PMPL MY/SG/PH Kian Sengit dengan Hadirnya Regional Filipina

Alasan bergabungnya Filipina adalah efisiensi turnamen di ajang PMPL regional tersebut.

PUBG Mobile memang jadi salah satu esports mobile yang paling populer di Asia Tenggara. Sedangkan gelaran PMPL merupakan turnamen resmi dari Tencent untuk para pemain profesional PUBG Mobile. Belakangan, Tencent resmi menggabungkan tim-tim Malaysia, Singapura, dan Filipina menjadi satu regional.

Pengumuman bergabungnya Filipina ke tim PMPL MY/SG diumumkan langsung melalui akun PUBG Mobile Philippines Facebook fanpage. Dengan kehadiran Filipina, maka nama turnamen di regional tersebut resmi berubah menjadi PMPL MY/SG/PH.

Alasan Bergabungnya Filipina ke PMPL MY/SG

Ketika banyak negara Asia Tenggara yang memiliki regional eksklusifnya masing-masing, kenapa Filipina harus bergabung dengan Malaysia dan Singapura?

Sepi penonton, minim tantangan, hingga sengitnya kompetisi di Asia Tenggara mungkin menjadi beberapa faktor. Tencent memilih menggabungkan Filipina ke Malaysia dan Singapura guna menambah sengitnya kompetisi.

Namun dari segi tim unggulan, memang Filipina tidak terlalu dipandang serius. Bahkan, pada PMPL SEA Championship Season 4: Finals kemarin tidak ada satu pun pemain maupun tim asal Filipina yang bertanding.

Bahkan, para tim PUBG Mobile Filipina punya cara tersendiri untuk dapat bertanding ke PMPL SEA Championship, yaitu harus menjuarai ajang PUBG Mobile National Championship (PMNC) dan PUBG Mobile Club Opens (PMC).

Sumber: PUBG Mobile

Pendaftaran PMPL MY/SG/PH Season 5 sendiri akan dimulai di tahun 2022 dan dikabarkan akan digelar di Filipina. Tentu para pemain yang mendaftar harus memiliki minimal rank Ace untuk dapat bertanding.

Team Sibol akan mewakili Filipina pada gelaran Pro League. Namun kehadiran Sibol sendiri hadir sebagai tim esports nasional dari Filipina, bukan organisasi esports.

Sibol sendiri dibentuk oleh Philippine Southeast Asian Games Esports Union (PSEU). Para pemain yang bertanding dan mewakili Sibol juga dalam pengawasan yang sangat ketat untuk membuat tim unggulan.

Team Sibol sendiri pertama diperkenalkan oleh Filipina pada SEA Games 2019. Pada ajang tersebut esports masuk ke ajang ekshibisi dan Filipina mendapatkan medali emas di Mobile Legends: Bang Bang, tapi berbanding terbalik untuk ranah PUBG Mobile.

Sumber: Sibol

Rasanya dengan kehadiran PMPL MY/SG/PH bisa menjadi harapan, setidaknya akan ada perkembangan tim maupun pemain pada ranah esports PUBG Mobile Filipina.