengan sebuah video teaser dalam ajang Pokémon Game Show, kemudian mereka tidak pernah membahasnya lagi selama berbulan-bulan.

 

Info menarik: Ketertarikan Konsumen Pada Nintendo Wii U Meningkat Drastis Setelah Ajang E3 2014

 

Lalu ketika khalayak terlena, minggu kemarin Nintendo kembali mengabarkan bahwa mereka akan segera "melakukan pengumuman menggemparkan" pada tanggal 26 Agustus 2014 waktu Jepang (JST), dibantu oleh majalah Famitsu dan website NicoNico. Saat itu, orang-orang sama sekali tidak memiliki gambaran akan seperti apa game Pokémon baru tersebut.

Pokkén Tournament juga disajikan dengan metode tak biasa. Ia hadir dalam bentuk platform game arcade dan mendarat di Jepang pada tahun 2015. Hal inilah yang membuat fans penasaran, biasanya platform game arcade yang diluncurkan di Negeri Sakura jarang didistribusikan ke pasar internasional.

Beberapa orang berspekulasi bahwa ada kemungkinan Pokkén Tournament juga dirilis untuk console Wii U - sehingga kesempatan kita untuk memainkannya lebih terbuka lebar. Tapi tanpa konfirmasi resmi dari Nintendo dan The Pokémon Company, nasib permainan ini di platform lain masih belum jelas.

 

Info menarik: Micromon, Permainan Monster Capture Adiktif A la Pokemon untuk iOS

 

Dalam pengumuman Pokkén Tournament, The Pokémon Company melepas sebuah trailer singkat yang bisa Anda saksikan di bawah.

Di video tersebut, kita bisa melihat Lucario (berbuntut panjang) bertarung dengan Machamp. Pergerakan keduanya lebih menyerupai karakter Tekken ketimbang Pokémon, apalagi dengan iringan musik bertempo cepat. Baik The Pokémon Company maupun Bandai Namco belum menginformasikan secara terperinci Pokémon apa saja yang hadir dalam permainan.

Saya mungkin bisa salah, tapi dengan tema seperti ini Pokkén Tournament lebih pas menyajikan Pokémon petarung - Skitty, Pikachu, Buneary atau Magikarp kemungkinan besar tidak muncul di sana. Selain dua karakter itu, Blaziken - Pokémon tipe api dan petarung - juga dikabarkan hadir.

Selain Pokkén Tournament, ada beberapa buah game Pokémon lain yang juga sedang dikembangkan: Pokémon Omega Ruby dan Pokémon Alpha Sapphire untuk console handheld 3DS. Nintendo juga rencananya akan meluncurkan permainan spin-off berjudul Detective Game With Pikachu.

Via IGN.