Esports Ecosystem

PMCC 2019 Selesai Digelar, Universitas Gunadarma Jadi Juara

25 Feb 2020 | Akbar Priono
Bertarung sengit dengan Universitas Sam Ratulangi, Universitas Gunadarma juarai PUBG Mobile Campus Championship (PMCC) dengan perolehan 187 poin

Pada akhir 2019 kemarin, Tencent sempat mengungkap rencananya untuk ekosistem esports PUBG Mobile di tahun 2020. Dalam penjabaran tersebut, Tencent mengatakan akan mempersiapkan Rp70,6 miliar sebagai total hadiah turnamen esports PUBG Mobile. Selain itu, mereka juga mengumumkan struktur turnamen, yang mana PMCO diubah menjadi PUBG Mobile Pro League, dan juga salah satunya menghadirkan gelaran kompetisi antar kampus.

PUBG Mobile Campus Championship 2019 sendiri baru saja selesai diselenggarakan pada akhir pekan lalu, tepatnya tanggal 23 Februari 2020. Kompetisi ini mempertandingkan 16 tim yang berasal dari berbagai universitas. Setelah dua hari gelaran berjalan, 9 ronde pertandingan, Universitas Gunadarma akhirnya berhasil merengkuh piala PMCC 2019 dengan perolehan sebesar 187 poin.

Sumber: Rilis Resmi Tencent
Sumber: Rilis Resmi Tencent

Gelaran PMCC berlangsung dengan meriah, pertandingan pun berjalan sangat kompetitif. Terbukti, pada awalnya Universitas Sam Ratulangi yang memuncaki klasemen hari pertama dengan perolehan 93 poin lewat performa dominan pada ronde 4 dan 5. Namun demikian Universitas Gunadarma berada di posisi kedua dan terus menjaga perolehan poin tetap dekat dengan 83 poin yang dimiliki.

Pada hari kedua, Universitas Gunadarma jadi terbakar api semangat. Mereka bermain dengan lebih konsisten dan eksplosif, menghasilkan kemenangan beruntun pada ronde 7 dan 8. Gara-gara hal tersebut, perolehan poin Universitas Gunadarma jadi tidak terkejar, mereka akhirnya menjadi juara PMCC 2019.

Dengan ini, maka berikut 3 besar PUBG Mobile Campus Championship 2019.

Sumber: Rilis Resmi Tencent
Sumber: Rilis Resmi Tencent
  • CHAMPION – Universitas Gunadarma – 187 poin (Rp50.000.000)
  • 2nd Place – Universitas Sam Ratulangi – 141 poin (Rp25.000.000)
  • 3rd Place – Universitas Mataram – 130 poin (Rp10.000.000)

“Selamat kepada Universitas Gunadarma yang telah berhasil menjadi juara PUBG Mobile Campus Championship 2019. Perjuangan selama lebih dari 5 bulan akhirnya terbayar lunas dengan kemenangan. Terima kasih juga kepada 15 tim peserta lainnya karena sudah menunjukkan persaingan yang sangat baik.” ujar Direktur esports PUBG Mobile Asia Tenggara, Gaga Li.

“Prestasi ini juga menjadi torehan penting bagi mahasiswa di seluruh Indonesia sebab esports di tingkat Universitas terbukti memiliki daya tarik dan level kompetisi yang sangat baik. PUBG Mobile Campus Championship telah menjadi event akbar ajang pembuktian talenta esports PUBG Mobile bagi mahasiswa di seluruh Indonesia,” Gaga Li melanjutkan.

Sumber: Rilis Resmi Tencent
Sumber: Rilis Resmi Tencent

Tak hanya itu saja, gelaran final PMCC 2019 juga menjadi puncak ajang pencarian Campus Ambassador serta Rising Caster Hunt. Dari sisi Campus Ambassador, ada Meutia Rahmarianti Maharani dari Universitas Padjadjaran terpilih menjadi PMCC Campus Ambassador 2019. Sementara dari Caster Hunt ada Sandika Hadit Prasetyo dari Unversitas Muhammadiyah Jakarta yang menjadi juara dan juga mengiringi jalannya pertandingan selama acara puncak PMCC 2019.

Selamat bagi para pemenang! Semoga prestasi yang didapatkan pada kompetisi tingkat universitas bisa terus berlanjut sampai ke tingkat profesional dan sampai meraih prestasi tingkat dunia!